Catat, Ini Resep Seblak Kuah Gurih Pedas Khas Bandung yang Mudah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Agustus 2023

“Tidak perlu senantiasa membelinya, ada rekomendasi resep seblak kuah gurih pedas yang mudah dibuat. Namun, ada beberapa hal yang kamu perlu perhatikan sebelum mengonsumsinya.”

Catat, Ini Resep Seblak Kuah Gurih Pedas Khas Bandung yang MudahCatat, Ini Resep Seblak Kuah Gurih Pedas Khas Bandung yang Mudah

Halodoc, Jakarta – Seblak adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari Bandung, Jawa Barat. Seblak memiliki rasa yang pedas dan gurih, dan umumnya disajikan sebagai makanan ringan atau camilan. Makanan ini populer dan cukup terkenal di berbagai daerah di Indonesia. 

Alhasil, seblak kini menjadi salah satu makanan yang mudah ditemui. Namun, bagi kamu penggemar hidangan khas ini, sebenarnya kamu juga bisa memasaknya sendiri di rumah. Sebab, ada rekomendasi seblak kuah gurih pedas khas Bandung, yang mudah dibuat di rumah.

Rekomendasi Resep Seblak Kuah Gurih

Bahan-Bahan

  • 1 siung bawang putih.
  • 3 siung bawang merah.
  • Kencur (sedikit saja). 
  • 2 biji kemiri. 
  • 15 cabe rawit (sesuai selera). 
  • 5 cabe merah besar (agar kuahnya berwarna merah segar). 
  • 500 mililiter kaldu ayam.
  • Penyedap rasa sedikit saja.
  • 1 butir telur. 

Bahan Isi (sesuai selera)

  • Bakso.
  • Kerupuk udang.
  • Makaroni.

Langkah Pembuatan

Langkah 1

Cuci bersih kerupuk dan makaroni, kemudian rendam dalam air matang. Siapkan bahan isian seperti bakso, lalu siapkan kaldu ayam. 

Langkah 2

Siapkan bumbu yang sudah halus untuk kamu blender. Tambahkan minyak sedikit dan air sedikit. Kemudian, tumis bumbu yang telah halus hingga wangi.

Langkah 3

Masukkan telur ke wajan berisikan bumbu yang sudah kamu tumis. Lalu, masukkan air kaldu ayam tadi serta bahan isi seblak. 

Langkah 4

Tambahkan sedikit garam, gula dan penyedap rasa. Tunggu sampai mengental. Ketika sudah kental, taburkan daun seledri dan seblak siap kamu nikmati. 

Perhatikan Hal ini Sebelum Mengonsumsi Seblak Kuah 

Catat, Ini Resep Seblak Kuah Gurih Pedas Khas Bandung yang Mudah

Seperti makanan lainnya, batas wajar konsumsi seblak kuah akan bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan dan usia individu. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan saat mengonsumsi camilan ini:

1. Porsi

Pastikan untuk mengonsumsi seblak dengan porsi yang sesuai. Jangan berlebihan, terutama jika seblak mengandung banyak minyak atau bahan-bahan berlemak tinggi. Mengonsumsi seblak dalam porsi yang terlalu besar dapat menyebabkan kelebihan kalori dan berdampak pada kesehatan.

2. Kandungan Garam

Perhatikan jumlah garam yang terkandung dalam seblak kuah. Kandungan garam yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Jika mungkin, buatlah seblak dengan sedikit garam atau kurangi penggunaan garam saat memasaknya.

3. Kandungan Lemak

Seblak kuah sering mengandung minyak dan bahan berlemak tinggi seperti daging atau telur. Karena itu, perhatikan jumlah lemak yang kamu konsumsi, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan terkait kolesterol atau penyakit jantung.

Jika mengidap masalah tersebut, sebaiknya kamu berdiskusi dengan dokter spesialis gizi di Halodoc terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. 

4. Asupan Nutrisi Lainnya

Selain memperhatikan garam dan lemak, pastikan bahwa seblak kuah juga mengandung banyak sayuran dan bahan makanan lainnya yang kaya akan nutrisi. Jangan hanya fokus pada rasa pedas dan gurih, tetapi juga perhatikan keberagaman nutrisi yang kamu dapatkan dari makanan tersebut.

Itulah resep seblak kuah beserta tips konsumsinya agar aman untuk kesehatan. Selain seblak, ada juga resep hidangan khas lainnya yang bisa kamu coba, seperti: 

Referensi: 
Cookpad. Diakses pada 2023. Seblak kuah bandung. 
Eat this not that. Diakses pada 2023. Ugly Dangers of Eating Spicy Foods, According to Science. 
Medline Plus. Diakses pada 2023. High blood pressure and diet – MedlinePlus. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan