Digoreng atau Direbus, Mana Kalori Tahu yang Lebih Rendah?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 November 2022

“Menggoreng dalam minyak bisa meningkatkan lemak dan kalori tahu. Oleh karena itu, proses memasak dengan cara merebus bisa adalah proses pengolahan yang dapat menekan kalori pada tahu.”

Digoreng atau Direbus, Mana Kalori Tahu yang Lebih Rendah?Digoreng atau Direbus, Mana Kalori Tahu yang Lebih Rendah?

Halodoc, Jakarta –   Tahu adalah makanan sehat bergizi tinggi dengan harga terjangkau. Dalam 80 gram tahu kamu akan mendapatkan yaitu 70 kalori, 7 gram lemak, 2 gram karbohidrat, 2 gram serat, 14 gram protein, dan 11 miligram natrium.

Tahu juga memiliki rasa yang ringan dengan tekstur halus. Sayangnya, menggoreng tahu dapat menambahkan ratusan kalori dan beberapa gram lemak. Ini juga bisa menurunkan nilai gizinya. Itulah sebabnya, kalori tahu yang lebih rendah adalah ketika tahu olah dengan cara merebusnya. 

Cara Pengolahan Tepat Agar Kalori Tahu Tetap Rendah 

Tahu adalah protein nabati yang terbuat dari kedelai. Kacang akan melalui tahap perendaman, dimasak, dan penghancuran hingga menjadi cairan. Dengan bantuan koagulan, cairan mengental menjadi tahu. Tahu pun bebas susu, bebas gluten, bebas kolesterol, dan vegan, sehingga cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menerapkan diet defisit kalori. 

Tahu mengandung protein tinggi tetapi rendah lemak, natrium, dan karbohidrat.  Memilih metode memasak yang tepat dapat membantu mempertahankan kalori tahu tetap sehat, begitu juga nilai gizinya.  Kalori dalam tahu bervariasi tergantung pengolahan ataupun cara memasaknya. 

Menggoreng tahu dalam minyak meningkatkan lemak dan kalori masakan. Oleh karena itu, proses memasak dengan cara merebus bisa menjadi proses pengolahan yang dapat menekan kalori pada tahu. 

Selain merebus, ada beberapa teknik pengolahan lain untuk mengolah tahu, yaitu dipanggang. Jika kamu tidak suka dengan pengolahan dengan cara merebusnya, kamu bisa menjadikan memanggang tahu sebagai cara alternatif. Dengan memanggang tahu, kamu bisa menghindari penggunaan minyak yang jauh lebih sedikit daripada menggorengnya. 

Jika memanggang bukan jadi pilihan, kamu bisa menggoreng tahu dengan sedikit minyak. Lewat cara pengolahan demikian, kamu bisa mendapatkan rasa tahu yang lebih renyah dan tidak terlalu hambar.

Sebenarnya, tahu goreng bukan satu-satunya hidangan tahu yang dapat menambah kalorinya. Kamu juga perlu memerhatikan penambahan saus ataupun bumbu lainnya. Jika saus atau bumbunya mengandung banyak kalori, tidak masalah apakah kamu menggoreng tahu ataupun merebusnya sekalipun, ini bisa menambah kalori pada sajian tahu. 

Ini resep yang bisa kamu coba: Ini 3 Resep Tahu Gejrot Rumahan yang Pedas, Lezat, dan Praktis.

Alasan Wajib Menghindari Menggoreng Makanan

Menggoreng makanan akan membuatnya tinggi lemak jenuh dan lemak trans, sehingga memicu penumpukan plak di arteri yang dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit arteri koroner, gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.

Menggoreng makanan memang bisa memberikan sensasi kelezatan pada makanan. Namun, di balik proses pengolahannya, menggoreng makanan dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan. 

Jadi, walaupun jenis makanannya termasuk sehat, misalnya seperti tahu, kalau masaknya digoreng, tetap saja bisa mengurangi tingkat kesehatannya. Proses menggoreng makanan bisa meningkatkan penyerapan minyak. Terlebih lagi, menggoreng makanan dapat meningkatkan kandungan kalorinya secara signifikan.

Ketika minyak kamu gunakan berulang kali untuk menggoreng, minyak akan rusak dan dapat menyebabkan makanan menyerap lebih banyak minyak. Pada akhirnya, ini dapat berkontribusi pada dampak negatifnya pada kesehatan jantung.

Jika kamu sangat suka dengan masakan tahu goreng, namun tidak menginginkan kalori tambahan, kamu bisa menerapkan beberapa hal berikut, yaitu: 

  • Menggoreng tahu dengan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun.
  • Jangan menggunakan minyak berulang kali. 
  • Tambahkan cairan berkarbonasi atau soda kue ke masakan untuk mengurangi penyerapan minyak. 
  • Persingkat waktu menggoreng.
  • Tiriskan makanan dengan tisu yang bisa menyerap minyak.

Itulah informasi mengenai kalori tahu pada pengolahan menggoreng ataupun merebus. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai cara pengolahan makanan sehat, kamu bisa tanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Buat kamu yang belum memiliki aplikasinya, yuk download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Fitday. Diakses pada 2022. Is Fried Tofu a Healthy Option?
Tofubud. Diakses pada 2022. Tofu Nutrition: Is Tofu Good for You?
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Tofu Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Tofu, and Is It Healthy?
Healthline. Diakses pada 2022. Why Are Fried Foods Bad For You?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan