Catat, Ini Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Panu pada Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Februari 2024

“Panu adalah infeksi yang dapat mengganggu pigmentasi normal pada kulit. Kamu dapat melakukan beberapa langkah preventif agar kulit tetap sehat dan bebas dari panu.”

Catat, Ini Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Panu pada KulitCatat, Ini Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Panu pada Kulit

Halodoc, Jakarta – Panu atau dalam bahasa medis tinea versicolor, merupakan jenis infeksi jamur pada kulit. Faktor seperti suhu yang panas dan lembap, keringat berlebihan, kulit berminyak, sistem imun yang menurun, serta perubahan hormon dapat menjadi  pemicu terjadinya panu.

Infeksi jamur ini dapat mengganggu pigmentasi normal pada kulit, sehingga memunculkan bercak-bercak yang lebih gelap atau lebih terang pada kulit.

Area kulit yang terinfeksi panu juga dapat terasa gatal. Panu umumnya tidak berbahaya dan tidak menular, tetapi tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri dari individu yang memilikinya.

Nah, ada beberapa langkah preventif agar kulit bebas dari infeksi panu. Yuk simak caranya!

Cara Mencegah Timbulnya Panu pada Kulit

Berikut adalah beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya panu pada kulit:

1.Mandi dengan sabun anti jamur

Cara pertama untuk mencegah pertumbuhan panu pada kulit adalah mandi dengan bersih. Kamu dapat menggunakan sabun anti fungi untuk membersihkan kulit dan menghindari infeksi jamur.

Kamu juga dapat menggunakan sampo dengan kandungan selenium sulfide yang memperlambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Setelah menggunakan sampo, kamu bisa menunggu sekitar 5 sampai 10 menit sebelum membilasnya dengan air. Sampo dengan kandungan ini juga berfungsi untuk mencegah ketombe.

Apabila kulit kamu sudah terinfeksi oleh panu, kamu dapat menggunakan obat panu yang ampuh untuk mengatasinya lewat artikel ini: Ini 5 Rekomendasi Obat Panu Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotek

2. Hindari mengenakan pakaian ketat

Untuk mencegah panu, kamu juga disarankan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian ketat dapat menyebabkan keringat berlebihan yang memicu pertumbuhan jamur pada kulit.

Kamu dapat mengenakan pakaian yang longgar agar kulit dapat bernapas dan tidak mudah berkeringat. Selain itu, kamu juga bisa memakai pakaian dari bahan katun yang mudah menyerap keringat.

Setelah melakukan aktivitas olahraga dan mengeluarkan keringat, pastikan kamu segera mengganti pakaian dengan yang kering dan bersih. Tidak mengganti pakaian setelah berkeringat akan menciptakan lingkungan lembap pada kulit. Hal inilah yang memicu pertumbuhan jamur dengan cepat.

3. Hindari paparan sinar matahari langsung

Suhu panas dari sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab munculnya panu. Berjemur di bawah matahari menyebabkan keringat berlebihan yang membuat kulit semakin berminyak. Kulit kamu juga dapat menjadi lebih gelap sehingga warna panu semakin terlihat.

Maka dari itu, pencegahan panu dapat dilakukan dengan menghindari sinar matahari langsung. Kamu dapat menggunakan payung, topi, atau pakaian yang menutupi kulit ketika keluar rumah. 

Pemakaian sunscreen setiap hari harus dilakukan agar kulit kamu terlindung dari sinar UV. Pastikan sunscreen yang kamu gunakan memiliki kandungan 30 SPF atau lebih agar dapat bekerja dengan efektif.

Selain melindungi kulit dari sinar UV, sunscreen juga memiliki manfaat lainnya bagi kulit. Yuk simak selengkapnya pada artikel berikut ini: Wajib Dipakai, 5 Manfaat Sunscreen bagi Kesehatan Kulit

4. Hindari Produk Perawatan Kulit Berbahan Minyak

Menggunakan produk perawatan kulit berbahan minyak dapat meningkatkan risiko timbulnya panu. Kulit berminyak dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur penyebab panu. 

Sebagai alternatif, kamu dapat mengganti produk perawatan kulit tersebut dengan produk yang oil-free. Produk bebas minyak umumnya mencantumkan tulisan ‘non-comedogenic’ pada label kemasan.

Untuk menghindari produk perawatan yang dapat menimbulkan panu, 5 Dokter Kulit yang Paham Penanganan Panu ini bisa bantu kamu pilih produk yang aman.

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya panu pada kulit. Kamu dapat membeli obat panu, obat perawatan kulit, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produk akan dikirim dari apotek terpercaya. 

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses 2024. Tinea versicolor.
Virtuwell. Diakses 2024. What is tinea versicolor?
Cleveland Clinic. Diakses 2024. Tinea versicolor.
Cedars Sinai. Diakses 2024. Tinea Versicolor (Pityriasis Versicolor).
American Academy of Dermatology Association. Diakses 2024. Tinea Versicolor: Tips For Managing

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan