Cara Mudah Perawatan Anjing Mini Pom

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   27 Agustus 2021
Cara Mudah Perawatan Anjing Mini PomCara Mudah Perawatan Anjing Mini Pom

“Anjing mini pom adalah anjing yang termasuk dalam ras Toy. Ciri khasnya yaitu memiliki ukuran tubuh yang bisa dibilang mungil. Berasa dari Polandia dan Jerman, anjing ini banyak dipakai untuk menggembala domba. Tak hanya itu, anjing satu ini juga termasuk anjing pengawas yang lincah.”

Halodoc, Jakarta – Karakteristik lain yang dimiliki anjing mini pom, yaitu dua lapis bulu pada tubuhnya. Bagian bawahnya adalah bulu lembut dan tebal, sementara itu bagian atasnya lebih kasar. Jika dilihat sekilas, ukuran tubuhnya yang kecil membuat anjing ini mudah dipelihara, ya? Namun, tak berbeda dengan jenis anjing lain, ada cara tertentu yang perlu diperhatikan saat merawat anjing ini. Apa saja?

  • Menjaga Kebersihan Telinga

Pertama, perhatikan selalu kebersihan area telinganya. Bulunya yang lebat membuat kotoran dengan mudah menumpuk pada bagian sela telinga. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan cotton swab yang sudah kamu berikan cairan pembersih yang tidak mengandung alkohol.

Namun, hindari memasukkan alat tersebut ke dalam telinganya karena bisa mengakibatkan kerusakan telinga jika alat pembersih masuk terlalu dalam. 

  • Kebersihan Kuku

Selain itu, kebersihan kuku juga jadi hal penting dalam merawat anjing kecil ini. Rutin potong kuku jadi salah satu cara perawatannya. Caranya, angkat telapak kaki anjing secara perlahan dari bagian belakang sehingga anjing akan menekuk sendi kakinya.

Kamu juga bisa menarik telapak kakinya ke depan, tetapi cara ini mungkin lebih sulit. Saat memotong kuku, sebaiknya tidak terlalu dalam dan sisakan sekitar 4 sampai 5 milimeter untuk melindungi kuku bagian dalam. 

Baca juga: Begini 6 Cara Melatih Anjing Mini Pom agar Lebih Disiplin

  • Memandikan Anjing

Memandikan anjing mini pom bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat. Rendam sebagian tubuh anjing dan siram secara perlahan. Hindari masuknya air ke dalam telinga dan mata karena bisa membuat iritasi. Mandikan saat anjing sudah terlihat kotor atau setidaknya satu kali dalam satu minggu. 

  • Latihan

Anjing kecil ini punya energi yang banyak sehingga kamu perlu meluangkan waktu untuk melatihnya agar tidak mudah lesu dan tetap sehat. Mengajak berjalan-jalan atau bermain di halam rumah bisa jadi cara menyalurkan energi yang efektif. Lakukan saat anjing sudah memasuki usia dua atau tiga bulan. 

  • Pemberian Pakan

Pemberian pakan anjing pom mini bisa dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari. Pilih pakan yang memiliki kandungan gizi sesuai dengan usia dan kebutuhan anjing. Supaya anjing lebih mudah mencerna pakan kering yang diberikan, kamu bisa merendamnya sebentar sehingga teksturnya menjadi lebih lunak. Hindari memberikan makanan yang dikonsumsi manusia, ya!

Baca juga: Jenis Makanan yang Cocok untuk Anjing Mini Pom

  • Merawat Bulu

Debu dan kotoran yang menempel di tubuh anjing mini pom wajar terjadi karena anjing kecil ini punya bulu yang lebat. Jadi, sebaiknya kamu rutin membersihkan bulunya, minimal dua kali dalam satu hari. Mengabaikan kesehatan bulu anjing pom akan membuat bulu kusut dan mudah mengalami kerontokan

  • Kebersihan Gigi

Membersihkan gigi anjing tak sekadar menghilangkan kotoran yang menempel. Kegiatan perawatan ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada gigi dan mulut yang justru dapat berakibat fatal.

Pakai sikat dan pasta gigi yang khusus diformulasikan untuk anjing saat membersihkan giginya. Hindari menyikat gigi terlalu keras karena gusi anjing bisa dibilang sensitif. Kalau kamu ragu, bawa saja anjing ke tempat perawatan hewan sehingga bisa lebih maksimal. 

  • Tempat Tinggal

Tidak masalah membiarkan anjing berkeliling rumah dan halaman, tetapi sebaiknya kamu tetap menyediakan tempat tidur untuknya. Pilih kandang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, pastikan pula kandang punya sirkulasi udara yang baik sehingga kesehatan anjing tetap terjaga. 

Baca juga: Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Itu tadi beberapa cara sederhana merawat anjing mini pom yang perlu kamu tahu. Kalau kamu merasa anjing kecil ini tidak seaktif biasanya, kamu bisa langsung akses aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter hewan tanpa harus ke klinik hewan. Yuk, download aplikasi Halodoc segera!

Referensi:

Arenahewan. Diakses pada 2021. 15 Cara Merawat Anjing Mini Pom yang Mudah dan Efektif.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan