Ibu, Ketahui Cara Tepat Mencuci Pakaian saat Pandemi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Februari 2022

“Selain menerapkan protokol kesehatan, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan pakaian selama pandemi. Virus bisa menetap berhari-hari di pakaian dan kemudian menyebarkan SARS-CoV-2 pada orang kesayangan di rumah. Penting juga untuk memilih produk deterjen yang tepat yang mampu memberikan perlindungan ekstra.”

Ibu, Ketahui Cara Tepat Mencuci Pakaian saat PandemiIbu, Ketahui Cara Tepat Mencuci Pakaian saat Pandemi

Halodoc, Jakarta – Sudah dua tahun pandemi virus corona terjadi, dan selama itu juga masyarakat di seluruh dunia dipaksa untuk mengadaptasi kebiasaan baru. Tentunya kebiasaan baru ini bertujuan untuk melindungi mereka dari infeksi SARS-CoV-2 yang bisa membahayakan. 

Selama pandemi ini pun kebutuhan akan produk yang memberikan perlindungan terhadap virus dan kuman pun semakin meningkat. Tak hanya perlindungan dari dalam seperti suplemen dan vitamin, produk yang memberikan perlindungan dari luar, seperti masker, hand sanitizer, hingga sabun cuci pun sangat dibutuhkan. 

Namun, banyak orang yang masih belum sepenuhnya tahu cara yang benar saat mencuci pakaian selama pandemi ini. Sebab, bukan tidak mungkin jika kamu atau orang di rumah tertular virus dari pakaian yang kamu pakai saat beraktivitas di luar.

Baca juga:  Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Mencuci Pakaian yang Benar Bisa Bantu Cegah Virus Corona

Tindakan pencegahan, seperti menjaga jarak fisik, karantina, dan isolasi mandiri dapat membantu mengurangi risiko penularan langsung. Namun, tetesan pernapasan bisa jatuh pada benda dan permukaan. SARS-CoV-2 ini bisa masuk ke tubuh seseorang jika mereka menyentuh permukaan ini dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka.

Studi juga menunjukkan bahwa coronavirus dapat tetap berada di permukaan logam, kaca, dan plastik hingga 9 hari. Namun, ini tidak berlaku untuk pakaian dan tekstil lainnya. Menurut The Lancet Microbe, SARS-CoV-2 ternyata lebih stabil pada permukaan yang halus, seperti kaca atau logam. 

Mereka juga bisa menular selama 3-7 hari pada permukaan kaca, baja tahan karat, dan plastik, dan kurang dari 2 hari pada kayu dan kain. Nah, dengan mengetahui cara mencuci yang baik, maka ini juga akan membantu kamu melindungi diri dan keluarga di rumah dari infeksi virus corona.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian untuk Cegah Kontaminasi Selama Pandemi Corona

Cara Mencuci Pakaian yang Benar saat Pandemi

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan pakaian di rumah selama pandemi:

  • Cuci barang-barang dengan sabun cuci atau deterjen rumah tangga. Pertimbangkan menggunakan deterjen yang mengandung pemutih. Namun, pastikan membaca deskripsi dan panduan produk untuk menghindari kemungkinan merusak item pakaian tertentu. Pertimbangkan untuk merendam pakaian dalam larutan yang mengandung amonium kuaterner sebelum mencucinya.
  • Pilih pengaturan air terhangat yang tersedia. WHO merekomendasikan suhu air antara 60–90 ° C. Namun, suhu tinggi dapat merusak atau mengerutkan pakaian yang halus, jadi ingatlah untuk membaca label perawatan.
  • Keringkan pakaian sepenuhnya.
  • Desinfeksi keranjang cucian dengan 0,1 persen natrium hipoklorit atau salah satu disinfektan rumah tangga ini, yang telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  • Kenakan sarung tangan saat mencuci pakaian. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun segera setelah melepas sarung tangan. Jika sarung tangan tidak tersedia, segera cuci tangan setelah memegang pakaian kotor dan hindari menyentuh wajah.

Salah satu deterjen yang direkomendasikan karena memberikan perlindungan ekstra hingga 48 jam adalah SoKlin Antisep. Deterjen ini adalah produk pertama yang memadukan deterjen pakaian dan perlindungan tambahan. SoKlin Antisep ini memiliki teknologi O2 Active Power yang mampu membunuh kuman dan bakteri, bahkan virus corona dengan efektivitas 99,99 persen dibanding deterjen biasa. 

Hebatnya lagi, SoKlin Antisep juga akan membuat pakaian kamu bebas bau dan apek.  Hanya dalam satu langkah mencuci, SoKlin Antisep efektif membunuh kuman dan bakteri pada pakaian tanpa merusak warna dan serat kain, sehingga kualitas pakaian tetap terjaga.

Baca juga: Begini Cara Tepat Menggunakan Disinfektan di Rumah

Kamu pun bisa cek kebutuhan kesehatan selama pandemi ini di Halodoc. Semua kebutuhan kesehatan kamu bisa segera dikirimkan ke tempatmu, kurang dari satu jam. Tunggu apa lagi, yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:

AZ Family. Diakses pada 2022. How to Properly Wash Your Clothes During COVID-19 Pandemic.
Bustle. Diakses pada 2022. How To Wash Clothes During Coronavirus Pandemic.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Disinfecting Clothes: How to Prevent COVID-19.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan