Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dalam 1 Malam

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Agustus 2023

“Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam yang efektif adalah melakukan prosedur perawatan kecantikan oleh profesional di klinik kecantikan. Namun, beberapa bahan alami yang ada di rumah sebenarnya juga bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit tersebut.”

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dalam 1 MalamCara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dalam 1 Malam

Halodoc, Jakarta – Memiliki noda hitam bekas jerawat tentu sangat mengganggu penampilan wajah, sehingga tidak heran bila banyak orang ingin menghilangkannya dengan cepat. Namun, adakah cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam?

Untuk menghilangkan masalah kulit tersebut dengan efektif dan cepat, kamu mungkin bisa menjalani perawatan oleh profesional di klinik kecantikan.

Namun bila tidak sempat melakukannya, ada berbagai bahan alami hingga produk skincare yang efektif untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Penyebab Noda Hitam Bekas Jerawat di Wajah

Saat jerawat di wajah mulai sembuh atau mengempis, tidak jarang hal itu meninggalkan noda bekas jerawat yang bisa menghitam.

Masalah hiperpigmentasi ini umum terjadi sebagai dampak dari peradangan jerawat. Hiperpigmentasi ini terjadi karena produksi melanin di kulit meningkat sebagai respons alami kulit terhadap peradangan (jerawat).

Noda hitam bekas jerawat sebenarnya bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, biasanya itu membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 3 bulan sampai 2 tahun. 

Masalah kulit ini bisa terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah kebiasaan memencet jerawat yang masih meradang.

Sebaliknya, menggunakan obat jerawat sejak awal masalah kulit tersebut muncul bisa membantu mengatasi jerawat lebih cepat, sehingga tidak sampai menghitam.

Perlu kamu ketahui juga bahwa orang dengan warna kulit sawo matang dan gelap paling berisiko memiliki noda hitam bekas jerawat hitam dan mungkin sulit untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dalam 1 Malam

Memang menyebalkan memiliki noda hitam bekas jerawat di wajah. Apalagi bila kamu harus menghadiri acara penting keesokan harinya, jadi kamu hanya punya satu malam untuk memudarkan noda ini. 

Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara cepat, kamu mungkin perlu melakukan prosedur medis di klinik kecantikan. \

Ada beberapa prosedur yang bisa kamu pilih untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi ini, tapi semua tetap butuh waktu beberapa hari hingga minggu agar noda hitam benar-benar menghilang. 

Berikut beberapa prosedur kecantikan yang bisa membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

1. Chemical peeling

Prosedurnya melibatkan penerapan larutan kimia pada kulit, pengelupasan lapisan atas dan meningkatkan pergantian sel. Proses ini membantu memudarkan bintik hitam dan menampilkan kulit yang segar dan kencang.

Chemical peeling yang paling umum digunakan untuk hiperpigmentasi mengandung asam glikolat, asam trikloroasetat, atau asam kojic.

2. Mikrodermabrasi

Perawatan mikrodermasi ini menggunakan perangkat genggam untuk mengelupas kulit dengan lembut, mengangkat sel-sel mati dan merangsang produksi kolagen.

3. Terapi laser

Ini menargetkan area berpigmen, memecah kelebihan melanin dan mendorong peremajaan kulit. 

Namun, bila kamu tidak sempat pergi perawatan ke klinik kecantikan, tidak perlu panik.

Nyatanya ada berbagai bahan alami yang biasanya tersedia di rumah yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam. 

Berikut bahan-bahan alami tersebut:

1. Kunyit

Khasiat penyembuhan kunyit sudah terkenal luas. Orang India sudah memanfaatkan manfaat kunyit selama berabad-abad. 

Cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan noda bekas jerawat pun mudah. Kamu bisa mencampurkan dua sendok makan kunyit dengan satu sendok makan madu dalam wadah.

Untuk mempercepat proses pemulihannya, tambahkan beberapa tetes jus lemon. 

Oleskan masker kunyit tersebut selama sekitar 10-20 menit pada wajah, lalu bilas dengan air hangat untuk melihat hasilnya.

Namun, hindari menggunakan jus lemon jika kulit kamu sensitif atau bekas luka kamu masih baru.

2. Pepaya

Pepaya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan dan kulit kering.

Buah ini mengandung AHA yang merupakan agen pengelupasan kulit yang lembut dan baik. 

AHA bisa meningkatkan kecepatan kulit memperbarui selnya, sehingga kulit lama pun bisa terangkat dan tergantikan dengan kulit baru.

Dengan begitu, noda hitam bekas jerawat pun bisa hilang dengan cepat.

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam dengan pepaya, yaitu oleskan masker pepaya matang yang sudah kamu haluskan dengan sapuan melingkar yang lembut pada wajah.

Biarkan masker mengering dan bilas dengan air. Keringkan kulit.

3. Tomat

Kaya akan lycopene, tomat bisa berfungsi sebagai tabir surya alami.

Tabir surya bisa membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, sehingga bisa membantu pemulihan noda hitam bekas jerawat lebih cepat.

Pijat wajah dengan lembut dengan sedikit tomat yang sudah kamu haluskan sebelum pergi ke luar rumah.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam tomat tumbuk untuk mempercepat proses pemulihan noda hitam bekas jerawat.

Kamu juga perlu tahu, Ini 3 Manfaat Baik Tomat Bagi Kecantikan Kulit Wajahmu.

4. Susu mentega

Susu mentega atau buttermilk mengandung asam laktat yang membantu menghilangkan kulit mati dan mencerahkan noda hitam.

Cobalah oleskan bahan alami ini langsung pada noda di wajah dengan bantuan kapas. Diamkan selama sekitar 15-20 menit.

Lalu, bilas dengan air bersih dan lihat hasilnya.

Bahan-bahan alami di atas mungkin tidak bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat sepenuhnya dalam waktu satu malam.

Namun, kandungan bermanfaat di dalamnya mungkin bisa sedikit menyamarkan masalah kulit tersebut.

Itulah berbagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam yang bisa kamu coba.

Bila kamu tidak diburu waktu, kamu bisa coba Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat.

Bila kamu punya jerawat atau bekas jerawat yang membandel, coba hubungi dokter spesialis kulit berpengalaman di Halodoc.✔️ Melalui Video/Voice dan Chat, dokter bisa memberikan saran kesehatan yang tepat.

Referensi:
Dr Alpana. Diakses pada 2023. How to Remove Dark Spots Caused by Pimples.
Clear Skin. Diakses pada 2023. Home Remedies for Dark Spots: How to Remove Dark Spots on the Face Overnight Naturally?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan