Catat, Ini 6 Jenis Penyakit Gigi dan Mulut yang Sering Terjadi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 September 2023

“Kesehatan mulut dan gigi bisa terganggu karena kebiasaan buruk tertentu atau kelalaian dalam menjaga kebersihan gigi. Ada beberapa jenis penyakit gigi dan mulut yang sering dialami karena hal-hal ini.”

Catat, Ini 6 Jenis Penyakit Gigi dan Mulut yang Sering TerjadiCatat, Ini 6 Jenis Penyakit Gigi dan Mulut yang Sering Terjadi

Halodoc, Jakarta – Gigi dan mulut adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk keberlangsungan sehari-hari. Kesehatan mulut bisa berdampak pada kemampuan berkomunikasi dan bahkan mengonsumsi makanan atau minuman.

Namun, terkadang orang-orang melakukan kebiasaan tertentu yang berdampak negatif pada kesehatan mulut dan gigi. Alhasil, beberapa penyakit gigi dan mulut dapat muncul dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas.

Yuk simak pembahasan berikut ini mengenai jenis penyakit gigi dan mulut yang sering terjadi karena kebiasaan buruk!

Berbagai Macam Penyakit Gigi dan Mulut

Ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang mulut dan gigi. Namun, penyakit tertentu akan lebih sering terjadi, seperti:

1. Sakit gusi (gingivitis)

Penyakit gusi atau secara khususnya bernama gingivitis terjadi ketika muncul infeksi pada gusi yang mengelilingi gigi. Gingivitis adalah salah satu pemicu utama kerusakan gigi pada orang dewasa.

Gingivitis lebih umum terjadi setelah umur 30, terlebih lagi pada perokok. Jika kamu memiliki diabetes, risiko sakit gusi akan lebih tinggi pada umur apapun.

Gejala yang kamu mungkin alami, yaitu bau napas, gusi kemerahan, gusi bengkak, gusi berdarah, dan nyeri ketika mengunyah makanan.

Untuk menghindari penyakit mulut ini, kamu perlu menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi dan berkonsultasi ke dokter gigi secara rutin.

Apabila kamu mengalami sakit gigi, kamu juga dapat menggunakan obat-obatan yang direkomendasikan pada beberapa artikel berikut ini:

2. Gigi berlubang

Gigi berlubang adalah penyakit gigi yang paling umum. Penyakit ini terjadi ketika bakteri menumpuk pada gigi dan membentuk plak di permukaan gigi.

Kemudian, bakteri pada plak gigi ini akan memproduksi asam yang secara permanen merusak lapisan luar gigi. Lama kelamaan, proses ini bisa menyebabkan gigi berlubang. 

Gejala awal dari penyakit ini adalah terlihat bagian berwarna hitam atau kecoklatan pada gigi dan nyeri gigi. Untuk mencegah gigi berlubang, kamu perlu menyikat gigi secara rutin dan mengunjungi dokter gigi secara reguler agar karang gigi bisa teratasi.

3. Erosi dan abrasi gigi

Penyakit lainnya yang cukup sering terjadi adalah erosi dan abrasi gigi. Abrasi gigi dan erosi gigi adalah penyakit yang menyebabkan gigi terkikis. Meskipun sama-sama menyebabkan gigi terkikis, penyebab dari kedua penyakit ini sangat berbeda. 

Erosi gigi terjadi ketika enamel gigi sering terkena asam saat muntah yang mengandung asam lambung. Akibatnya, lapisan luar gigi akan terkikis.

Di sisi lain, abrasi terjadi karena terjadi gesekan pada gigi. Umumnya, masalah ini bisa muncul ketika menyikat gigi terlalu keras. Oleh karena itu, cara untuk menghindari hal ini adalah menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar. 

4. Sariawan

Sariawan juga merupakan penyakit mulut ringan yang sangat sering terjadi pada mulut.

Penyebab sariawan sangat beragam, mulai dari tergigit, kurangnya vitamin C dan vitamin B, mulut yang tidak bersih, hingga gesekan dari gigi palsu atau kawat gigi. 

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman karena sariawan, ada beberapa obat yang bisa kamu konsumsi tanpa resep dokter. Kamu juga bisa mencari tahu mengenai Tujuh Cara Tepat Mengatasi Sariawan.

5. Mulut kering

Mulut kering adalah penyakit yang bisa menjadi dampak kebiasaan tertentu atau gejala penyakit lain yang lebih serius. Secara umum, mulut kering sering terjadi pada lansia.

Penyebab penyakit gigi ini yaitu masalah pada kelenjar ludah, efek samping pengobatan kanker, diabetes, serta konsumsi rokok yang tinggi.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu harus mendapat asupan air yang cukup sepanjang hari.

6. Gigi sensitif

Penyakit gigi sensitif cukup umum terjadi pada orang di segala umur. Penyebab dari penyakit ini adalah makanan jenis tertentu, seperti makanan manis, minuman yang terlalu dingin atau panas, dan juga es krim.

Gigi sensitif bisa menyebabkan rasa nyeri dan ngilu saat makan atau menyikat gigi. Jika kamu merasakan hal ini, sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter untuk pengobatan yang tepat.

Kamu juga bisa membaca artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi gigi sensitif: “Cara Tepat Mengatasi Masalah Gigi Sensitif”.

Itulah beberapa penyakit gigi dan mulut yang sering terjadi.

Kalau kamu masih memiliki pertanyaan tentang cara menjaga kesehatan gigi atau mencegah penyakit gigi dan mulut, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui Halodoc. Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. 

Kamu juga bisa mendapatkan obat-obatan untuk mengatasi masalah sakit gigi di Toko Kesehatan Halodoc secara online. Tersedia juga berbagai vitamin dan produk kesehatan lainnya untuk menunjang kesehatanmu. 

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Oral Health Conditions.
Verywell Health. Diakses pada 2023. The Most Common Dental Problems.
Kneib Dentistry. Diakses pada 2023. 10 Common Dental Problems and Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan