Ciri Fungal Acne yang Sering Dianggap Sama dengan Jerawat Biasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Agustus 2023

“Sekilas mungkin mirip, tetapi fungal acne tidak sama dengan jerawat yang umum muncul pada wajah atau punggung. Gangguan kulit ini terjadi karena jamur yang bertumbuh tidak terkendali pada kulit sehingga mengakibatkan peradangan.”

Ciri Fungal Acne yang Sering Dianggap Sama dengan Jerawat BiasaCiri Fungal Acne yang Sering Dianggap Sama dengan Jerawat Biasa

Halodoc, Jakarta – Jerawat memang umum muncul pada permukaan kulit, terutama pada area wajah, dada, atau punggung. Meski begitu, ada beberapa kondisi yang bisa membuat jamur berkembang tak terkendali sehingga memicu peradangan pada tubuh dan tampak seperti jerawat. Kondisi inilah yang dikenal dengan fungal acne.

Jerawat jamur mempunyai penyebab, ciri khas, dan pengobatan yang pastinya tidak sama dengan jerawat yang biasa muncul pada tubuh. Jadi, jika kamu sudah melakukan segala bentuk perawatan jerawat tetapi tidak memberikan hasil yang optimal, bukan tidak mungkin kamu sedang mengalami fungal acne. 

Apa Penyebab Fungal Acne?

Tidak sama dengan jerawat yang muncul karena penyumbatan pori-pori kulit karena debu, kotoran, minyak, atau bakteri, jerawat jamur muncul karena infeksi jamur jenis Malassezia pada folikel rambut. Kondisi paling umum yang memicu munculnya jerawat jamur adalah lingkungan yang meningkatkan potensi pertumbuhan jamur, seperti: 

  • Cuaca lembap dan panas.
  • Sering mengeluarkan keringat, baik karena olahraga, cuaca, atau masalah kesehatan tertentu. 
  • Tidak segera mengganti pakaian setelah olahraga. 
  • Memiliki kulit yang berminyak.
  • Mengonsumsi jenis obat tertentu, seperti antibiotik atau imunosupresan.
  • Kerap memakai pakaian ketat, terlebih pada cuaca panas. 

Fungal acne paling sering terdapat pada dada, punggung, atau bahu karena bagian tubuh ini lebih mudah berkeringat, tertutup pakaian, dan lengket. Selain itu, jerawat jamur juga lebih sering terjadi pada remaja pria. 

Ciri Fungal Acne

Ciri jerawat jamur yang paling mudah kamu kenali adalah bintik kecil dengan warna merah mudah dan berkelompok. Sekilas, tampilannya akan mirip dengan komedo putih dengan ujung yang berwarna putih. Tak hanya itu, jerawat jamur juga sering terasa gatal. 

Kemunculan jerawat ini bisa cukup lama, terlebih kalau kamu melakukan pengobatan dengan menggunakan obat untuk jerawat pada umumnya. Inilah sebabnya, kamu perlu mengenal jenis jerawat yang muncul terlebih dahulu sehingga pengobatan yang kamu lakukan bisa memberikan hasil yang maksimal. 

Bagaimana Mengatasi Fungal Acne?

Tujuan utama penanganan jerawat jamur adalah mengontrol jamur yang tumbuh pada kulit. Pilihan tindakan pengobatan yang bisa kamu lakukan yaitu: 

  • Menggunakan obat antijamur dalam sediaan krim atau salep dengan kandungan clotrimazole atau ketoconazole.
  • Obat antijamur oral apabila obat salep atau krim tidak memberikan hasil yang optimal, seperti fluconazole atau itraconazole

Obat sediaan krim atau salep untuk fungal acne bisa kamu beli pada apotek terdekat. Namun, khusus untuk obat antijamur oral, kamu perlu mendapatkannya dengan resep dari dokter. Sementara itu, kamu bisa mengatasi jerawat biasa dengan cara alami. Cek lebih lanjut pada artikel 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Mencegah Jerawat Jamur

Kunci penting dalam mencegah munculnya fungal acne adalah melakukan perawat kulit dan menjaga kulit tetap bersih. Sebab, jamur dapat bertumbuh dan berkembang semakin banyak jika kamu tidak rutin membersihkan kulit. Terlebih jika kulitmu termasuk jenis berminyak. 

Ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mencegah pertumbuhan jerawat jamur, yaitu:

  • Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat untuk waktu lama.
  • Sebaiknya, mandi dan ganti pakaian segera setelah selesai berolahraga atau melakukan aktivitas yang memicu keringat.
  • Pilih pakaian dengan bahan katun karena lebih mudah menyerap keringat.
  • Pakai shampo khusus jamur atau antijamur satu kali dalam seminggu untuk mencegah jamur muncul lagi. 

Apabila kamu mendapati ciri fungal acne, hindari menggaruk atau bahkan memencet bintik yang muncul. Pasalnya, hal ini meningkatkan risiko infeksi dan pertumbuhan jamur yang semakin parah.

Jika kondisi ini tidak segera membaik atau kamu atau keluargamu mengalami nyeri dan demam, segera tanyakan pada dokter spesialis kulit penanganan yang tepat. Cari rekomendasi terbaiknya dari aplikasi Halodoc.

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2023. Fungal Acne: Causes, Symptoms, Treatment. 
WebMD. Diakses pada 2023. What Is Fungal Acne?
Healthline. Diakses pada 2023. All About Fungal Acne: How to Identify and Treat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan