Ibu, Ini Menu Makanan Sehari-hari yang Sehat untuk Keluarga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Januari 2023

“Salah satu cara mudah yang dapat ibu coba untuk menjaga kesehatan keluarga adalah menyediakan menu makanan sehari-hari yang sehat. Misalnya sop ayam, capcay, atau ayam goreng mentega.”

Ibu, Ini Menu Makanan Sehari-hari yang Sehat untuk KeluargaIbu, Ini Menu Makanan Sehari-hari yang Sehat untuk Keluarga

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang dapat ibu coba untuk membantu menjaga kesehatan keluarga tercinta. Salah satunya adalah menyediakan menu makanan sehari-hari yang bergizi. Dengan demikian, ibu dapat memastikan bahwa kebutuhan nutrisi harian keluarga telah tercukupi. 

Meski demikian, memutuskan menu masakan apa yang harus ibu sajikan setiap harinya kerap menjadi tantangan tersendiri. Terlebih jika ibu tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Jika demikian, ibu bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan olahan makanan sehat untuk keluarga berikut ini.

`1. Capcay

Resep pertama ada capcay, menu olahan makanan sehat dengan berbagai macam sayuran. Mulai dari wortel, kembang kol, sawi hijau, sawi putih, dan jagung mini. Lalu, untuk sumber protein hewani, ibu bisa menambahkan kocokan telur, irisan daging ayam, dan bakso. 

Capcay menjadi menu sehat yang pas untuk memenuhi nutrisi keluarga. Sebab, tidak hanya memenuhi asupan protein, menu ini juga kaya vitamin, serat, dan mineral yang pastinya turut membawa pengaruh positif untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2. Sop ayam

Apabila ibu ingin mengolah menu makanan sehari-hari yang praktis, mudah, dan menyehatkan, sop ayam tentu menjadi menu yang pas untuk ibu coba. Hidangan satu ini juga menjadi andalan untuk menghangatkan tubuh dan melegakan hidung tersumbat serta tenggorokan ketika sedang flu. 

Sop sendiri merupakan olahan yang terdiri dari potongan ayam dan sayuran, seperti buncis, wortel, dan tomat. Lalu, ibu juga bisa menambahkan potongan kentang untuk memenuhi asupan karbohidrat. Guna meningkatkan cita rasanya, gunakan air kaldu hasil rebusan daging ayam. Sajian satu ini memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh seperti protein, karbohidrat, kalsium, serat, vitamin, hingga lemak. 

3. Ayam goreng mentega, menu makanan sehari-hari yang enak

Resep berikutnya adalah ayam goreng mentega dengan paduan rasa asin, gurih, dan manis yang sangat lezat. Agar asupan lemaknya tidak berlebihan, ibu bisa menggunakan mentega yang rendah lemak atau tawar. Olahan satu ini dapat mencukupi kebutuhan lemak dan protein serta vitamin harian tubuh. 

4. Pepes tahu

Tidak melulu dengan ayam atau daging, masih banyak pilihan makanan sumber protein yang tak kalah baik dan bermanfaat. Pertimbangkan untuk menggunakan protein nabati seperti tahu yang dapat ibu olah menjadi hidangan lezat dan menyehatkan, misalnya pepes. 

Benar, pepes tidak harus menggunakan ikan atau ayam. Nutrisi pepes tahu juga tidak kalah lengkapnya, kok. Bahkan, ibu bisa menikmati hidangan ini sebagai camilan lezat yang membuat perut terasa kenyang, tidak harus menambahkan nasi. 

5. Menu makanan sehari-hari: rendang telur

Masih ada lagi makanan sumber protein yang sangat mudah proses pengolahannya, yaitu telur. Makanan satu ini memang bisa menjadi banyak sekali menu. Mulai dari telur rebus, goreng dadar, goreng mata sapi, campuran sop ayam, hingga telur balado dan rendang. 

Jadi, tidak masalah jika ibu tidak mendapatkan daging untuk bahan rendang. Sebab, ibu bisa menggunakan bahan lainnya, termasuk ayam atau telur. Rasanya juga tidak kalah enaknya, bahkan mengolahnya juga tidak selama jika ibu menggunakan ayam, terlebih daging.

Bagaimana, banyak sekali, bukan, menu makanan sehari-hari yang mudah, praktis, dan menyehatkan untuk keluarga? Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu juga sebaiknya melakukan pengecekan kesehatan rutin untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan lebih dini. 

Gunakan Layanan Janji Medis Halodoc agar ibu lebih mudah mendapatkan rekomendasi klinik terbaik. Pastikan ibu sudah download Halodoc pada ponsel, gratis dari App Store atau Play Store.

Referensi:
Times Now News. Diakses pada 2023. Home-made chicken soup: Calories and nutritional facts of a chicken soup.
BBC Good Food. Diakses pada 2023. Healthy chicken recipes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan