Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Juli 2022

“Ketahui makanan yang baik untuk ibu hamil, seperti brokoli hingga ikan salmon. Makanan tersebut dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.”

Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil dan Calon BayiDaftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Halodoc, Jakarta – Saat hamil tentunya ibu perlu memerhatikan asupan nutrisi dan gizi yang dikonsumsi. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika terpenuhinya kebutuhan nutrisi, seperti tumbuh kembang janin dalam kandungan yang optimal hingga menurunkan risiko gangguan kehamilan.

Bukan hanya memerhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi, tetapi kamu juga perlu memerhatikan jenis nutrisi yang dikonsumsi.  Seperti misalnya perbanyak serat, cairan, lemak sehat, hingga asam folat. Yuk, cari tahu berbagai makanan yang baik untuk ibu hamil agar proses kehamilan bisa berjalan optimal melalui ulasan berikut ini!

Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Berikut ini berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik:

  1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan kalsium dan folat yang sangat baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Bukan itu saja, brokoli juga tinggi akan kandungan serat dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan ibu agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

  1. Pisang

Sebagian besar ibu hamil akan mengalami morning sickness di awal kehamilan. Untuk mengatasi masalah ini, ibu bisa mengonsumsi pisang untuk menambah energi. Pisang mengandung potasium yang bisa mengatasi kelelahan akibat kehamilan.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan serat yang baik. Saat kehamilan, ibu membutuhkan kandungan serat yang bisa menurunkan risiko gangguan kehamilan.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan lemak omega-3 yang bisa membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan. Selain itu, salmon juga memiliki kandungan protein dan vitamin D yang bisa membantu pertumbuhan tulang serta gigi bayi dalam kandungan menjadi lebih optimal. 

Mau tahu camilan ibu hamil yang bergizi dan lezat? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Rekomendasi Camilan Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi“.

Itulah makanan yang baik untuk ibu hamil. Namun pastikan ibu mengonsumsi makanan tersebut dalam tingkat kematangan yang optimal agar manfaatnya bisa dirasakan dengan baik. 

Selain dari makanan, ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari berbagai suplemen kehamilan. Ibu bisa memenuhi kebutuhan medis dengan cara download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Vitamin yang dibutuhkan akan diantarkan langsung ke lokasi ibu di mana saja!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant.
Parents. Diakses pada 2022. 27 Pregnancy Power Foods.
Baby Center. Diakses pada 2022. What to Eat When Pregnant: The 12 Best Foods.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan