Catat, Ini Fungsi Asam Lemak Esensial pada Ikan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Juni 2023

“Asam lemak esensial merupakan jenis lemak sehat yang hanya bisa kamu peroleh dari makanan, termasuk ikan. Ikan mengandung lemak omega-3 yang telah terbukti dapat menjalankan fungsi tubuh, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak.”

Catat, Ini Fungsi Asam Lemak Esensial pada IkanCatat, Ini Fungsi Asam Lemak Esensial pada Ikan

Halodoc, Jakarta – Asam lemak terbagi menjadi dua jenis, yaitu esensial dan nonesensial. Tubuh membuat asam lemak nonesensial dengan mengubah asam amino dari makanan. Sementara itu, asam lemak esensial tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Ini hanya bisa kamu dapatkan dari sumber makanan.

Omega-3 dan omega-6 adalah dua asam lemak yang hanya bisa kamu peroleh dari makanan. Omega-6 biasanya berasal dari sumber nabati, sedangkan omega-3 sering kali berasal dari sumber hewani, terutama ikan. Nah, karena kandungan ini berperan penting bagi tubuh, tidak ada salahnya untuk mempelajari fungsinya secara lebih lanjut.

Berbagai Macam Fungsi Asam Lemak Esensial bagi Tubuh

Ada alasan mengapa kamu sebaiknya rutin mengonsumsi ikan. Pasalnya, ikan merupakan salah satu makanan sehat, yang mengandung asam lemak esensial omega-3, yang berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh.

Nah, berikut ini beberapa fungsi dari asam lemak esensial pada ikan:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam lemak esensial terkenal karena manfaatnya dalam mencegah penyakit jantung.  Zat ini  mengurangi faktor risiko dan menjaga kesehatan serta kekuatan jantung.

Menurut beberapa penelitian, omega-3 yang berasal dari ikan telah terbukti mengurangi trigliserida, tekanan darah, dan penumpukan plak di arteri. Karakteristik ini dapat meminimalisir kemungkinan terkena penyakit jantung. Selain itu, manfaatnya mencegah penyakit kardiovaskular pada pengidap diabetes tipe II.

2. Melindungi otak

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara asupan lemak esensial dengan peningkatan kesehatan otak. Dari penelitian tersebut, asam lemak esensial membantu meningkatkan kognisi, dan mencegah gangguan neurologis tertentu.

Adapun studi lain dari American Journal of Preventive Medicine menunjukkan, asupan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 lebih tinggi berkaitan dengan lebih banyak materi abu-abu pada otak. 

Materi abu-abu adalah jenis jaringan otak yang terlibat dalam pembentukan memori, persepsi sensori, dan pengambilan keputusan. Kamu juga bisa mengetahui makanan sehat lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan otak di sini, “Tingkatkan Kesehatan Otak dengan 6 Jenis Makanan Ini.”

3. Asam lemak esensial mampu redakan peradangan

Peradangan adalah respon kekebalan normal untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi. Berdasarkan studi dari New England Journal of Medicine mengonsumsi asam lemak esensial omega-3 selama enam minggu, membantu menurunkan kadar gejala peradangan dalam darah.

Tak hanya itu kandungan ini juga dapat membantu mencegah penyakit peradangan lainnya. Contohnya seperti penyakit usus, asma, dan bahkan beberapa kondisi kesehatan mental.  

4. Asam lemak esensial tingkatkan kesehatan mata

DHA atau docosahexaenoic acid merupakan salah satu tipe omega-3 yang menjadi komponen struktural utama pada retina mata. Mendapatkan asupan DHA yang cukup dapat mengurangi kemungkinan terkena masalah penglihatan. 

Menurut penelitian yang berjudul Dietary omega-3 polyunsaturated fatty acids and fish intake and risk of age-related macular degeneration, konsumsi omega-3 yang cukup berhubungan dengan penurunan risiko degenerasi makula. Ini menjadi salah satu penyebab utama kerusakan mata permanen dan kebutaan.

5. Mengurangi gejala ADHD pada anak

Mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak esensial omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan anak. Tidak hanya baik untuk perkembangan otaknya, tetapi omega-3 juga mengurangi gejala pada anak dengan ADHD. 

ADHD merupakan gangguan perilaku yang tanda-tandanya adalah kurangnya perhatian, sikap hiperaktif, dan impulsif. Hal ini bisa kamu simak dari salah satu studi berjudul Omega-3 fatty acid treatment of children with attention-deficit hyperactivity disorder: A randomized, double-blind, placebo-controlled study. 

Menurut studi ini, omega-3 membantu meningkatkan perhatian dan penyelesaian tugas. Selain itu, kandungan ini juga kemungkinan dapat mengurangi gejala hiperaktif, impulsif, gelisah, dan agresi.

6. Mengurangi gejala sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah kumpulan kondisi yang termasuk dalam tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol HDL yang rendah. 

Kondisi ini merupakan masalah kesehatan utama yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Berdasarkan beberapa penelitian, asam lemak esensial membantu menstabilkan gula darah, dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung pada orang yang mengidap sindrom metabolik.

Itulah manfaat asam lemak esensial pada ikan. Selain melalui makanan, kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk vitamin. Nah, dengan Halodoc kamu bisa mengakses kebutuhan vitamin dengan lebih mudah, tanpa perlu keluar rumah. Tunggu apa lagi, yuk download Halodoc sekarang. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids.
Medicine.net. Diakses pada 2023. What Are the Health Benefits of Essential Fats?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan