Bumil Idap Hiperemesis Gravidarum? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juli 2024

“Penyakit hiperemesis gravidarum tak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan dehidrasi, kekurangan gizi, dan penurunan berat badan yang signifikan selama hamil. Segera hubungi dokter di Halodoc jika kamu mengalami gejalanya.”

Bumil Idap Hiperemesis Gravidarum? Segera Hubungi Dokter IniBumil Idap Hiperemesis Gravidarum? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI:

  1. Gejala Hiperemesis Gravidarum
  2. Hubungi Dokter Ini Jika Mengidap Gejala Hiperemesis Gravidarum
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Helena Sunarja Sp.OG
    3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG
    4. dr. Naeny Fajriah Sp.OG
    5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Hiperemesis Gravidarum (HG) adalah kondisi medis yang terjadi selama kehamilan, ditandai oleh mual dan muntah yang parah. Kondisi ini lebih serius dibandingkan dengan mual dan muntah biasa yang sering dialami pada trimester pertama kehamilan, yang dikenal sebagai morning sickness.

Penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi, kekurangan gizi, dan penurunan berat badan yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejalanya dan menghubungi dokter agar komplikasi yang fatal tidak terjadi

Gejala Hiperemesis Gravidarum

Berikut ini adalah beberapa gejala hiperemesis gravidarum yang perlu ibu hamil waspadai:

  1. Mual yang parah dan terus-menerus: Mual ini sering kali tidak terbatas pada pagi hari dan bisa berlangsung sepanjang hari.
  2. Muntah berlebihan: Muntah yang lebih dari 3-4 kali sehari, yang menyebabkan kesulitan untuk makan atau minum.
  3. Dehidrasi: Tanda-tanda dehidrasi termasuk mulut kering, merasa sangat haus, jarang buang air kecil, dan urine yang berwarna gelap.
  4. Penurunan berat badan: Penurunan berat badan yang signifikan (lebih dari 5% dari berat badan sebelum hamil).
  5. Kelelahan ekstrem: Karena tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi dan cairan.
  6. Pusing dan pingsan: Karena dehidrasi dan kekurangan nutrisi.
  7. Ketonuria: Kehadiran keton dalam urine, yang merupakan tanda bahwa tubuh mulai memecah lemak untuk energi karena tidak mendapatkan cukup kalori dari makanan.

Jika mengalami kondisi di atas, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan tepat.

Sementara itu, untuk info lengkapnya, kamu bisa baca di sini: Hiperemesis Gravidarum – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Hubungi Dokter Ini Jika Mengidap Gejala Hiperemesis Gravidarum

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, segera hubungi dokter spesialis kandungan di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Penanganan dan pengobatan sedini mungkin dapat mencegah dampak atau risiko yang lebih berbahaya.

Selain itu, dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Marsell Phang Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Saat ini, dr. Marsell Phang Sp.OG berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR 7111301423133574.

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pengobatan hiperemesis gravidarum.

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

2. dr. Helena Sunarja Sp.OG

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungi dr. Helena Sunarja Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2019. 

Dokter Helena Sunarja Sp.OG saat ini berpraktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR LR00000518651628.

Dengan pengalaman selama 12 tahun yang ia miliki, dr. Helena Sunarja Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang hiperemesis gravidarum.

Chat dr. Helena Sunarja Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Kemudian, bumil juga bisa menghubungi dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG  saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR 7121301322172530.

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang cara menangani hiperemesis gravidarum.

Selain itu, Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon dan keluarga berencana.

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Naeny Fajriah Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Naeny Fajriah Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2012 dan 2021. 

Dokter Naeny Fajriah Sp.OG saat ini berpraktik di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR 7321301321133805.

Dengan pengalaman selama 12 tahun yang ia miliki, dr. Naeny Fajriah Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pengobatan hiperemesis gravidarum. 

Chat dr. Naeny Fajriah Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Gracia Merryane Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG  saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR 7121301422110037.

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Gracia Merryane Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait mengatasi hiperemesis gravidarum.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis yang bisa kamu hubungi untuk bantu pengobatan hiperemesis gravidarum.

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter tersebut agar radang panggul yang kamu alami dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. What Is Hyperemesis Gravidarum?
Healthline. Diakses pada 2024. Hyperemesis Gravidarum.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Hyperemesis Gravidarum (Severe Nausea & Vomiting During Pregnancy).
American Pregnancy Association. Diakses pada 2024. Hyperemesis Gravidarum.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan