Catat, Ini 8 Cara Mengobati Gatal karena Ulat Bulu

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Juli 2024

“Bulu halus dari ulat bulu yang mengenai kulit dapat menimbulkan alergi dan gatal-gatal. Kamu bisa mengatasinya dengan tidak menggaruk bagian yang gatal, menghilangkan bulu yang menempel, hingga menggunakan salep. "

Catat, Ini 8 Cara Mengobati Gatal karena Ulat BuluCatat, Ini 8 Cara Mengobati Gatal karena Ulat Bulu

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Ulat bulu adalah salah satu serangga yang sering ditemukan di alam bebas. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, ulat bulu memiliki rambut halus di seluruh tubuhnya yang mengandung zat beracun.

Ketika bersentuhan dengan kulit manusia, bulu-bulu ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan iritasi. Gigitan ulat bulu dapat menimbulkan berbagai gejala seperti bercak kemerahan, bentol, rasa perih, pembengkakan, dan gatal.

Gatal akibat ulat bulu dapat sangat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Meskipun gejala tersebut biasanya akan mereda dalam beberapa saat, kamu juga bisa melakukan berbagai cara untuk meredakannya.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengobati gatal-gatal akibat ulat bulu?

Cara Mengatasi Gatal karena Gigitan Ulat Bulu

Guna membantu mengurangi efek samping yang muncul karena gigitan serangga ulat bulu, kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal berikut ini. 

1. Tidak menggaruk bagian yang gatal

Rasanya memang sulit menahan keinginan untuk menggaruk bagian tubuh yang terkena bulu ulat. Namun, sebaiknya kamu menghindari menggaruk bagian tersebut, karena bisa meningkatkan risiko munculnya infeksi pada kulit. 

Beberapa orang juga mengalami bentol dan ruam seperti biduran ketika terkena bulu dari ulat beracun ini. Namun, benarkan bulu ulat ini bisa memicu biduran? Kamu bisa mendapatkan jawabannya melalui artikel “Kena Ulat Bulu Bisa Sebabkan Biduran, Benarkah?

Alih-alih menggaruknya, kamu bisa menggunakan krim atau salep untuk membantu mengurangi gatal karena gigitan serangga. Simak rekomendasinya berikut ini:

2. Hilangkan bulu yang menempel pada kulit

Jika kamu mengalami kontak langsung dengan ulat bulu, segera hilangkan bulu yang menempel pada kulit. Kamu bisa menggunakan sarung tangan, selotip, atau kertas untuk mengangkat bulu yang menempel.

Sebisa mungkin, lakukan ini untuk mencegah gatal menyebar ke bagian tubuh lain. Sebab, bulu halus dari ulat bulu bisa saja terbang dan kemudian menyebarkan gatal ke area yang bahkan tidak menyentuh ulat bulu secara langsung.

3. Bersihkan area tubuh yang terkena ulat bulu

Setelah berhasil menghilangkan bulu yang melekat pada tubuh, cucilah area yang terkena bulu tersebut dengan menggunakan air hangat dan sabun untuk membantu menghilangkan racun yang tersisa.

Kamu juga bisa membaca lebih lanjut terkait penanganan ulat bulu melalui artikel ini: “Waspada Teror Ulat Bulu, Kenali Penanganan Awal di Rumah”.

4. Usap dengan garam

Menghilangkan rasa gatal akibat ulat bulu juga bisa menggunakan garam. Caranya juga sangat sederhana, usapkan garam dan gosokkan selama lima menit pada bagian tubuh yang terkena bulu. 

Garam bisa membantu menghilangkan bulu dan racun yang tak terangkat ketika kamu membasuhnya dengan sabun.

5. Minyak kelapa dan es batu

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) atau kompres dingin untuk mengurangi rasa perih, pembengkakan dan nyeri. Namun, apabila kedua kondisi tersebut tidak mereda, segera lakukan pemeriksaan medis untuk menghindari terjadinya reaksi alergi yang serius.

Selain membantu meredakan gatal akibat ulat bulu, minyak kelapa juga memiliki manfaat lain. Simak penjelasannya pada artikel ini: “5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Mendukung Kesehatan Tubuh”.

6. Menggunakan kunyit

Beberapa pakar menyebutkan, kunyit juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi gatal akibat racun ulat bulu. Kunyit menjadi salah satu rempah dengan sifat antiinfeksi yang mampu membuat luka menjadi lebih cepat kering. 

Caranya, bersihkan kunyit dan parut hingga lembut. Kemudian, balurkan kunyit parut ke bagian kulit yang terkena ulat. Selanjutnya, tunggulah selama beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

7. Soda kue untuk mengatasi gatal karena ulat bulu

Soda kue memang memiliki banyak fungsi, salah satunya termasuk meredakan gatal karena bulu ulat sekaligus mencegah gatal tersebut menyebar.

Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok makan soda kue dengan satu hingga dua sendok makan air hangat. Lalu, aduk hingga tercampur sempurna dan oleskan ke bagian kulit yang terasa gatal.

8. Menggunakan salep

Jika cara sebelumnya tidak memberikan hasil yang optimal, coba gunakan salep hidrokortison atau antihistamin. Kamu juga sebaiknya segera melakukan pemeriksaan medis ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

Kamu bisa mencari salep dan obat gatal-gatal untuk membantu mengurangi gejala tersebut di Toko Kesehatan Halodoc. Pengiriman cepat bisa sampai dalam satu jam, dengan kemasan yang aman tersegel.

Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gatal-Gatal Akibat Ulat Bulu

Jika kamu mengalami gatal-gatal akibat ulat bulu ataupun mengalami tanda-tanda alergi, segera hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc.

Mereka bisa saran perawatan yang tepat serta meresepkan obat-obatan yang dibutuhkan. 

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi dokter di Halodoc yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun. 

Mereka juga memiliki penilaian yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya, ini daftarnya:

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya. 

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2024. What Parents Should Know About Caterpillars.
Medscape. Diakses pada 2024. Caterpillar Envenomation.
University of Kentucky. Diakses pada 2024. Insect & Pest Info. Stinging Caterpillars.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan