Cara Penanganan Kondisi Barrel Chest yang Dapat Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Juni 2023

“Penanganan yang dapat dilakukan secara tepat untuk kondisi Barrel Chest, termasuk olahraga teratur, terapi oksigen, terapi pernapasan, dan perawatan penyakit penyerta. Dengan penanganan yang tepat, dapat membantu meringankan gejala dan meningkatkan kualitas hidup bagi penderita Barrel Chest.”

Cara Penanganan Kondisi Barrel Chest yang Dapat DiketahuiCara Penanganan Kondisi Barrel Chest yang Dapat Diketahui

Halodoc, Jakarta – Barrel Chest atau dada tongkol adalah suatu keadaan saat dada seseorang tampak melengkung atau membulat, bentuknya mirip dengan bentuk tongkol. Kondisi ini sering berkaitan dengan penyakit paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, atau cystic fibrosis.

Karenanya, penting untuk mengetahui pengobatan yang tepat dalam meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang menderita barrel chest. Kira-kira bagaimana cara penanganan yang tepat terkait dengan kondisi ini? Simak penjelasannya!

Bagaimana Cara Penanganan Kondisi Barrel Chest?

Berikut adalah beberapa penanganan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

1. Konsultasikan dengan Dokter

Langkah yang paling penting adalah melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan merekomendasikan kamu untuk melakukan tes pemeriksaan lainnya sebagai penunjang, seperti tes fungsi paru dan tes pencitraan medis. Diagnosis yang tepat akan membantu menentukan pengobatan yang tepat untuk kondisi barrel chest.

2. Olahraga Teratur

Olahraga teratur, terutama latihan kardio dan pernapasan, dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan memperkuat otot pernapasan. Kamu bisa mengonsultasikan dengan dokter atau terapis fisik untuk mengetahui jenis latihan barrel chest yang benar dan aman. 

Olahraga seperti jalan cepat, bersepeda atau berenang juga bisa membantu meningkatkan daya tahan pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Untuk mengetahui manfaat lainnya, bisa juga membaca artikel mengenai 10 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh.

3. Terapi Oksigen

Jika kamu merasa kesulitan bernapas atau kadar oksigen dalam tubuh rendah, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi oksigen. Pemberian terapi oksigen dapat melalui alat pernapasan, seperti masker atau kanula hidung. Hal ini untuk meningkatkan suplai oksigen ke paru-paru, membantu meningkatkan kadar oksigen darah serta meningkatkan pernapasan.

4. Terapi Pernapasan dan Fisioterapi

Terapi pernapasan dan terapi fisik menjadi momen untuk mempelajari teknik pernapasan yang tepat dan meredakan gejala sesak napas. Terapis fisik dapat berupa latihan dan teknik khusus, seperti latihan napas dalam yang membantu melatih dan memperkuat otot-otot pernapasan. Selain itu juga, bisa membantu mengurangi sesak napas dan meningkatkan efisiensi pernapasan.

5. Pencegahan dan Perawatan Penyakit Penyerta

Jika Barrel Chest akibat oleh kondisi paru-paru yang mendasarinya, penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap terkendali dengan pengobatan yang tepat dan ikuti petunjuk dokter. Selain itu, menghindari faktor risiko seperti merokok dan paparan polutan merupakan langkah penting dalam mencegah perkembangan penyakit Barrel Chest.

Penanganan Barrel Chest melibatkan pendekatan yang holistic. Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan menjaga kesehatan secara menyeluruh dapat membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang mengalami kondisi Barrel Chest. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk perawatan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi khusus kamu.

Kamu bisa berkonsultasi secara langsung via chat maupun voice/video call melalui Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kebutuhan perawatan pernapasan tanpa perlu keluar rumah.

Sangat praktis, bukan? Jadi tunggu apalagi, yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Barrel Chest and What Causes It?
Medical News Today. Diakses pada 2023. What’s to know about barrel chest?
Very Well Health. Diakses pada 2023. What Is a Barrel Chest?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan