Bolehkah Ibu Hamil Muda Mengonsumsi Buah Cermai?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Januari 2023

“Ketika sedang hamil, ibu perlu menjaga dan membatasi asupan makanan tertentu, termasuk pula buah-buahan. Namun, buah cermai sebenarnya boleh dikonsumsi, asalkan tidak dalam porsi yang berlebihan.”

Bolehkah Ibu Hamil Muda Mengonsumsi Buah Cermai?Bolehkah Ibu Hamil Muda Mengonsumsi Buah Cermai?

Halodoc, Jakarta – Buah-buahan menjadi makanan yang bisa ibu konsumsi selama kehamilan. Meski demikian, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak ibu konsumsi secara berlebihan, atau perlu ibu hindari apabila memang memberikan efek yang kurang baik pada tubuh dan janin dalam kandungan. Lalu, bagaimana dengan buah cermai? 

Amankah Mengonsumsi Buah Cermai saat Hamil?

Buah cermai atau amla atau Indian gooseberry menjadi salah satu buah yang aman untuk ibu hamil. Amla adalah buah yang bentuknya seperti lemon, memiliki rasa asam dan manis saat matang, dengan warna hijau cerah. Buah ini sangat tinggi nutrisi, terutama Vitamin C, yang membuatnya menjadi antioksidan yang sangat baik. 

Tak hanya itu, amla juga menjadi bahan utama dalam sebagian besar obat Ayurveda atau herbal dan menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil. Ini karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, termasuk serat dan vitamin yang memang sangat penting saat hamil. 

Mengetahui Manfaat Buah Cermai untuk Ibu Hamil

Buah cermai umumnya tersedia di seluruh India dan banyak orang mengawetkan buah ini dalam bentuk bubuk. Mengonsumsi buah ini selama kehamilan memberikan banyak manfaat bagi ibu dan janin. Adapun manfaatnya antara lain:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Amla adalah buah dengan kandungan antioksidan yang hebat dan menunjang sistem kekebalan tubuh. Kandungan Vitamin C buah satu ini juga tinggi, yang membantu melawan infeksi seperti flu biasa dan infeksi saluran kemih yang umum terjadi selama kehamilan. Manfaat lainnya adalah membantu laktasi setelah melahirkan, sehingga memastikan bayi mendapatkan ASI yang meningkatkan kekebalan.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain itu, buah cermai juga membantu mengurangi masalah kesehatan yang umum terjadi saat kehamilan. Misalnya gangguan pencernaan dan pembentukan keasaman karena merangsang cairan lambung pada perut sehingga mencegah terjadinya maag. Buah satu ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang efektif untuk mencegah terjadinya sembelit.

3. Mengurangi stres dan kelelahan

Rasa asam manis buah amla membantu mengendalikan rasa mual yang umum terjadi pada trimester pertama kehamilan. Mengonsumsi jus amla atau secara langsung dapat membantu mengurangi mual pada pagi hari. Menariknya lagi mampu  memberi energi tambahan pada tubuh, sehingga rasa lelah karena kehamilan dapat berkurang.

4. Mengurangi risiko diabetes gestasional

Bahkan, wanita yang tidak memiliki riwayat diabetes dapat mengalami kondisi diabetes gestasional selama kehamilan. Gangguan kesehatan ini terjadi ketika hormon kehamilan mengganggu kadar insulin dalam tubuh. Amla memiliki kualitas anti-diabetes yang membantu membatasi kemungkinan terjadinya diabetes gestasional pada calon ibu.

5. Mengontrol pembengkakan pada tubuh (edema)

Oleh karena memiliki sifat antiperadangan, buah cermai membantu mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki atau edema. Kondisi ini memang sangat umum terjadi saat kehamilan, terutama pada trimester ketiga menjelang persalinan. 

Selain itu, buah cermai juga memiliki kandungan air yang tinggi yang membuat frekuensi berkemih menjadi lebih tinggi. Dengan begitu, racun yang ada pada tubuh akan terbuang keluar melalui urine.

Berapa Banyak Konsumsinya?

Buah cermai baik ibu konsumsi setidaknya satu atau dua buah setiap harinya. Jika ibu mengonsumsi amla dalam bentuk bubuk, takarannya adalah satu sendok teh. Namun, apabila ibu kurang yakin dengan manfaatnya dan takarannya, ibu bisa bertanya pada dokter kandungan di Halodoc untuk mendapatkan saran terbaik. 

Download Halodoc sekarang pada ponsel ibu untuk mendapatkan banyak manfaat baik dari kesehatan. 

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Eating Amla During Pregnancy – Benefits, How to Eat & More.
MomJunction. Diakses pada 2022. 13 Benefits Of Eating Amla (Indian Gooseberry) During Pregnancy.
Bebodywise. Diakses pada 2022. Amla During Pregnancy: Benefits, Side Effects & More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan