Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang dengan Aman

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Agustus 2023

“Ada sejumlah cara untuk menghilangkan bekas cacar yang berlubang. Mulai dari penggunaan bahan alami seperti madu hingga prosedur medis tertentu.”

Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang dengan AmanCara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang dengan Aman

Halodoc, Jakarta – Pascasembuh, cacar air dapat menimbulkan bekas pada kulit seseorang. Kondisi ini berupa bercak atau lapisan kulit yang berbeda dari kulit normal berwarna cokelat atau kemerahan. Namun, bekas cacar juga dapat muncul secara berlubang (bopeng). 

Meski dapat memudar seiring waktu, dalam beberapa kasus, bekas cacar yang berlubang mungkin tetap ada. Bagi sebagian orang, tentu kondisi ini dapat mengganggu penampilan. 

Jika kamu salah satu yang mengalaminya, ketahuilah bagaimana cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang dengan cepat dan aman. 

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Berlubang dengan Bahan Alami

Ada sejumlah bahan alami yang dapat kamu lakukan agar bekas cacar air yang berlubang hilang, yaitu: 

1. Menggunakan Gel Aloe Vera

Gel aloe vera atau lidah buaya terbukti secara klinis bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah menghilangkan bekas luka cacar. Hal ini karena senyawa di dalam gel aloe vera memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. 

Menariknya lagi, kandungan aloe vera juga dapat meningkatkan jumlah kolagen tubuh, sehingga bekas luka bisa cepat pudar.

2. Melakukan Eksfoliasi Kulit

Pengelupasan atau eksfoliasi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga dapat merangsang pertumbuhan kulit muda dengan baik. Adapun, eksfoliasi bekas luka dapat membantu menghilangkan sebagian kulit berpigmen atau kasar. 

Untuk penerapannya, ada dua jenis eksfoliasi yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

  • Pengelupasan mekanis. Termasuk lulur tubuh dan wajah, sikat, dan alat lainnya. Lakukan ini secara langsung pada bekas cacar yang berlubang, dengan gerakan memutar, setiap tiga hari.
  • Eksfoliasi kimia. Jenis eksfoliasi ini menggunakan lotion yang menghasilkan reaksi kimia ringan untuk menghilangkan lapisan atas kulit. Terapkan ini langsung ke bekas cacar berlubang sesuai petunjuk pemakaian.

3. Krim Penghilang Bekas Luka

Krim penghilang bekas luka over-the-counter (OTC) atau terjual bebas dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan bekas cacar berlubang. Namun, pastikan untuk memilih produk sesuai dengn seberapa baru bekas cacar tersebut. Jika bingung memilih, kamu bisa berdiskusi dengan dokter spesialis kulit. 

4. Menggunakan Madu

Madu bersifat antibakteri dan anti peradangan yang dapat mendukung proses regenerasi dan penyembuhan sel. Alhasil, madu juga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan bekas cacar yang berlubang. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan madu ke area bekas cacar setiap malam sebelum tidur. Kemudian, tutup bekas cacar yang berlubang dengan perban. Di pagi hari, buka perbannya dan bilas bekas cacar dengan air hangat. 

Selain itu, masih ada sejumlah bahan alami untuk menghilangkan bekas cacar. Baca informasinya dalam artikel: Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat Alami

Tindakan Medis untuk Menghilangkan Bekas Cacar 

Jika penggunaan obat bebas dan bahan alami tak membuahkan hasil, sudah saatnya memeriksakan kondisi ke dokter. Nantinya, dokter spesialis kulit dapat merekomendasikan tindakan seperti: 

1. Eksisi 

Eksisi bekas luka adalah pilihan ketika semua teknik penghilangan bekas luka lainnya gagal. Dalam prosedurnya, dokter akan membius pasien kemudian mengangkat jaringan parut melalui pembedahan. Kemudian, dokter akan menjahit area tersebut. 

2. Filler

Filler atau pengisian jaringan lunak seperti asam hialuronat dapat menjadi pilihan untuk mengatasi bopeng bekas cacar. Namun, hasil dari perawatan ini biasanya hanya berlangsung sekitar enam bulan. Baca informasi mengenai prosedur ini lebih lengkap dalam artikel: Ini Prosedur Derma Filler yang Perlu Diketahui

3. Microneedling

Microneedling adalah prosedur yang relatif baru yang menggunakan jarum yang sangat kecil. Adapun tindakan medis ini bertujuan untuk merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus.

Untuk benar-benar menghilangkan bekas cacar yang berlubang, prosedur ini mungkin perlu seseorang ulangi beberapa kali. 

Itulah cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang. Jika kamu atau keluargamu masih memiliki pertanyaan seputar hal ini, segeralah hubungi dokter spesialis kulit. Cek rekomendasi dokter spesialis kulit terbaik dari aplikasi Halodoc.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. What Treatments Fade or Remove Chickenpox Scars?
Medical News Today. Diakses pada 2023. Best treatments for chickenpox scar removal. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan