Dibanding Ayam Rebus, Berapa Kalori Ayam Goreng?

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 November 2022

“Kalori adalah asupan yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kandungan ini bisa diperoleh dari ayam goreng. Bagian dada, misalnya, ini mengandung 186 kkal.”

Dibanding Ayam Rebus, Berapa Kalori Ayam Goreng?Dibanding Ayam Rebus, Berapa Kalori Ayam Goreng?

Halodoc, Jakarta – Kalori adalah jumlah energi yang diperoleh dari makanan. Kandungan ini juga merupakan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh melalui aktivitas sehari-hari.

Sederhananya, kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik. Jumlahnya akan berbeda, tergantung pada usia, metabolisme dan kegiatan fisik.

Salah satu jenis makanan yang mengandung kalori adalah ayam goreng. Masing-masing bagian, misalnya, dada, paha dan sayap memiliki kisaran yang berbeda.

Jumlah Kalori Ayam Goreng

Setiap potongan ayam goreng memiliki jumlah kalori yang berbeda. Kisarannya masih relatif rendah ketimbang sumber hewani lainnya, seperti daging sapi, kambing, bebek dan telur.

Tapi, jumlah kalori ayam goreng tergantung dari potongan yang dikonsumsi dan seberapa banyak bagian kulit yang ikut diolah. Adapun perbandingan nutrisi yang dilansir oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), yakni:

1. Bagian Dada

Menggoreng bagian dada ayam menggunakan minyak tanpa kulit memiliki kisaran kalori sebanyak 186 kilo kalori (kkal). Menggunakan minyak dengan kulitnya memiliki mengandung kalori sebanyak 225 kkal. Sementara menggoreng menggunakan minyak dengan kulit dan tepung mengandung 274 kkal.

2. Bagian Paha (Atas dan Bawah)

Menggoreng bagian paha ayam menggunakan minyak tanpa kulit memiliki kisaran kalori sebanyak 218 kilo kalori (kkal). Menggunakan minyak dengan kulitnya memiliki mengandung kalori sebanyak 287 kkal. Sementara menggoreng menggunakan minyak dengan kulit dan tepung mengandung 310 kkal.

3. Bagian Sayap

Menggoreng bagian sayap ayam menggunakan minyak tanpa kulit memiliki kisaran kalori sebanyak 211 kilo kalori (kkal). Menggunakan minyak dengan kulitnya memiliki mengandung kalori sebanyak 253 kkal. Sementara menggoreng menggunakan minyak dengan kulit dan tepung mengandung 338 kkal.

Panduan jumlah kalori ayam goreng di atas diperoleh jika diolah menggunakan minyak sayur biasa. Kisaran angkanya bisa berubah jika proses penggorengan menggunakan minyak jenis lainnya atau mentega.

Baca Juga: Berapakah Jumlah Kalori dalam Olahan Dada Ayam?

Gangguan Akibat Kekurangan atau Kelebihan Kalori

1. Penurunan Metabolisme Tubuh

Ketika proses metabolisme tubuh melambat, sel dan jaringan di dalamnya akan kesulitan untuk memproses makanan guna menghasilkan energi. Dampaknya, terjadi penurunan massa otot dan menumpuknya cadangan lemak. Kondisi ini bisa berdampak pada peningkatan berat badan signifikan.

2. Mengurangi Fungsi Organ Reproduksi

Kondisi ini berlaku pada wanita, karena kemampuannya dalam berovulasi tergantung pada kadar hormon di dalam tubuhnya. Ketika jumlah kalori tidak mencukupi, ini bisa berdampak pada penurunan kadar estrogen. Akibatnya, terjadi penurunan fungsi reproduksi sebanyak 22 hingga 42 persen. 

3. Melemahkan Tulang

Asupan kalori tubuh yang tidak tercukupi dengan baik bisa berdampak pada penurunan kadar estrogen dan testosteron. Kedua hormon tersebut memengaruhi pembentukan dan meningkatkan risiko kerusakan tulang. Alhasil, tulang menjadi lebih lemah dan mudah rapuh.

4. Diabetes Tipe 2

Penyakit ini terjadi karena lemak yang tersimpan mengeluarkan hormon dan zat kimia yang memicu peradangan. Kondisi tersebut membuat tubuh kurang responsif terhadap insulin. Dampaknya, terjadi penumpukan kadar gula darah yang memicu diabetes tipe 2.

Batas Aman Kalori Harian

Batas aman asupan kalori pada wanita sebanyak 2.000 kkal. Sementara pada pria terletak pada kisaran 2.500 kkal. Jumlahnya bisa lebih banyak, tergantung pada kondisi ini:

  • Usia. Anak-anak dan remaja yang sedang mengalami pertumbuhan membutuhkan lebih banyak kalori.
  • Gaya hidup. Orang yang aktif secara fisik dan memiliki aktivitas tinggi membutuhkan lebih banyak kalori.
  • Bentuk fisik. Orang dengan tinggi dan berat badan di atas rata-rata membutuhkan lebih banyak kalori.

Adapun faktor lain yang menentukan seberapa banyak asupan kalori bagi tubuh, yakni:

  • Hormon tiroid.
  • Penggunaan obat seperti glukokortikoid guna mengatasi peradangan.
  • Masalah kesehatan bawaan yang dialami.

Jika mengalami masalah lain akibat terlalu banyak mengonsumsi asupan kalori, silakan buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Atasi gangguan yang sering kamu rasakan dengan langkah yang tepat agar tidak terjadi peningkatan keparahan penyakit.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Anggapan Bikin Gemuk, Berapa Kalori Mie Instan?

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Fat Secret. Diakses pada 2022. Calories in Fried Chicken.
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Ways Restricting Calories Can Be Harmful.
National Health Service UK. Diakses pada 2022. What should my daily intake of calories be?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan