Cocok untuk Camilan, Ini Resep Pisang Molen Renyah dan Manis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juli 2023

“Pisang molen adalah kue tradisional Indonesia yang terdiri dari pisang, kemudian dibalut dengan kulit lumpia. Rasanya perpaduan antara manisnya pisang dan renyahnya kulit lumpia.”

Cocok untuk Camilan, Ini Resep Pisang Molen Renyah dan ManisCocok untuk Camilan, Ini Resep Pisang Molen Renyah dan Manis

Halodoc, Jakarta – Pisang molen adalah panganan yang terbuat dari pisang yang dililit dengan lembaran tepung tipis. Makanan ini kemudian digoreng dan cocok dinikmati dengan segelas teh atau kopi.

Di Bandung, jajanan ini dikenal dengan sebutan peuyeummolen. Inspirasinya datang dari kue pastry Belanda yang bernama warmbollen. Bentuknya mirip dengan bola dan disajikan selagi masih panas.

Resep Pisang Molen Renyah dan Manis

Pisang molen adalah menu makanan yang memiliki cita rasa enak dan terdiri beragam tekstur. Kulit lumpia yang renyah memberikan sensasi gigitan yang kriuk. Sementara pisang di dalamnya memberikan kelembutan dan rasa manis alami. 

Kombinasi antara pisang dan kulit lumpia yang garing menciptakan kontras yang terasa enak di lidah. Kudapan ini umumnya dijadikan sebagai camilan dan sering dijumpai di toko-toko kue tradisional atau pedagang kaki lima. 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah pisang tanduk.
  • 25 sdm tepung terigu.
  • 3-4 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena.
  • 4 sdm margarin.
  • 1 sdt vanili bubuk.
  • Air es secukupnya.
  • 3 sdt biji wijen hitam.
  • Keju parut secukupnya.

Selain pisang molen, ada beberapa rekomendasi menu camilan yang bisa kamu coba di rumah. Bahan-bahannya mudah dan praktis, serta tak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya.

Cara membuat pisang molen renyah dan krispi

  1. Potong-potong buah pisang sesuai dengan selera.
  2. Campur tepung terigu, maizena, gula pasir, vanili bubuk, margarine, dan wijen hitam ke dalam wadah.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis, lalu bungkus dengan plastik wrap atau plastik kiloan. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bagi adonan tepung menjadi 4 bagian.
  5. Taburi meja kerja dengan sedikit terigu, lalu ambil 1 bagian dan gilas sampai membentuk persegi panjang.
  6. Potong dengan lebar 2-2.5 cm atau berbentuk segitiga. 
  7. Lalu lilit pisang yang sudah dipotong-potong. Jangan lupa tambahkan dengan keju parut agar rasanya lebih gurih.
  8. Simpan selama 15-20 menit di dalam kulkas.
  9. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng. Panaskan kompor dengan api sedang.
  10. Pastikan untuk membalik pisang agar matang merata di kedua sisi. Proses penggorengan akan memakan waktu sekitar 3-4 menit.
  11. Goreng sampai berwarna kecoklatan, lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

Ulangi proses penggorengan untuk semua potongan pisang molen yang ada. Setelah semua matang, kamu bisa menambahkan sentuhan rasa dengan menaburkan gula pasir atau menambahkan keju parut.

Pilih Bahan yang Lebih Menyehatkan

Sebagai alternatif agar lebih sehat, kamu bisa menggunakan minyak kanola atau minyak kelapa untuk menggoreng. Kamu juga dapat menggunakan air fryer untuk mendapatkan kematangan sempurna tanpa proses menggoreng.

Selain itu, kamu bisa mengganti tepung terigu dengan yang lebih sehat, seperti tepung gandung, tepung beras merah, tepung almond, dan tepung quinoa. Untuk gula pasirnya, kamu bisa mengganti dengan stevia.

Kamu bisa menghubungi dokter jika mengalami gejala sakit perut atau gangguan pencernaan lain setelah mengonsumsi makanan tertentu. Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter sekarang:

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Molen Pisang Wijen Crispy.
Brilio Food. Diakses pada 2023. 10 Resep molen aneka isi, enak, mudah, dan cocok jadi camilan.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan