Bumil, Ini Tahap Perkembangan Janin Tiap Trimester

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 September 2022

“Tahap perkembangan janin terbagi menjadi tiga trimester. Dari pembentukan tabung saraf hingga penyempurnaan organ-organ.”

Bumil, Ini Tahap Perkembangan Janin Tiap TrimesterBumil, Ini Tahap Perkembangan Janin Tiap Trimester

Halodoc, Jakarta – Tahap perkembangan janin di dalam kandungan merupakan hal penting yang perlu diketahui. Di periode ini, janin akan mengalami banyak perkembangan, yang dibagi menjadi tiga trimester. 

Pada tiap trimester, bahkan tiap minggunya, perkembangan janin terus mengalami peningkatan. Mau tahu seperti apa? Yuk simak pembahasannya!

Tahap Perkembangan Janin Tiap Trimester

Kehamilan dibagi menjadi tiga trimester, yang masing-masing ditandai dengan perkembangan janin yang spesifik. Kehamilan dianggap cukup bulan pada 40 minggu.

Nah, berikut ini tahap perkambangan janin tiap trimester:

1. Trimester Pertama (0 hingga 13 Minggu)

Trimester pertama adalah periode yang paling penting untuk perkembangan janin. Selama periode ini, struktur tubuh dan sistem organ bayi berkembang. Sebagian besar keguguran dan cacat lahir terjadi selama periode ini.

Sekitar empat minggu setelah pembuahan, tabung saraf terbentuk. Tabung ini nantinya akan berkembang menjadi sistem saraf pusat, termasuk sumsum tulang belakang dan otak. 

Sekitar minggu keempat, kepala mulai terbentuk, dengan cepat diikuti oleh mata, hidung, telinga, dan mulut. Pembuluh darah yang akan menjadi jantung mulai berdenyut. Selama minggu kelima, tunas yang akan membentuk lengan dan kaki muncul.

Pada minggu kedelapan perkembangan, embrio memiliki semua organ dan bagian dasar kecuali organ seks. Pada titik ini, berat embrio hanya memiliki bobot satu gram dan panjangnya sekitar 2,5 sentimeter. 

2. Trimester Kedua (14 hingga 26 Minggu)

Trimester kedua kehamilan sering disebut “masa emas” karena banyak efek tidak menyenangkan dari awal kehamilan hilang. Selama trimester kedua, ibu mungkin mengalami penurunan mual, pola tidur yang lebih baik, dan tingkat energi yang meningkat. 

Kuku jari tangan, rambut, bulu mata, dan kuku kaki janin mulai terbentuk. Ukuran janin bertambah sekitar enam kali lipat. Otak dan sistem saraf pusat janin di tahap perkembangan ini juga menjadi lebih responsif. 

3. Trimester Ketiga (27 hingga 40 Minggu)

Di trimester ketiga ini, ukuran rahim terus meningkat, seiring bertambahnya ukuran dan berat janin. Sekitar minggu ke-28, otak janin mulai “matang” lebih cepat. Paru-paru mulai mengembang dan berkontraksi, mempersiapkan otot-otot untuk bernapas.

Itulah pembahasan mengenai tahap perkembangan janin yang penting diketahui para ibu. Selama masa kehamilan, jangan lewatkan jadwal kunjungan ke dokter, ya. Agar mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter kandungan.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. Stages of Prenatal Development.
UCSF Health. Diakses pada 2022. Pregnancy The Three Trimesters.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan