Catat, Ini Penyebab Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 November 2022

“Ada banyak hal yang jadi penyebab bayi 4 bulan belum bisa tengkurap. Termasuk keterlambatan perkembangan motorik kasar.”

Catat, Ini Penyebab Bayi 4 Bulan Belum Bisa TengkurapCatat, Ini Penyebab Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap

Halodoc, Jakarta – Setiap orang tua tentu khawatir jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap. Meski tahap perkembangan setiap anak bisa berbeda-beda, di usia 4 bulan idealnya bayi sudah bisa tengkurap, atau bahasa populernya tummy time

Sembari tengkurap, bayi 4 bulan umumnya sudah bisa mengangkat kepala tinggi-tinggi, mendorong siku, dan mengangkat dada mereka dari lantai. Mereka juga mungkin sudah bisa meraih mainan yang tergantung di atas, dan mulai berguling dengan lancar dari tengkurap ke telentang, atau sebaliknya.

Penyebab Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap

Apa sih yang membuat tengkurap itu penting bagi bayi? Ternyata, bukan sekadar main-main saja. Tengkurap bisa jadi latihan “kecil” bagi bayi. Ini akan membantunya memperkuat otot kepala, leher dan bahu.  

Hingga akhirnya mencapai beberapa tonggak utama pertumbuhan bayi dalam tahun pertama, seperti berguling, duduk, merangkak dan akhirnya berjalan. Namun, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab bayi 4 bulan belum bisa tengkurap. 

Salah satunya mungkin adalah karena mereka tidak terbiasa atau kurang stimulasi. Mengingat posisi tidur yang direkomendasikan untuk bayi dalam beberapa bulan pertama adalah telentang, ia mungkin lebih terbiasa dengan posisi ini.  

Namun, bisa juga penyebabnya adalah keterlambatan perkembangan motorik kasar. Ini adalah penyebab mengapa anak tidak tengkurap, merangkak, berjalan, atau melakukan aktivitas motorik kasar lainnya saat berada pada usia yang tepat untuk melakukan hal-hal tersebut. 

Aktivitas motorik kasar adalah gerakan besar yang menggunakan lengan, kaki, dan torso (bagian tengah tubuh). Sementara aktivitas motorik halus adalah gerakan-gerakan kecil seperti memegang krayon atau mengambil benda-benda kecil. Anak-anak dapat mengalami keterlambatan dalam keterampilan motorik kasar, keterampilan motorik halus, atau keduanya.

Jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap, ada kemungkinan ia mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik kasar. Penyebabnya banyak, termasuk masalah medis, seperti:

  • Kelahiran prematur, yang dapat menyebabkan otot berkembang lebih lambat.
  • Kelainan genetik seperti down syndrome.
  • Gangguan neuromuskular (saraf dan otot) seperti distrofi otot atau cerebral palsy.
  • Masalah perkembangan seperti autisme.

Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Karena tummy time penting, orang tua perlu membantu bayi agar berhasil melakukannya. Terutama jika penyebabnya hanyalah kurang stimulasi.

Berikut ini hal yang bisa dilakukan jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap:

1. Buat Jadwal Tummy Time

Ajak anak untuk tengkurap sebagai rutinitas. Namun, lakukan saat ia sedang dalam suasana hati yang baik, ya. Jika sedang lapar dan lelah, bayi akan menangis dan pada akhirnya benci tengkurap. 

2. Letakkan Bayi di Dada

Jika bayi tidak suka tengkurap di lantai, coba mulai dengan meletakkannya di dada ibu atau ayah. Ini masih merupakan cara yang bagus untuk membantu membangun kekuatan bayi, dan mempererat bonding. 

3. Beri Sesuatu untuk Dilakukan

Jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap tapi sudah menunjukkan minat pada benda-benda, mungkin bisa coba cara ini. Pancing bayi untuk tengkurap dengan mainan warna-warni atau yang memiliki suara. 

4. Ajak Tengkurap Bersama

Partisipasi orang tua tidak hanya membuat tummy time lebih menyenangkan, tetapi juga membantu ikatan bayi dengan orang tuanya. Berbaringlah tengkurap berhadap-hadapan dengan bayi sambil bernyanyi dan berbicara, agar ia berusaha untuk tengkurap juga. 

Itulah pembahasan mengenai penyebab bayi 4 bulan belum bisa tengkurap dan tips yang bisa dicoba. Jika memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan bayi, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter anak melalui chat.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2022. Tummy Time.
The Bump. Diakses pada 2022. Why Baby Hates Tummy Time (and What You Can Do to Help).
Intermountain Healthcare. Diakses pada 2022. Gross Motor Delay.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan