Hidup Sehat Tanpa Rokok untuk Kesehatan Tubuh Jangka Panjang

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Juli 2021
Hidup Sehat Tanpa Rokok untuk Kesehatan Tubuh Jangka PanjangHidup Sehat Tanpa Rokok untuk Kesehatan Tubuh Jangka Panjang

“Jika sebelumnya kamu sudah berencana berhenti merokok, sekarang saat yang tepat. Menghentikan kebiasaan buruk tersebut bukan hanya bermanfaat pada kesehatan paru-paru saja, tetapi juga membuat perubahan yang besar pada kesehatan tubuh dalam jangka panjang secara keseluruhan.”

Halodoc, Jakarta – Ada banyak sekali manfaat berhenti merokok yang sudah tidak diragukan lagi. Bagi beberapa orang yang sudah menjadi pecandu, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah dilakukan. Selain mengumpulkan niat, kamu juga perlu memiliki alasan yang pasti. Padahal jika dilakukan, berhenti merokok memiliki sejumlah manfaat bagi bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini beberapa manfaat berhenti merokok:

Baca juga: Ingin Berhenti Merokok? Coba 8 Cara Ini

1. Mengurangi Tingkat Stres

Alih-alih menurunkan stres, merokoklah yang sebenarnya meningkatkan stres karena kandungan nikotin di dalamnya. Jika kamu adalah perokok yang tengah mengalami stres, sebaiknya atasi stres dengan pelan-pelan mengurangi rokok.

2. Meningkatkan Kualitas Hubungan Intim

Berhenti merokok mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatkan kualitas hubungan intim seseorang. Manfaatnya adalah pria akan mendapatkan ereksi yang lebih baik, sedangkan wanita akan mengalami peningkatan rangsangan, sehingga orgasme menjadi lebih mudah.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat berhenti merokok adalah meningkatkan kesehatan kulit. Hal tersebut terbukti dengan perlambatan penuaan wajah dan munculnya keriput. Hal tersebut dikarenakan, kulit mendapat lebih banyak nutrisi, termasuk oksigen. Berhenti merokok juga dapat mengembalikan kesehatan kulit seperti semula.

4. Memperbaiki Kadar Kolesterol

Berhenti merokok bukan hanya mampu meningkatkan kesehatan organ jantung saja, tetapi juga dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam darah. Berhenti merokok mampu meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik dalam darah, sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengatasi Perut Buncit

Manfaat berhenti merokok selanjutnya adalah mengatasi perut buncit. Perut buncit akibat merokok terjadi karena zat dalam rokok dapat mendorong lemak ke daerah-daerah pusat, termasuk perut. Jika sudah begitu, timbunan lemak di dalam perut akan muncul lebih banyak, sehingga perut menjadi buncit.

6. Memperkuat Otot

Merokok mampu menghilangkan massa dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia. Jika ingin memiliki otot yang kuat hingga tua, merokok adalah keputusan paling tepat. 

Baca juga: 5 Penyakit Ini Mengintai Perokok Aktif

7. Memperkuat Tulang

Merokok mampu menurunkan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. Penyakit pada tulang yang berisiko dialami oleh perokok adalah osteoporosis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melindunginya adalah dengan berhenti merokok. 

8. Meningkatkan Penglihatan

Berhenti merokok mampu mengoptimalkan kemampuan penglihatan seseorang. Hal tersebut dikarenakan, merokok mampu meningkatkan berbagai masalah pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula yang terjadi seiring berjalannya usia. 

9. Meningkatkan Indera Penciuman dan Perasa

Merokok membuat ujung saraf pada hidung dan mulut perlahan rusak. Tidak heran jika kamu sedikit kehilangan indera penciuman dan perasa. Berhenti merokok mampu membuat aroma dan rasa makanan menjadi lebih sedap disantap.

10. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Perokok memiliki daya tahan tubuh yang rendah, sehingga akan sedikit kesulitan dalam melawan infeksi pada mulut dan gigi. Merokok juga membuat proses pemulihan infeksi sedikit lebih lambat. Jika ingin kesehatan gigi dan mulut terjaga dengan baik, disarankan untuk berhenti merokok sekarang juga.

11. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat berhenti merokok yang terakhir adalah meningkatkan kesuburan. Perokok biasanya akan mengalami berbagai keluhan kesehatan, salah satunya bermasalah dengan kesuburan. Bukan hanya wanita saja, pria pun bisa mengalaminya. Berhenti merokok akan membuat kamu melahirkan bayi-bayi yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Baca juga: Alasan Merokok Bisa Sebabkan Sakit Tenggorokan

Jika dipraktekkan dengan sungguh-sungguh, itulah sejumlah manfaat berhenti merokok yang kamu dapatkan. Mengingat banyak sekali manfaatnya, apakah kamu berencana untuk berhenti merokok? Jika kesulitan dalam penerapannya, silahkan diskusikan masalah yang kamu alami dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menemukan jalan keluarnya, ya.

Referensi:
Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2021. Manfaat Hidup Sehat Tanpa Rokok Sebagai Investasi Kesehatan Jangka Panjang.
Cancer. Diakses pada 2021. Health Benefits of Quitting Smoking Over Time.
CDC. Diakses pada 2021. Benefits of Quitting.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan