Catat, Ini Cara Mengatasi Lelah Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Februari 2022

“Membuat beberapa perubahan gaya hidup dapat membantumu mengatasi kondisi lelah mental. Di antaranya adalah mengatasi sumber masalah, menerapkan strategi koping, mengambil jeda dan istirahat, serta membuat jurnal. Dengan mencatat rutinitas harianmu dapat membantu memilah pemicu stres dan menemukan hal-hal kecil yang patut disyukuri.”

Catat, Ini Cara Mengatasi Lelah MentalCatat, Ini Cara Mengatasi Lelah Mental

Halodoc, Jakarta – Lelah mental adalah kondisi ketika kamu merasakan kelelahan mental setelah melakukan pekerjaan yang menguras banyak energi. Kamu mungkin juga akan merasakan kelelahan mental jika mengalami stres dalam jangka waktu yang panjang.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan lelah mental ialah bekerja atau belajar selama berjam-jam tanpa istirahat, menghabiskan banyak waktu berurusan dengan tanggung jawab yang luar biasa, hidup dengan gejala kesehatan mental, mencurahkan banyak energi untuk memikirkan masalah, kekhawatiran, atau sumber stres lainnya. 

Lelah mental dapat memengaruhi kinerja dan konsentrasi. Apabila kamu mengalami lelah mental, kamu lebih mudah marah, mudah melupakan sesuatu, membutuhkan waktu lebih lama untuk memecahkan masalah, membuat lebih banyak kesalahan, dan sebagainya. Berikut adalah cara mengatasi lelah mental:

Cara Mengatasi Lelah Mental

Membuat beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu kamu mengatasi kondisi lelah mental. Mulai dari mengatasi sumber masalah, menerapkan strategi koping, mengambil jeda dan istirahat serta langkah-langkah lainnya.

1. Menghilangkan Sumber Stres 

Salah satu cara mengatasi lelah mental adalah menghilangkan sumber stres. Tentunya ini tergantung pada setiap masalah personalnya. Kalau yang membuatmu stres adalah kewalahan di tempat kerja, pertimbangkan untuk meminta bantuan atasan atau rekan kerja dalam mengerjakan tugas atau cobalah mendelegasikan sebagian tanggung jawab ke orang lain.

2. Istirahat yang Cukup

Waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga bisa sangat membantu meredakan perasaan lelah mental. Istirahat dapat berarti mengosongkan jadwal tugas yang tidak penting selama beberapa hari, mengambil liburan panjang, memanjakan diri selama satu jam untuk menonton video atau serial drama sebelum memulai kembali mengerjakan tugas, makan di cafe favorit, atau berkumpul bersama teman. 

3. Menerapkan Teknik Relaksasi

Latihan pernapasan dan self-hypnosis adalah contoh teknik relaksasi yang dapat membantu meningkatkan ketenangan serta meredakan stres dan ketegangan. Meditasi juga dapat membantu menghilangkan stres kronis. Beberapa teknik relaksasi yang bisa kamu pilih adalah yoga, tai-chi, pijat, aromaterapi, dan lain-lain.

4. Mendapatkan Tidur yang Berkualitas 

Tidur berkualitas tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga penting untuk kesejahteraan mental dan emosional. Cobalah untuk mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur malam yang nyenyak dan pulas guna membantu meringankan kelelahan mental dan fisik.

Salah satu cara untuk memastikan kamu mendapatkan tidur malam yang lebih baik adalah dengan menghindari penggunaan gadget di tempat tidur, mandi air hangat satu jam sebelum tidur, dan meredupkan cahaya kamar.

5. Membuat Jurnal Harian

Untuk bisa mengelola emosi dan memberikan tempat pada apa-apa yang kamu rasakan sepanjang hari, cobalah untuk membuat jurnal harian. Pada jurnal harian ini kamu mencatat apa yang kamu rasakan, tidak hanya kesedihan, tetapi hal-hal yang menyenangkan. 

Cobalah untuk setiap harinya mencatat apa yang bisa disyukuri hari ini. Berfokus pada hal-hal positif akan membantu kamu lebih menikmati hidup dan bersyukur di saat sulit. Selain itu, membuat jurnal juga bisa membuat kamu tahu kira-kira apa yang menjadi pemicu kondisi lelah mental yang kamu alami.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi lelah mental. Kalau butuh pertanyaan lebih lanjut mengenai kesehatan mental, jangan ditunda lagi segera hubungi dokter, psikolog, atau psikiater di Halodoc

Terkadang sulit untuk menceritakan apa yang menjadi masalah yang sedang kamu hadapi saat ini dengan orang terdekat. Berdiskusi dengan profesional medis akan memberikan kenyamanan untuk kamu mengungkapkan apa yang membuat kamu stres akhir-ahir ini.

Kamu juga bisa melakukan tes Cek Depresi di Halodoc✔️ untuk mengukur level depresi kamu sebagai upaya menjaga kesehatan mental dengan penanganan yang tepat secara dini. Klik gambar di bawah ini untuk memulai tes.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Treat and Prevent Mental Exhaustion.
WebMD. Diakses pada 2022. Signs of Exhaustion.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan