Catat, Ini 7 Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2022

“Kacang pistachio memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Hal ini membuat kacang ini bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker dan kolesterol tinggi.”

Catat, Ini 7 Manfaat Kacang Pistachio untuk KesehatanCatat, Ini 7 Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai jenis kacang yang bisa kamu konsumsi sebagai camilan sehat, salah satunya adalah kacang pistachio. Kacang ini berasal dari pohon pistachio yang bijinya terbungkus dengan cangkang yang keras. 

Banyak masyarakat yang memanfaatkan kacang ini karena kaya akan kandungan nutrisi. Untuk itu, sebaiknya ketahui berbagai manfaat kacang pistachio yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan. 

Kandungan dalam Kacang Pistachio

Bukan hanya karena rasanya yang lezat, kacang pistachio menjadi salah satu jenis kacang yang bisa diolah untuk menjadi beragam jenis makanan. Ada berbagai kandungan nutrisi di dalam kacang ini, seperti:

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Potasium.
  • Fosfor.
  • Vitamin B6.
  • Tiamin.
  • Tembaga.
  • Mangan.

Dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi, tentunya pistachio memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat Kacang Pistachio

Berikut manfaat kacang pistachio yang perlu diketahui, yaitu:

1. Mencegah Penyakit Kanker

Kacang pistachio memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Polyphenols dan tocopherols merupakan jenis antioksidan yang membantu untuk mencegah penyakit kanker dan menurunkan risiko penyakit tersebut.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu cara yang umumnya dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang sesuai dengan diet. Nah, kamu bisa memasukkan kacang pistachio sebagai camilan sehat untuk membantu menurunkan berat badan. 

Hal ini disebabkan kacang pistachio memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi sehingga membuat kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengontrol jumlah asupan makanan yang dikonsumsi.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kacang pistachio memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein yang paling tinggi diantara jenis kacang yang lain. Keduanya bisa menjaga kesehatan mata dari paparan blue light yang bisa memicu kerusakan dan menyebabkan degenerasi makula.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang ini baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat sangat baik untuk bakteri baik dalam usus, mengonsumsi kacang ini bisa meningkatkan jumlah bakteri baik yang membantu kamu dalam menjaga kesehatan pencernaan.

5. Menurunkan Kolesterol

Jika kamu memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, kamu bisa menjadikan kacang pistachio sebagai camilan sehat setiap hari. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam kacang pistachio bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan antioksidan dalam pistachio juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini akan membantu kamu untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat memicu gangguan pada jantung.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Selain itu, kacang ini juga memiliki kandungan serat, protein, dan antioksidan yang cukup tinggi untuk membantu kamu mengontrol kadar gula darah.

Itulah beberapa manfaat kacang pistachio yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan. Namun, pastikan kamu mengolah pistachio dengan cara yang tepat. Mengonsumsi pistachio yang diolah dengan kandungan garam tinggi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan.

Selain itu, jika kamu memiliki riwayat intoleransi terhadap fruktan, kondisi ini dapat menyebabkan perut kembung, mual, dan tidak nyaman. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan tersebut setelah mengonsumsi kacang pistachio, segera tanyakan langsung pada dokter menggunakan Halodoc

Kamu bisa bertanya melalui Voice/Video Call atau Chat untuk mendapatkan informasi mengenai penanganan yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Health Benefits of Pistachios.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Pistachios.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan