Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat Bicara

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Juli 2021
Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat BicaraCara Melatih Burung Beo Agar Cepat Bicara

“Burung beo sering menjadi pilihan bagi para pencinta burung. Selain karena memiliki bentuk tubuh dan bulu yang indah, jenis burung ini dikenal memiliki kemampuan untuk berbicara. Jika dilatih dengan baik, beo mungkin akan bisa berbicara dan berkicau dengan indah.”

Halodoc, Jakarta – Burung beo dikenal sebagai jenis burung yang bisa berbicara. Secara alami, kemampuan bicara memang dimiliki oleh burung yang satu ini. Namun, terkadang dibutuhkan latihan untuk merangsang kemampuan mengeluarkan suara dan menggunakan kata-kata pada burung beo. Lantas, bagaimana cara melatih agar burung ini cepat bicara? 

Beberapa burung beo belajar berbicara dengan sendirinya, sementara burung lainnya mungkin harus dilatih. Namun jangan khawatir, melatih jenis burung ini berbicara sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Asalkan sabar dan menerapkan latihan yang tepat, kamu bisa merangsang dan meningkatkan kemampuan berbicaranya. 

Baca juga: Inilah Alasan Burung Beo Bisa Menirukan Suara Manusia

Melatih Burung Beo Berbicara 

Melatih kemampuan berbicara burung beo sebenarnya tidaklah sulit. Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah membawa burung ini sebagai hewan peliharaan adalah melakukan “pendekatan” hubungan. Sebab, ada kaitan antara kemampuan bicara burung dengan hubungannya dengan pemilik. Terlebih, burung ini biasanya akan merasa stres jika ditempatkan di lingkungan baru. 

Maka dari itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menempatkan burung di kandang yang cukup besar, suhu udara dan lingkungan yang sesuai, serta bangun kedekatan dan jangan membiarkan burung merasa sendirian. Cobalah untuk selalu bermain atau sekadar melakukan aktivitas di sekitar kandang burung. 

Hal ini akan membantu beo merasa nyaman dan mulai mampu beradaptasi. Dalam beberapa minggu, burung peliharaan biasanya akan mulai memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan semakin lama kamu akan berteman baik dengan hewan peliharaan ini. Jika sudah begini, cara latihan agar beo cepat bicara bisa mulai diterapkan. 

Baca juga: Ketahui Tips Merawat Burung Merpati

Latihan yang Disarankan 

Sebenarnya, tidak ada latihan khusus agar beo bisa berbicara, sebab burung ini secara alami bisa melakukannya. Namun, beberapa di antaranya mungkin malas atau enggan berbicara. Untuk melatih beo cepat bicara, cobalah beberapa tips berikut!

  • Bisa karena Terbiasa 

Biar beo bisa cepat berbicara dan menggunakan kata-kata, lakukan latihan dan interaksi secara rutin. Sediakan waktu setidaknya 10-15 menit setiap hari untuk merangsang kemampuan bicara burung. Kamu bisa memulai latihan dengan kata tunggal dan semakin lama dikembangkan menjadi kalimat. Ingat, durasi dan konsistensi adalah kunci mempercepat latihan. 

  • Kata yang Mudah

Penting untuk mengetahui apa saja kata-kata yang mudah dan sesuai untuk diucapkan burung. Meskipun, hewan ini dikenal memiliki kecerdasan, memilih kata yang mudah bisa mempercepat beo bicara. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan kata-kata umum di waktu yang sesuai, seperti mengucapkan selamat pagi setiap pagi hari, waktunya makan, selamat tinggal saat keluar rumah, dan sebagainya. 

  • Beri Penghargaan 

Memberi hadiah atau penghargaan atas apa yang baru saja dipelajari beo bisa meningkatkan motivitasinya. Saat hewan peliharaan berhasil menggabungkan dua kata, misalnya, berikanlah buah atau makanan kesukaannya. 

  • Jangan Terburu-buru 

Lakukan langkah-langkah latihan dengan sabar. Beri waktu pada burung beo untuk belajar dan memahami kata yang didengarnya. Dengan begitu, kemampuan berbicara beo akan lebih baik dan menghasilkan kemampuan bicara maupun berkicau yang indah. 

Baca juga: 4 Jenis Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Jika beo masih juga sulit untuk dilatih berbicara, coba bawa ke klinik hewan untuk dilakukan pemeriksaan. Bisa jadi, ada yang salah dengan kondisi kesehatannya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan klinik hewan terdekat yang bisa dikunjungi. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi: 
Pet Shoper. Diakses pada 2021. How to Teach Parrots to Talk [5 Proven Tips].
Pet Helpful. Diakses pada 2021. How to Teach a Pet Parrot to Talk.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan