Ini Kalori dan Resep Onde-Onde yang Nikmat untuk Camilan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 November 2023

“Kini kamu bisa mencobanya untuk membuat kue onde-onde di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat. Mau tahu seperti apa bahan dan cara mengolahnya?”

Ini Kalori dan Resep Onde-Onde yang Nikmat untuk CamilanIni Kalori dan Resep Onde-Onde yang Nikmat untuk Camilan

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Onde-onde menjadi salah satu jajanan pasar yang cukup terkenal dan menjadi kegemaran masyarakat. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis menjadi daya tarik dari kue yang berbentuk bulat ini. 

Namun, sebenarnya berapa banyak kandungan kalori onde-onde, dan bagaimana resepnya yang lezat? 

Kandungan Kalori Onde-Onde

Mengutip laman Fat Secret Indonesia, satu buah onde-onde bisa mengandung sekitar 101 Kkal. Selain kalori, satu buah onde-onde bisa mengandung lemak 1,83gram, lemak jenuh 1,549 gram, lemak tak jenuh ganda sebanyak 0,058 gram dan lemak tak Jjenuh tunggal 0,112 gram. 

Sementara itu, seporsi camilan ini dengan berat 100 gram dapat mengandung 298 Kkal. Dalam seporsi 100 gram tersebut, ada kandungan lemak lemak jenuh 4,424 gram, lemak tak jenuh ganda 0,164 gram hingga lemak lemak tak jenuh tunggal 0,321gram.

Namun, ini adalah perkiraan kasar dan jumlah kalori mungkin berbeda tergantung pada cara pembuatan dan bahan-bahannya. Artinya, bagi kamu yang sedang diet, tentunya perlu memperhatikan konsumsinya dengan tepat. 

Resep Onde-Onde yang Lezat untuk Keluarga

Siapa, sih, yang tidak tahu kue onde-onde? Kue ini memiliki ciri khas yang cukup unik. Bentuknya yang bulat dengan taburan wijen di luarnya membuat kue ini terasa lezat dan harum.

Mau tahu berbagai manfaat wijen untuk kesehatan? Baca melalui: Kaya Serat, Ini 15 Manfaat Wijen bagi Kesehatan Tubuh”.

Nah, kini kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Berikut resepnya!

Resep onde-onde wijen

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung ketan.
  • 50 gram tepung terigu.
  • 100 ml air matang.
  • 100 gram gula merah, serut haluskan.
  • 1 sdm air daun pandan suji.
  • 100 gram wijen sangrai, untuk taburan.
  • Minyak goreng secukupnya.

cara membuat

  • Campurkan tepung ketan dan tepung terigu dalam sebuah mangkuk.
  • Tambahkan air daun pandan suji (atau pasta pandan) sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan.
  • Ambil sejumput adonan, pipihkan dan beri gula merah serut di tengahnya.
  • Bulatkan adonan dan pastikan gula merah tertutup rata oleh adonan ketan.
  • Ulangi langkah 3 dan 4 hingga semua adonan habis.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  • Goreng onde-onde dalam minyak panas dengan api kecil hingga berwarna keemasan dan matang merata. Pastikan untuk tidak menggoreng dengan api besar agar bagian luar tidak gosong sementara bagian dalam masih mentah.
  • Angkat onde-onde dan tiriskan.
  • Gulingkan onde-onde dalam wijen sangrai hingga permukaannya tertutupi wijen secara merata.
  • Onde-onde siap disajikan. Nikmati selagi hangat.

Selamat mencoba membuat camilan ini di rumah. Semoga berhasil dan rasanya lezat! Mau rekomendasi camilan sehat lainnnya? Kamu juga bisa cari tahu dalam artikel: 5 Pilihan Camilan Sehat saat Diet.

Jika kamu ingin mengganti gula merah dengan bahan yang lebih sehat dalam resep onde-onde, kamu bisa menggunakan bahan pengganti gula merah berikut:

1. Madu

Madu adalah pilihan pengganti gula merah yang lebih sehat karena mengandung lebih banyak nutrisi dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. kamu dapat menggunakan madu alami sebagai pengganti gula merah dalam jumlah yang sesuai dengan selera.

2. Sirup maple

Sirup maple murni juga merupakan alternatif yang baik untuk gula merah. Pastikan kamu menggunakan sirup maple tanpa tambahan gula tambahan atau bahan kimia lainnya.

3. Stevia

Stevia adalah pemanis alami yang berasal dari tanaman stevia. Ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin menghindari gula dan kalori. Stevia tersedia dalam bentuk cair atau bubuk, dan kamu bisa menambahkannya secukupnya sesuai selera.

Kamu bisa cari tahu fakta mengenai stevia melalui artikel “Benarkah Gula Stevia Lebih Sehat dari Gula Biasa? Ini Faktanya”

Pastikan untuk menyesuaikan jumlah bahan pengganti gula merah dengan selera. Dengan menggunakan bahan-bahan pengganti yang lebih sehat, kamu dapat menikmati onde-onde yang lezat tanpa terlalu banyak gula. Selamat mencoba!

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatanmu dan juga keluarga dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Onde-onde wijen isi kacang hijau.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Clever Substitutes for Brown Sugar.
Fat Secret Indonesia. Diakses pada 2023. Onde Onde. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan