Harus Tahu, Ini 5 Obat Minum untuk Jerawat Membandel

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 September 2024

“Ada beberapa rekomendasi obat minum jerawat yang dapat membantu mengatasi jerawat membandel. Contohnya Doxycycline, Clindamycin, Kapsida Kembang Bulan, hingga Sido Muncul Aluss yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Harus Tahu, Ini 5 Obat Minum untuk Jerawat MembandelHarus Tahu, Ini 5 Obat Minum untuk Jerawat Membandel

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Minum Jerawat 

Halodoc, Jakarta – Biasanya jerawat ditangani dengan salep atau krim wajah. Namun pada kondisi tertentu, kamu tetap memerlukan obat minum untuk menangani jerawat.

Obat-obatan dapat membantu menghentikan beberapa penyebab timbulnya jerawat. Misalnya penggumpalan sel yang tidak normal pada folikel, kadar sebum yang tinggi, bakteri, dan peradangan. 

Apa saja obat minum jerawat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Rekomendasi Obat Minum Jerawat 

Obat minum untuk jerawat biasanya membutuhkan resep dokter. Tujuan pengobatan adalah untuk membantu menyembuhkan lesi yang ada, menghentikan pembentukan lesi baru, dan mencegah jaringan parut.

Lantas. apa saja obat minum untuk jerawat yang direkomendasikan? 

1. Sido Muncul Aluss 30 Kapsul

Obat minum untuk jerawat yang pertama yaitu Sido Muncul Aluss 30 Kapsul. Obat ini mengandung sejumlah bahan alami seperti curcuma xanthoriza rhizoma (temulawak), ligustrinae lignum (bidara laut), cubebae fructus (kemukus), dan languatis rhizoma (lengkuas). 

Kandungan tersebut mampu mencegah dan mengobati jerawat, menghilangkan bercak-bercak hitam pada kulit, serta menjaga kulit tetap halus dan bersih. Namun obat ini tidak direkomendasikan untuk Ibu hamil dan menyusui. 

Cara menggunakannya cukup mudah dan praktis, yaitu: 

  • Diminum 2 x 2 kapsul sehari, selama 7 hari. Setelah itu dikonsumsi 2 x 1 kapsul sehari, selama 1-2 bulan atau sesuai petunjuk dokter.

No registrasi BPOM: TR092304021

Kisaran harga: Rp64.700 – Rp78.900 per botol.

Dapatkan Sido Muncul Aluss 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Natur-E Active Beauty Natural Vitamin E 300 IU 32 Kapsul

Suplemen ini mengandung vitamin E untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kelembaban. 

Ini yang membuat Natur-E Active Beauty Natural Vitamin E cocok dikonsumsi saat jerawat meradang. Tak hanya itu, timbulnya penuaan dini juga bisa dicegah dengan minum suplemen ini. 

Natur-E Active Beauty Natural Vitamin E juga jadi pilihan baik untuk para wanita usia 25 sampai 35 tahun, yang sedang berusaha meraih kulit yang sehat. 

Cara menggunakan Natur-E Active Beauty Natural Vitamin E: 

  • Diminum 1 kali per hari, sesudah makan.

Obat ini perlu disimpan pada suhu 25-30 derajat Celsius, agar kualitas obat tidak berubah. Selain itu, hentikan penggunaan obat jika timbul reaksi alergi di kulit. 

No registrasi BPOM: SD161348491

Kisaran harga: Rp85.000 per boks.

Dapatkan Natur-E Active Beauty Natural Vitamin E 300 IU 32 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Kapsida Kembang Bulan 12 Kapsul

Tidak hanya menyembuhkan koreng dan bisul, Kapsida Kembang Bulan dapat mengatasi masalah jerawat. Termasuk jerawat di hidung. Coba Kenali 7 Penyebab Jerawat di Hidung yang Perlu Diwaspadai

Obat ini mengandung sejumlah bahan alami seperti tanaman centella asiatica (pegagan), curcuma domestica rhizoma (kunyit), zingiberis aromaticae rhizoma (lempuyang), dan burmani cortex (kayu manis kering). 

Tak hanya jerawat, obat ini juga bisa mengatasi gatal, bisul, hingga koreng. 

Berikut cara menggunakan Kapsida Kembang Bulan 12 Kapsul: 

  • Diminum 3 kali sehari, sebanyak 2 kapsul sebelum makan. 

Obat ini tergolong produk obat herbal, sehingga bisa kamu konsumsi secara bebas sesuai dengan petunjuk penggunaan. Simpan obat di ruangan dengan suhu sejuk, serta hindari dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

No registrasi BPOM: TR153387421

Kisaran harga: Rp16.400 – Rp21.400 per botol. 

Dapatkan Kapsida Kembang Bulan 12 Bulan Dapatkan di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Borobudur Darsi 30 Kapsul

Obat untuk jerawat berikutnya yaitu Borobudur Darsi 30 Kapsul, yang masuk dalam golongan obat herbal. Obat ini juga bisa bantu mengurangi jerawat, bisul, dan gatal-gatal. 

Di dalamnya terkandung sejumlah bahan alami seperti curcuma domestica rhizoma (kunyit), zingiberis aromaticae rhizoma (lempuyang), sappan lignum (kayu secang), zingiberis purpurei rhizoma (rimpang bangle), dan elephantopi folium (tapak liman). 

Berikut cara menggunakan Borobudur Darsi 30 Kapsul:

  • Dewasa: Diminum 2 kali sehari, 5 kapsul. 
  • Anak-anak: Setengah dari dosis dewasa.

Saat mengonsumsi obat ini, kamu dianjurkan untuk minum air putih minimal 2,5 liter per hari. Hidrasi yang cukup akan membantu mengurangi tingkat peradangan pada kulit. Sehingga, kelembapan akan terjaga dan peradangan atau jerawat mereda. 

No registrasi BPOM: TR092303561

Kisaran harga: Rp30.100 – Rp53.600 per botol.

Dapatkan Borobudur Darsi 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Doxycycline 100 mg 10 Kapsul

Salah satu obat minum untuk jerawat yang direkomendasikan adalah Doxycycline. Obat golongan antibiotik ini dapat membantu mengatasi masalah akibat infeksi bakteri, salah satunya jerawat. 

Cara kerjanya yakni dengan menghambat pertumbuhan protein dalam bakteri. Alhasil, pertumbuhan bakteri penyebab infeksi bisa diatasi dengan mudah oleh sistem imun tubuh. 

Berikut dosis dan aturan pakai menggunakan Doxycycline 10 mg 10 Kapsul:

  • Diminum 2 kali sehari, sebanyak 1 tablet, sesudah makan. 

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter, karena masuk dalam kategori obat keras golongan merah. 

Selain itu, Doxycycline 10 m juga tidak disarankan untuk Ibu hamil, menyusui, pengidap gangguan fungsi hati dan ginjal, serta orang yang memiliki alergi terhadap kandungan obat ini. 

Hati-hati saat mengonsumsi obat ini, karena pada beberapa kondisi bisa memicu efek samping. Contohnya mual, muntah, kulit kemerahan, urtikaria, hingga diare. 

No registrasi BPOM: GKL9605021001A1 (No registrasi bisa berbeda, tergantung dari kesediaan stok di apotek). 

Kisaran harga: Rp10.800 per strip.

Dapatkan Doxycycline 100 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Tips Supaya Jerawat Tidak Kambuh Kembali

Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat agar tidak kambuh.

Nah, bagaimana cara supaya jerawat bandel tidak balik lagi?

  • Jangan ganti-ganti produk jerawat, gunakan produk yang sama setidaknya selama 4 minggu. Menggunakan produk yang berbeda setiap beberapa hari juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan munculnya jerawat baru. Cek perbedaan jenis-jenis produk perawatan kulit di artikel ini: “Samarkan Tanda Penuaan, Ini Beda Retinol dan Retinoid”.
  • Berhenti menggosok wajah dan kulit berjerawat lainnya. Scrubbing dapat mengiritasi mengiritasi dan memperburuk kondisi kulit berjerawat.
  • Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang tidak menyebabkan jerawat. Selanjutnya, informasi mengenai produk perawatan kulit untuk jerawat bisa kamu baca di artikel ini: “7 Manfaat Retinol Skincare dan Cara Efektif Penggunaannya”.
  • Jangan memencet jerawat. Memencet memang terkesan dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Tapi di balik itu, kondisi jerawat justru bisa lebih buruk karena terluka. 

Itulah beberapa obat minum jerawat ampuh yang bisa dicari di apotek dan tips agar jerawat tak datang lain. Kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Hubungi dokter kulit, bila kondisi jerawat tidak kunjung sembuh. Dengan bantuan dari profesional medis, kamu bisa mendapatkan perawatan dan penanganan terbaik. Hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc untuk penanganan yang tepat.✔️

Referensi:
National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Diakses pada 2024. Acne: Diagnosis, Treatment, and Steps to Take.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Acne Treatment.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. Acne Clinical Guideline. 
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. 9 Things To Try When Acne Won’t Clear.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan