Catat, Ini 5 Manfaat Jeruk Limau sebagai Bumbu Masakan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juli 2022

“Jeruk limau juga mengandung banyak nutrisi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan. Buah berukuran kecil ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga baik untuk sistem kekebalan tubuh, kulit, dan juga mampu mengurangi risiko beberapa penyakit.”

Catat, Ini 5 Manfaat Jeruk Limau sebagai Bumbu MasakanCatat, Ini 5 Manfaat Jeruk Limau sebagai Bumbu Masakan

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang punya hobi memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan jeruk limau. Jeruk yang wangi dan punya rasa asam yang menyegarkan ini sering digunakan sebagai bumbu masakan, terutama sebagai pelengkap pada sambal. Jeruk limau bisa membuat rasa sambal semakin nikmat dan bikin ketagihan.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jeruk limau ternyata juga sering dikonsumsi untuk memperoleh manfaat kesehatan tertentu. Sebab, buah berukuran kecil tersebut mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, ketahui lebih lanjut manfaat jeruk limau di sini.

Manfaat Jeruk Limau

Meskipun ukurannya kecil, jeruk limau sarat dengan nutrisi, terutama vitamin C. Satu buah jeruk limau berukuran sedang (67 gram) bisa memberi kamu  asupan vitamin C lebih dari 20 persen kebutuhan harian. Buah ini juga mengandung sejumlah kecil zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, kalium, dan banyak lagi.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, jeruk limau bisa memberikan manfaat berikut untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk limau bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian tabung reaksi ditemukan bahwa vitamin C mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Selain vitamin C, jeruk limau juga kaya akan antioksidan yang juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, dengan mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas.

2. Menyehatkan Kulit

Berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya, jeruk limau juga bisa meningkatkan kesehatan kulitmu. Vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit kencang dan kuat. 

Sebuah penelitian pada lebih dari 4.000 wanita menemukan bahwa mereka yang mendapatkan asupan vitamin C lebih tinggi, berisiko lebih rendah untuk mengalami keriput dan kulit kering seiring bertambahnya usia. Di samping itu, antioksidan dalam jeruk limau bisa membantu memerangi perubahan kulit terkait usia.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa jeruk limau bisa mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Vitamin C dalam jeruk bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, vitamin tersebut juga bisa melindungimu dari aterosklerosis, kondisi ketika arteri menyempit akibat penumpukan plak.

4. Mencegah Batu Ginjal

Buah jeruk, seperti jeruk limau, mengandung asam sitrat yang tinggi yang bisa mencegah batu ginjal, dengan cara meningkatkan kadar sitrat serta mengikat mineral pembentuk batu dalam urin.

5. Membantu Penyerapan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dalam darah bisa menyebabkan anemia defisiensi besi. Zat besi bisa ditemukan pada makanan hewani dan nabati. 

Namun, zat besi yang terkandung pada produk nabati tidak mudah diserap tubuh, seperti yang terdapat dalam daging dan produk hewani lainnya. Nah, makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk limau, bisa membantu penyerapan zat besi dari makanan nabati, sehingga membantu mencegah anemia defisiensi besi.

Tips Menggunakan Jeruk Limau

Nah, untuk mendapatkan manfaat jeruk limau di atas, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara berikut:

  • Membuat es jeruk limau

Caranya membuatnya sama seperti membuat air jeruk biasa, yaitu potong  beberapa jeruk limau, kemudian peras di atas saringan. Lalu, tambahkan es batu, gula yang sudah dilarutkan dengan sedikit air hangat, dan air. Selanjutnya  aduk dan es jeruk limau pun siap  untuk dinikmati.

  • Sebagai pelengkap bumbu

Kamu juga bisa menggunakan jeruk limau untuk menyegarkan rasa makanan, seperti menambahkan perasan jeruk ke atas siomay atau batagor kuah.

Itulah penjelasan mengenai manfaat buah limau sebagai bumbu masakan. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai kandungan nutrisi dari makanan tertentu atau mengalami keluhan kesehatan, jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Limes

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan