Berbagai Makanan Sahur yang Mengenyangkan dan Menyehatkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Maret 2022

“Momen yang paling krusial saat puasa adalah ketika makan sahur. Sebab, makanan yang dikonsumsi di pagi hari ini dapat memengaruhi tingkat energi seharian. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui berbagai makanan yang mengenyangkan untuk disantap saat sahur.”

Berbagai Makanan Sahur yang Mengenyangkan dan MenyehatkanBerbagai Makanan Sahur yang Mengenyangkan dan Menyehatkan

Halodoc, Jakarta – Saat sahur, makanan yang dikonsumsi perlu mengenyangkan agar tubuh kuat untuk beraktivitas seharian. Namun, sebaiknya tidak sembarangan makanan yang dikonsumsi, kamu perlu memperhatikan nutrisi dan gizinya. Namun, apa saja sih makanan sahur yang cocok dikonsumsi saat akan berpuasa? Ketahui jawabannya di sini!

Makanan Sahur yang Membuat Kenyang dan Menyehatkan

Makanan utama saat ibadah puasa Ramadan adalah ketika sahur. Agar dapat menahan lapar dalam waktu yang lama, sahur perlu dilakukan dengan baik. Pilihan makanan saat sahur sangat penting dan benar-benar tidak boleh dilewatkan. Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kandungan nutrisi dan gizi dari makanan sehat tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya saat sahur, hindari makanan yang bisa dikonsumsi secara instan, misalnya mi. Karena saat kamu mengonsumsi mi instan, kamu akan merasa lebih cepat kenyang dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang lainnya, tapi efek negatifnya kamu akan merasa lebih cepat lapar.

Nah, saat makan sahur, sebaiknya kamu konsumsi beberapa makanan di bawah ini agar rasa kenyangnya terasa lebih awet dan tetap berenergi, yaitu:

1. Sup

Sup memang menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak sayuran di dalamnya. Tidak hanya sayuran, dalam sup terkadang juga ada daging yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi sup dapat menghentikan sel-sel di perut untuk memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan juga hormon yang mengatur nafsu makan pada tubuh. 

Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University mengungkapkan seseorang yang mengonsumsi sup untuk sarapan akan makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang. Selain itu, sup mengandung air yang cukup banyak, akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Namun ingat, sup yang harus kamu konsumsi adalah sup yang terbuat dari kaldu atau air, bukan sejenis krim sup.

2. Nasi Merah

Kamu bisa mencoba untuk mengganti menu nasi putih kamu menjadi nasi merah saat santap sahur. Selain karena memiliki kalori lebih rendah dibandingkan nasi putih, ternyata nasi merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta. 

Dengan begitu, kamu akan merasakan kenyang dalam waktu yang cukup panjang. Dengan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung glikemik rendah proses penyerapan zat gizi akan menjadi lebih lambat, sehingga rasa lapar bisa kamu hindari.

 3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan, sehingga baik sekali jika kamu mengonsumsi kacang-kacangan ini saat sahur. Selain itu, serat yang cukup banyak terkandung pada makanan ini akan membuat sistem pencernaan kamu tetap terjaga. Protein yang terkandung pada kacang-kacangan juga penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. 

Salah satu kacang yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah kacang edamame. Dengan mengonsumsi edamame saat sahur, kamu bisa mengendalikan nafsu makan pada saat puasa. Selain itu, protein yang terkandung pada edamame akan membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.

 4. Telur

Mengonsumsi telur pada saat sahur juga bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Protein dan lemak pada telur membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebaiknya sebelum mengonsumsi telur, kamu harus memasak telur dulu hingga matang agar kesehatan kamu pun tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur. Dengan mengonsumsi makanan ini, diharapkan puasa kamu selama satu bulan lamanya tetap lancar. Tentu, kepuasan ketika puasa satu bulan penuh dapat dirasakan. Terlebih lagi, pahala yang didapatkan ditambah tubuh menjadi lebih sehat.

Jika kamu ingin lebih tahu banyak mengenai puasa yang sehat, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur ini, kamu bisa bertanya pada dokter melalui Voice/Video Call atau Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download sekarang juga aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2022. Ramadan 2021: Foods to Eat At Suhoor To Remain Hydrated And Energised.
Have Halal Will Travel. Diakses pada 2022. 10 Delicious Superfoods To Eat During Sahur.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan