Idap Gangguan pada Tulang Belakang? Segera Hubungi Dokter Ini

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Juli 2024

“Gangguan pada tulang belakang biasanya ditandai dengan nyeri pada bagian tulang belakang hingga kehilangan sensasi atau kemampuan merasakan sesuatu. Jika mengalaminya, segera hubungi dokter di Halodoc.”

Idap Gangguan pada Tulang Belakang? Segera Hubungi Dokter IniIdap Gangguan pada Tulang Belakang? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Gejala Gangguan pada Tulang Belakang
  2. Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gejala Gangguan Tulang Belakang
    1. dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT
    2. dr. Lifea Sp.S
    3. dr. Wid Patria W. Sp.S
    4. dr. Eric Tanoto Sp.N
    5. dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N

Halodoc, Jakarta – Tulang belakang merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh. Bagian ini berperan untuk melindungi sumsum tulang belakang, menjaga postur dan keseimbangan, serta memudahkan seseorang untuk bergerak.

Namun, tak jarang bagian ini mengalami masalah sehingga memengaruhi struktur dan fungsi dari tulang belakang tersebut. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera, penyakit, dan kondisi degeneratif.

Agar tidak semakin parah, salah satu langkah preventif yang bisa dilakukan adalah mengenali gejala gangguan tersebut sedini mungkin.

Gejala Gangguan pada Tulang Belakang

Gejala yang muncul bergantung pada lokasi dan tingkat gangguan yang terjadi.

Sebab, penyebab dari kondisi ini bisa beragam, seperti cedera atau adanya penyakit tertentu. Namun secara umum, berikut beberapa gejala yang bisa muncul:

  • Mengalami kesemutan.
  • Penurunan berat badan.
  • Mengalami kelumpuhan.
  • Tidak dapat merasakan sesuatu atau kehilangan sensasi.
  • Beberapa bagian tubuh menjadi lebih sensitif atau tidak sama sekali.
  • Sulit menahan buang air kecil atau tidak merasakan keinginan buang air kecil.
  • Kejang otot secara tiba-tiba pada kaki atau lengan.
  • Nyeri punggung yang menyebar ke kaki.

Apabila dibiarkan, kondisi ini dapat bertambah parah dan membahayakan pengidapnya. Sebab, tulang belakang memiliki peran yang penting untuk tubuh.

Karena itu, jika mengalami gejala di atas atau rasa nyeri pada tulang belakang, segera hubungi dokter di Halodoc guna mendapat penanganan yang tepat.

Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gejala Gangguan Tulang Belakang

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala gangguan tulang belakang yang tak kunjung hilang, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT

Kamu bisa menghubungi dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2015 dan 2023.

Dokter I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT kini menjalani praktik di Gianyar, Bali. Ia juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) dengan nomor STR 5111103323164833.

Memiliki pengalaman selama 7 tahun, dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar gangguan tulang belakang.

Chat dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Lifea Sp.S

Kamu juga dapat menghubungi dr. Lifea Sp.S yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Udayana pada 1995. Ia kemudian melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar spesialis di Universitas Airlangga dan lulus pada 2004.

Saat ini, dokter Lifea berpraktik di Badung, Bali, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR 3521605421057492.

Dengan pengalaman selama 28 tahun, dr. Lifea Sp.S bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan gangguan tulang belakang.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar stroke, vertigo dan gangguan keseimbangan, mati rasa dan kesemutan serta demensia. 

Chat dr. Lifea Sp.S mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.  

Kamu harus Waspada Jika Rasakan Sakit Tulang Belakang Seperti Ini.

3. dr. Wid Patria W. Sp.S

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Wid Patria W. Sp.S. Ia adalah lulusan Universitas Gadjah Mada pada 1988 dan Universitas Indonesia pada 1998.

Saat ini, ia berpraktik di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR HK00000114325575.

Berbekal pengalaman selama 37 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Wid Patria W. Sp.S di Halodoc terkait gangguan tulang belakang.

Dokter Wid Patria W. Sp.S juga bisa memberikan konsultasi seputar nyeri sendi dan punggung, mati rasa dan kesemutan, nyeri otot, vertigo dan gangguan keseimbangan, serta stroke. 

Chat dr. Wid Patria W. Sp.S mulai dari Rp 175.000,- di Halodoc. 

Salah satu cara untuk melatih otot punggung dan menjaga tulang belakang adalah melakukan cobra pose. Nah, Ini Manfaat Gerakan Cobra Pose bagi Kesehatan Tulang Belakang.

4. dr. Eric Tanoto Sp.N

Kamu juga bisa menghubungi dr. Eric Tanoto Sp.N. Ia merupakan lulusan Universitas Sam Ratulangi pada 2022 dan Universitas Hang Tuah pada 2013.

Saat ini, ia berpraktik di Mojokerto, Jawa Timur dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR 7111605323151999.

Dengan pengalamannya selama 11 tahun, dr. Eric Tanoto Sp.N bisa melayani konsultasi di Halodoc terkait gangguan tulang belakang.

Chat Dr. Eric Tanoto Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

5. dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N

Pilihan lainnya, yaitu dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2015 dan 2022.

Dokter Putri Rossyana Dewi Sp.N kini berpraktik di Denpasar, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR 5121605322164813.

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis penyakit dalam selama 8 tahun, dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang cara mengatasi gangguan tulang belakang.

Chat dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan jika mengalami gangguan pada tulang belakang. 

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar kondisi yang kamu alami dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Penn Medicine. Diakses pada 2024. Spinal Cord Disorder. 
Barrow Neurological Institute. Diakses pada 2024. Spinal Cord Disorders.
Health and Safety Executive. Diakses pada 2024. Back Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan