Catat, Ini 5 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juni 2022

“Wanita hamil perlu mendapat asupan yang mampu menunjang nutrisi ibu dan janin dalam kandungan. Hal tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi jeruk, mangga, alpukat, lemon, dan pisang.”

Catat, Ini 5 Buah yang Bagus untuk Ibu HamilCatat, Ini 5 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi buah-buahan berguna memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat bagi ibu dan janin saat hamil. Dengan begitu, dapat meminimalisir ibu mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya, terkena sembelit.

Dilansir dari A maternal “junk-food” diet reduces sensitivity to the opioid antagonist naloxone in offspring postweaning, para ibu hamil diminta untuk tidak sering-sering mengonsumsi junk food. Sebab, lemak dan gula dapat menumpuk di tubuh janin.

Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Dikutip dari  Food taboos in pregnancy and early lactation among women living in a rural area of West Bengal, jurnal ini menjelaskan bahwa mengonsumsi buah selama kehamilan dapat menurunkan risiko keguguran dan mencegah malformasi janin. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa  jenis buah yang direkomendasikan:

1. Jeruk

jeruk

Jeruk merupakan sumber folat yang dapat mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang. Buah ini merupakan sumber vitamin C yang berfungsi mencegah kerusakan sel dan membantu tubuh ibu menyerap zat besi dengan baik.

2. Mangga 

mangga

Mangga adalah sumber vitamin C dan A. Jika janin kekurangan vitamin A saat lahir, kondisi tersebut dikaitkan dengan kekebalan tubuh rendah. Dampaknya, anak berisiko terkena sejumlah gangguan. Diare dan infeksi pernapasan, misalnya.

3. Alpukat

alpukat

Alpukat mengandung tinggi folat, juga vitamin C, B, K, serat, kolin, magnesium, dan potassium. Buah ini efektif dalam meredakan mual, kram kaki, dan gejala kehamilan lain yang umum dialami ibu hamil.

4. Lemon

lemon

Lemon dapat membantu meredakan mual terkait kehamilan. Lemon juga tinggi vitamin C dapat membantu meredakan sembelit. Manfaat lemon ini juga sudah ditulis di jurnal berjudul The Effect of Lemon Inhalation Aromatherapy on Nausea and Vomiting of Pregnancy: A Double-Blinded, Randomized, Controlled Clinical Trial. 

5. Pisang

pisang

Pisang adalah sumber potasium dan mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat. Kandungan vitamin B6 didalamnya efektif dalam membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

Itulah beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk buat janji rumah sakit untuk memeriksakan kehamilan secara rutin untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bisa saja membahayakan.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The FASEB Journal. Diakses pada 2022. A maternal “junk-food” diet reduces sensitivity to the opioid antagonist naloxone in offspring postweaning.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.
J Family Med Prim Care. Diakses pada 2022. Food taboos in pregnancy and early lactation among women living in a rural area of West Bengal.
The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG). Diakses pada 2022. Nutrition During Pregnancy.
Iran Red Crescent Med J. Diakses pada 2022. The Effect of Lemon Inhalation Aromatherapy on Nausea and Vomiting of Pregnancy: A Double-Blinded, Randomized, Controlled Clinical Trial.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan