Catat, Ini Dokter yang Bisa Beri Info Endoskopi Lambung

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Agustus 2024

“Endoskopi lambung bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi gangguan yang terjadi pada organ tersebut. Meski aman, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc terlebih dahulu karena beberapa orang tidak dianjurkan melakukan pemeriksaan ini.”

Catat, Ini Dokter yang Bisa Beri Info Endoskopi LambungCatat, Ini Dokter yang Bisa Beri Info Endoskopi Lambung

DAFTAR ISI

  1. Hubungi Dokter Ini untuk Informasi Seputar Endoskopi Lambung
    1. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD
    2. dr. Novita Tanasal Sp.PD
    3. dr. Hafiziani Sp.PD
    4. dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM
    5. dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD

Halodoc, Jakarta – Endoskopi lambung atau gastroskopi adalah tindakan medis yang menggunakan endoskop untuk memeriksa bagian dalam saluran pencernaan atas.

Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan tabung endoskop melalui mulut, melewati kerongkongan, dan masuk ke perut serta duodenum, dengan tujuan mendeteksi adanya gangguan di area lambung. 

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan dokter untuk menemukan penyebab gejala atau kondisi yang dirasakan pasien, seperti masalah pencernaan atau mual.

Gastroskopi juga bisa dilakukan guna mengidentifikasi adanya peradangan atau pertumbuhan abnormal pada lambung.

Meski aman dan bermanfaat, faktanya tidak semua orang dianjurkan atau bisa melakukan endoskopi lambung.

Orang yang mengidap tukak lambung, memiliki riwayat alergi terhadap obat bius, atau mengalami masalah pada jantung, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hubungi Dokter Ini untuk Informasi Seputar Endoskopi Lambung

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gangguan di area lambung dan hendak melakukan endoskopi lambung, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc terlebih dahulu. 

Tujuannya agar kamu mendapat saran dan informasi yang tepat.

Sebab, orang yang memiliki kondisi tertentu tidak dianjurkan melakukan endoskopi lambung.

Tenang saja, dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2024.

Saat ini ia menjalani praktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7111401422105298.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc jika kamu berencana melakukan endoskopi lambung. 

Chat dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Jika kamu memutuskan melakukan endoskopi lambung, Ketahui Jenis Persiapan sebelum Lakukan Endoskopi Lambung.

2. dr. Novita Tanasal Sp.PD

Novita Tanasal Sp.PD adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2014 dan melanjutkan kembali studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2024.

Ia kini berpraktik di Manado, Sulawesi Utara dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 10 tahun, dr. Novita Tanasal Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc apabila kamu hendak melakukan endoskopi lambung.

Chat dr. Novita Tanasal Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Selain gangguan pada lambung, Inilah 7 Penyakit yang Bisa Diperiksa dengan Metode Endoskopi.

3. dr. Hafiziani Sp.PD

Kamu juga bisa menghubungi dr. Hafiziani Sp.PD yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2010 dan kemudian melanjutkan kembali studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2024.

Ia kini berpraktik di Pasaman Barat, Sumatera Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1321401422112839.

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Hafiziani Sp.PD dapat memberikan informasi lengkap melalui Halodoc terkait endoskopi lambung.

Chat dr. Hafiziani Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

4. dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM

Selain itu, kamu bisa menghubungi dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM. Ia adalah lulusan Universitas Brawijaya pada 2010 dan 2018.

Saat ini, ia berpraktik di Tangerang Selatan dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR HN00000374979867.

Berbekal pengalaman selama 15 tahun, dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar endoskopi lambung.

Chat dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD

Pilihan lainnya adalah  dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD. Ia adalah lulusan Universitas Sumatera Utara pada 2015 dan 2021.

Kini, ia berpraktik di Medan, Sumatera Utara dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1221401321165555.

Dengan pengalaman selama 9 tahun, dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc apabila kamu berencana melakukan endoskopi lambung.

Chat dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi untuk informasi lengkap sebelum kamu melakukan endoskopi lambung.

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Plus. Diakses pada 2024. What is Gastrointestinal Endoscopy? Learn About the Procedure and Risks. 
Health Direct. Diakses pada 2024. Gastroscopy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Upper endoscopy. 
Informed Health. Diakses pada 2024. What happens during a gastroscopy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan