Berbagai Manfaat Jantung Pisang dan Cara Mengolahnya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 November 2021
Berbagai Manfaat Jantung Pisang dan Cara MengolahnyaBerbagai Manfaat Jantung Pisang dan Cara Mengolahnya

“Tahukah kamu kalau jantung pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Mulai dari menyembuhkan infeksi, mengontrol kadar gula darah, baik untuk penurunan berat badan, dan juga meningkatkan produksi laktasi.”

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya buahnya, jantung pisang juga enak dimakan dan bisa diolah menjadi beragam masakan. Kamu bisa mengolahnya dengan ditumis, dipecak, dimasak lodeh, oseng, dan gulai.

Selain sebagai alternatif sumber makanan rumah tangga, jantung pisang juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Mengetahui informasi ini, kamu bisa mengolah jantung pisang untuk berbagai kebutuhan. Simak manfaat jantung pisang di sini!

1. Mengobati Infeksi

Jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi karena memiliki bunga etanol yang membantu untuk mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Selain itu, ekstrak jantung pisang juga bisa membantu mencegah pertumbuhan parasit malaria.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Pengidap diabetes bisa mengonsumsi jantung pisang untuk mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh karena kaya akan serat dan zat besi.

3. Meningkatkan Laktasi

Jantung pisang dapat meningkatkan pasokan untuk ibu menyusui, membantu menyembuhkan pendarahan yang berlebihan, menjaga rahim tetap, serta mengatasi sembelit selama kehamilan. 

4. Mengurangi Aktivitas Radikal Bebas

Radikal bebas menyebabkan berbagai masalah. Sifat antioksidan yang dimiliki dalam jantung pisang dapat mengobati masalah kesehatan seperti kanker dan penuaan dini. 

5. Masalah Menstruasi dan Penurunan Berat Badan

Jantung pisang dapat meningkatkan progesteron yang membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan. Karena kaya akan serat dan nutrisi, jantung pisang bisa juga membantu menghasilkan penurunan berat badan. 

Lantas, bagaimana cara mengolah jantung pisang? Pertama, kamu harus membuang bagian luar daun yang keras dan berwarna kemerahan. Lalu bagian yang tersisa dibersihkan dan direndam dalam air asin atau asam untuk menghilangkan rasa pahitnya. 

Kamu bisa mengolah jantung pisang sebagai sajian makanan sehat dengan memilih bahan pendampingnya. Jangan menggunakan santan, gunakan minyak sehat, atau rebus/kukus jantung pisang sebagai sajian lezat sehat.

Itulah informasi mengenai jantung pisang dan pengolahannya. Kalau kamu ingin tahu soal informasi kesehatan lainnya, download saja aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc kamu juga bisa buat janji pemeriksaan dokter tanpa harus antre di rumah sakit!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
On Green Planet. Diakses pada 2021. Banana Blossoms: Health Benefits and How to Use.
In Wiang Valley. Diakses pada 2021. Health Benefits of Banana Blossom.
NetMeds. Diakses pada 2021. Banana Flower: The Superfood You Haven’t Heard Of.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan