Bisa Turunkan Berat Badan, Berapakah Kalori Pisang?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 November 2022

Sebenarnya tidak ada jumlah pasti kalori pada pisang, karena pisang memiliki jenis, ukuran, dan tingkat kematangan yang berbeda. Meski begitu, pisang yang berukuran sedang secara umum mengandung rata-rata 105 kalori.

Bisa Turunkan Berat Badan, Berapakah Kalori Pisang?Bisa Turunkan Berat Badan, Berapakah Kalori Pisang?

Halodoc, Jakarta – Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak peminat. Sebab, buah berwarna kuning ini diketahui memiliki rasa yang lezat, mudah ditemukan, dan tinggi akan nutrisi penting. Berdasarkan nutrisinya, mengonsumsi pisang ternyata dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. 

Selain itu, pisang juga kerap jadi sebagai salah satu makanan sehat untuk menu diet bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Lantaran pisang memiliki jumlah kalori yang rendah. Namun, kira-kira berapakah kalori pisang? 

Kalori yang Terkandung dalam Pisang 

Sebenarnya tidak ada jumlah yang dapat benar-benar menjadi tolok ukur jumlah kalori pada pisang. Sebab, pisang memiliki jenis, ukuran, dan tingkat kematangan yang berbeda. Nah, ketiga aspek tersebut dapat memengaruhi kandungan kalori, sekaligus berbagai kadar nutrisi penting yang terkandung dalam pisang. 

Meski begitu, pisang yang berukuran sedang secara umum mengandung rata-rata 105 kalori. Selain itu, untuk ukuran pisang lainnya, berikut adalah perkiraan jumlah kalorinya: 

  • Pisang berukuran sangat kecil (lebih pendek dari 6 inci, dengan berat 81 gram) mengandung sekitar 72 kalori. 
  • Ukuran kecil (6–7 inci, dengan berat 101 gram) mengandung sekitar 90 kalori. 
  • Sedang (7-8 inci, dengan berat 118 gram) umumnya memiliki 105 kalori. 
  • Besar (8–9 inci, dengan berat 136 gram) biasanya memiliki 121 kalori. 
  • Ekstra besar (9 inci atau lebih, dengan berat 152 gram) dapat mengandung sekitar 135 kalori. 
  • Irisan (1 cangkir, dengan berat 150 gram) dapat mengandung 134 kalori. 
  • Tumbuk (1 cangkir, dengan berat 225 gram) dapat mengandung 200 kalori. 

Jika kamu tidak yakin tentang ukuran pisang yang akan dikonsumsi, kamu juga dapat memperkirakan bahwa rata-rata pisang mengandung sekitar 100 kalori. Perlu kamu ketahui bahwa sekitar 93 persen kalori pisang berasal dari karbohidrat, 4 persen dari protein, dan 3 persen dari lemak.

Baca juga: Cocok untuk Diet, Ini Kalori Pisang Rebus yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat lain Mengonsumsi Pisang untuk Diet

Selain rendah kalori, nyatanya konsumsi pisang juga memiliki berbagai manfaat lain untuk diet, antara lain: 

1. Meningkatkan gula darah

Pisang kaya akan serat larut. Selama pencernaan, jenis serat tersebut akan larut dalam cairan untuk membentuk gel. Selain itu, pisang mentah juga mengandung pati resisten yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Nah, kedua jenis serat tersebut dapat memoderasi kadar gula darah setelah makan. Selain itu, keduanya juga dapat membantu mengatur nafsu makan dan memperlambat pengosongan perut. 

2. Mampu meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat pisang yang juga menjadi asupan untuk diet lainnya adalah mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebab, pisang mengandung jenis serat pati resisten, yaitu serat yang bersifat sebagai prebiotik. 

Nah, perlu kamu tahu juga bahwa prebiotik lolos dari pencernaan dan akan berakhir di usus besar. Ketika sudah di usus besar, prebiotik akan menjadi makanan bagi bakteri baik yang berperan penting dalam menyehatkan pencernaan. 

3. Membantu pemulihan pasca olahraga

Pisang terkadang disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sebagian besar kandungan karbohidrat pada pisang mudah dicerna, serta mineral kalium dan magnesium, yang keduanya bertindak sebagai elektrolit. 

Perlu diingat bahwa tubuh akan kehilangan banyak elektrolit melalui keringat setelah berolahraga. Nah, memenuhi asupan elektrolit setelah berkeringat dengan kalium dan magnesium pada pisang, perlu kamu ketahui dapat mengurangi nyeri dan kram otot pasca olahraga. 

Itulah penjelasan mengenai jumlah kalori pisang. Selain menjaga asupan kalori yang berasal dari makanan, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan medis, sedari dini. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Baca Juga: Jarang Yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan

Banner download aplikasi Halodoc

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. How Many Calories and Carbs Are in a Banana?
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas. 
Nutritionix. Diakses pada 2022. Banana. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan