Cara Merawat Burung Murai Batu agar Sering Berkicau

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   20 Agustus 2021
Cara Merawat Burung Murai Batu agar Sering BerkicauCara Merawat Burung Murai Batu agar Sering Berkicau

“Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika memelihara burung murai batu, salah satunya menurunkan tingkat stres karena kicauan burung yang alami. Namun, perhatikan pemeliharaannya dengan baik agar burung murai batu sering berkicau.”

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika memelihara burung, apalagi jika kamu memilih memelihara burung kicau. Kicauan burung dapat membuat kamu merasa lebih tenang dan rileks. Kicauan burung yang terdengar sangat alami juga bisa membantu kamu untuk menurunkan tingkat stres.

Baca juga: Kenali Jenis Burung Murai yang Populer

Banyak jenis burung kicau yang bisa kamu jadikan burung peliharaan, misalnya burung murai batu. Murai batu menjadi salah satu jenis burung yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Namun, untuk mendapatkan kicauan yang terbaik kamu perlu mengetahui perawatan yang tepat agar burung murai batu menjadi lebih sering berkicau. 

Perawatan Burung Murai Batu Agar Sering Berkicau

Memelihara burung murai batu dengan tepat merupakan hal yang sangat penting. Saat kamu merawat burung murai batu dengan baik, kondisi ini memengaruhi kesehatan burung. Burung yang sehat tentunya dapat berkicau dengan lebih sering dan indah.

Mulai dari kebersihan burung, kebersihan kandang burung, pemberian makanan dan minuman perlu dilakukan dengan tepat agar burung murai batu sering berkicau. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam merawat burung murai, yaitu: 

  1. Perhatikan Kebersihan Kandang Burung

Perhatikan kebersihan kandang burung dan lokasi untuk memelihara burung murai batu. Sebaiknya bersihkan kandang burung secara rutin dari sisa makanan maupun kotoran burung.

Kebiasaan ini dapat menghindari burung dari berbagai gangguan kesehatan yang mungkin dialami. Burung yang sehat tentunya dapat berkicau lebih sering.

Pastikan juga lokasi kandang burung aman dari gangguan predator maupun suhu lingkungan. Hindari meletakkan kandang burung di lokasi yang mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung maupun yang terlalu dingin. Pastikan lokasi kandang burung memiliki suhu yang sesuai dengan kondisi burung.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini sebelum Pelihara Burung Murai

  1. Pastikan Pakan Bernutrisi bagi Murai Batu

Bukan hanya memperhatikan kandang, kamu juga perlu mengetahui jenis pakan yang tepat untuk burung murai. Kamu bisa memberikan pakan berupa jangkrik, cacing, kroto, buah-buahan, kacang-kacangan, maupun sayuran hijau. 

Perhatikan jumlah pakan yang kamu berikan pada burung setiap kali makan. Jika pakan tidak habis dalam sekali makan, bersihkan dan berikan pakan lain yang masih segar untuk menghindari paparan bakteri pada pakan.

Kamu bisa memberikannya pada pagi maupun sore hari. Selain pakan, pastikan kamu selalu menyediakan air bersih untuk minum burung murai batu.

  1. Ajak Burung Berkomunikasi

Sebaiknya biasakan mengajak burung kesayangan berkomunikasi untuk menciptakan hubungan yang lebih baik. Kamu bisa mengajaknya berkomunikasi saat memandikan atau memberi makan burung. 

Kamu juga bisa meluangkan waktu secara rutin untuk berkomunikasi dengan burung sambil memberikan treat atau camilan kesukaan burung di sela waktu makannya. Tidak ada salahnya untuk mencoba berikan rekaman suara burung murai lainnya pada burung murai batu peliharaan kamu agar burung mau mengikuti kicauan burung.

  1. Jaga Kesehatan Burung

Jangan lupa menjaga kesehatan burung murai batu agar sering berkicau. Mandikan burung murai setiap pagi. Kamu bisa memandikan burung dengan cara disemprotkan atau menyediakan air untuk mandi di kandang burung. 

Setelah dimandikan kamu perlu mengangin-anginkan atau menjemur burung di tempat yang aman dari gangguan predator dan paparan sinar matahari langsung. Memandikan burung  merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan burung.

Baca juga: 4 Makanan untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Burung Nuri

Itulah beberapa perawatan burung murai batu yang bisa dilakukan agar burung murai batu sering berkicau. Perhatikan tanda-tanda stres pada burung murai batu peliharaan kamu, seperti warna bulu yang berubah, berkurangnya frekuensi kicauan, atau penurunan nafsu makan.

Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai kesehatan burung murai batu kesayangan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Raja Kicau. Diakses pada 2021. Tips Perawatan Burung Murai Batu Agar Sering Bunyi.
Kaytee. Diakses pada 2021. General Care for Pet Birds.
Hartz. Diakses pada 2021. Caring for Pet Birds: A Few Helpful Tips.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan