Catat, Ini 5 Obat Apotek Penghilang Jerawat dan Bekasnya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Agustus 2023

“Ada beberapa produk krim penghilang jerawat dan bekasnya yang bisa kamu temukan di apotek (apotik). Cara kerja obat ini membantu mengurangi hiperpigmentasi pada bekas jerawat, sehingga warna kulit akan tampak merata.”

Catat, Ini 5 Obat Apotek Penghilang Jerawat dan BekasnyaCatat, Ini 5 Obat Apotek Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Halodoc, Jakarta – Ada banyak jenis obat apotik penghilang jerawat dan bekasnya. Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi akibat peradangan pada folikel rambut dan kelenjar minyak. Tandanya berupa benjolan merah atau berwarna putih berisi nanah.

Sementara bekasnya, masalah ini dapat berupa noda kehitaman setelah jerawat sembuh. Gangguan ini berasal dari peradangan yang terjadi pada saat jerawat aktif. 

Untuk mengatasi kedua masalah itu, kamu bisa menggunakan rekomendasi obat apotik penghilang jerawat dan bekasnya di bawah ini!

Obat Apotik Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Obat bekas jerawat dari apotik biasanya mengandung bahan-bahan yang membantu membersihkan kulit, mengurangi peradangan, dan merangsang regenerasi sel kulit. 

Kamu bisa bertanya pada dokter spesialis kulit dan kelamin jika ingin menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat. Namun, dalam kasus ringan, bekasnya dapat teratasi dengan menggunakan:

1. Verile Acne Gel 10 gram

Verile Acne Gel merupakan gel yang membantu merawat kulit berjerawat serta menyejukkan bagian kulit yang berjerawat. Cara kerjanya dengan melepaskan lapisan keratin yang menyumbat jerawat.

Obat bekas jerawat ini mengandung 0.5 persen salicylic acid, 1 persen boric acid, 2 persen resorcinol, 0.1 persen allantoin, 0.1 persen triclosan, dan 25 persen alcohol.

Dosis penggunaan:

  • 3 kali sehari pada pagi, siang, dan malam hari.

Rentang harga: Rp16.600 – Rp33.100 per tube.

Dapatkan Verile Acne Gel 10 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Medi-Klin Gel 15 gram

Medi-Klin adalah salep jerawat di apotik yang berisi antibiotik untuk mengatasi jerawat parah. Di dalamnya terdapat clindamycin yang bersifat bakteriostatik dan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Dalam satu tube mengandung 1 persen clindamycin phosphate. Penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan hanya dipergunakan untuk pemakaian luar.

Dosis penggunaan:

  • 1-2 kali sehari.

Rentang harga: Rp24.500 – Rp35.800 per tube.

Dapatkan Medi-Klin Gel 15 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

Jerawat bisa muncul akibat urutan penggunaan skincare yang salah. Ketahui di sini tahapannya: Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya.

3. Vitacid 0.05% Cream 20 gram

obat apotik penghilang jerawat dan bekasnya

Obat apotik penghilang jerawat dan bekasnya ini mengandung retinoic acid atau asam retinoat (tretinoin). Kandungan tersebut bekerja dengan mematikan sel penghasil minyak di wajah dan menurunkan produksinya.

Vitacid mengandung 0.05 persen retinoic acid yang dapat kamu gunakan pada malam hari sebelum tidur. Penggunaanya harus sesuai dengan petunjuk dokter untuk memaksimalkan hasil.

Dosis penggunaan:

  •  1 kali sehari, malam hari.

Rentang harga: Rp34.700 – Rp52.900 per tube

Dapatkan Vitacid 0.05% Cream 20 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Cindala 10 mg/g Gel 10 gram

obat apotik penghilang jerawat dan bekasnya

Cindala adalah obat antibiotik topikal untuk mengobati jerawat parah pada orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun. Di dalamnya mengandung clindamycin yang dapat mengatasi bakteri aerob gram positif yang rentan.

Dosis penggunaan:

  • 2-3 kali sehari, oleskan tipis pada jerawat.

Rentang harga: Rp45.000 – Rp74.100 per 2 tube

Dapatkan Cindala 10 mg/g Gel 10 g 2 Tube – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu bisa lihat di sini bahan-bahan dalam skincare yang perlu dihindari oleh pemilik kulit sensitif: Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari

5. Bioacne Cream 10 gram

obat apotik penghilang jerawat dan bekasnya

Bioacne Cream merupakan krim yang digunakan untuk membantu mencegah dan mengatasi jerawat serta menjaga kesehatan kulit. Terdapat 5 mg cetrimide, 5 mg resorcinol, dan 50 mg sulfur.

Dosis penggunaan:

  • 2-3 kali sehari.

Rentang harga: Rp21.100 – Rp57.600 per tube

Dapatkan Bioacne Cream 10 gram di Toko Kesehatan Halodoc

Sebelum menggunakan produk apotik apa pun, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kulit atau profesional medis terlebih dahulu, terutama jika memiliki masalah kulit tertentu atau sedang menggunakan produk lain.

Segera hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc juga jika masalah bekas jerawat tak kunjung membaik dengan menggunakan beberapa produk di atas.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Acne Scars.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. ACNE SCARS: WHO GETS AND CAUSES.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan