Catat, Ini Fakta Menarik Mengenai Temulawak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Maret 2022

“Mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal disebut bisa memberi banyak manfaat sehat. Faktanya, hal itu berkat kandungan beragam senyawa aktif yang ada di dalamnya. Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah mencegah dan mengatasi infeksi bakteri penyebab penyakit.”

Catat, Ini Fakta Menarik Mengenai TemulawakCatat, Ini Fakta Menarik Mengenai Temulawak

Halodoc, Jakarta – Temulawak alias Curcuma zanthorrhiza dikenal sebagai salah satu obat herbal yang berasal dari Indonesia. Konon, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi tanaman ini. Hal itu didapat berkat kandungan beragam senyawa alami yang ada di dalamnya yang memiliki sifat antiradang, antioksidan, serta antimikroba. 

Itulah alasan mengapa tanaman yang masih kerabat dekat dengan kunyit ini sering dijadikan resep pengobatan turun temurun. Temulawak disebut bisa membantu mengatasi masalah nafsu makan, gangguan lambung, sembelit, radang sendi, serta masalah kesehatan lainnya. Penasaran apa lagi manfaat dari tanaman yang satu ini? Cek faktanya di artikel berikut! 

Fakta di Balik Manfaat Temulawak 

Faktanya, temulawak adalah satu satu dari banyak tanaman asli Indonesia yang sering dijadikan obat. Kabar baiknya, tanaman yang satu ini cenderung mudah untuk didapat, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal atau pengobatan alternatif. Oleh karena beragam kandungan senyawa aktif yang ada di dalamnya, tanaman ini disebut memiliki banyak manfaat, di antaranya: 

  1. Mencegah dan Mengatasi Infeksi 
mencegah infeksi

Temulawak bisa membantu mencegah dan mengatasi infeksi karena memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. Selain itu, ekstrak dari tanaman ini juga diketahui memiliki efek antivirus dan antijamur. 

  1. Imun yang Lebih Kuat 
imun lebih kuat

Mengonsumsi tanaman ini juga disebut bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Obat herbal ini diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan memproduksi antibodi. 

  1. Baik untuk Pencernaan 
baik untuk pencernaan

Obat herbal atau jamu yang terbuat dari tanaman ini juga disebut baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi jamu bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare, kembung, atau sembelit. 

  1. Menjaga Organ Hati 
menjaga organ hati

Manfaat temulawak selanjutnya adalah menjaga kesehatan dan fungsi organ hati. Bahkan, obat herbal ini juga disebut bisa membantu mengatasi serta mengurangi peradangan pada hati. Tanaman ini juga disebut bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya agar tetap stabil. 

  1. Mencegah Kanker 
mencegah kanker

Efek antiradang, antioksidan, dan antikanker dari tanaman ini cukup kuat. Maka dari itu, ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi obat herbal ini bisa membantu mencegah dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker hati, dan kanker serviks. Kendati begitu, penggunaan tanaman ini sebagai obat kanker masih belum dilakukan, karena masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Selain mengonsumsi temulawak, menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan konsumsi suplemen atau vitamin khusus. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk membeli suplemen atau produk kesehatan lain. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim ke rumah segera. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2022. Javanese Turmeric – Uses, Side Effects, and More. 
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin. 
DrHealthBenefits. Diakses pada 2022. 10 Amazing Health Benefits of Curcuma Xanthorrhiza. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan