Benarkah Tawas Mampu Mencerahkan Ketiak?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Agustus 2022

“Tawas adalah bahan kimia dari garam rangkap dan aluminium sulfat yang berbentuk kristal berwarna putih. Manfaatnya untuk mencerahkan dan menghaluskan ketiak, serta mencegah iritasi kulit.”

Benarkah Tawas Mampu Mencerahkan Ketiak?Benarkah Tawas Mampu Mencerahkan Ketiak?

Halodoc, Jakarta – Tawas menjadi salah satu bahan kimia yang sering digunakan sebagai campuran produk perawatan tubuh. Di dalamnya mengandung garam rangkap dan aluminium sulfat yang berfungsi menjaga kesehatan kulit.

Salah satu manfaat umumnya adalah mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Gangguan ini disebabkan oleh terlalu sering mencukur atau mencabut bulu dan kebersihan area lipatan yang tidak terjaga dengan baik.

Kebiasaan mencukur atau mencabut bulu membuat kulit mudah mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit (sel pigmen atau warna kulit) secara berlebihan. Alhasil, lipatan ketiak lebih hitam ketimbang area tubuh lainnya.

Untuk mencerahkan kulit ketiak, kamu bisa mencelupkan sebutir tawas kristal atau mencampurkan tawas bubuk ke dalam air hangat. Kemudian oleskan pada kulit ketiak. Diamkan 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Manfaat Tawas Lainnya untuk Kulit

1. Menghaluskan Kulit Ketiak

Bahan kimia dalam tawas efektif menghaluskan kulit ketiak yang kasar akibat proses mencukur. Gesekan pisau cukur yang tidak bersih atau karatan menyebabkan ketiak iritasi dan beruntusan, sehingga tekstur kulit jadi tidak merata.

2. Mencegah Iritasi Kulit

Iritasi kulit muncul karena reaksi alergi terhadap bahan kimia seperti sabun, parfum, detergen atau deodoran. Gangguan kulit ini juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebihan di area ketiak.

Tawas bersifat antibakteri yang bisa membantu menurunkan risiko iritasi kulit akibat pertumbuhan bakteri. Campuran bahan kimia di dalamnya juga efektif mencegah iritasi setelah proses mencukur ketiak.

3. Menghilangkan Bau Ketiak

Bau ketiak muncul ketika bakteri Staphylococcus hominis pada kulit bercampur dengan keringat. Bakteri ini meningkatkan produksi protein yang memecah keringat menjadi senyawa triethylamine (penyebab bau badan).

Tawas bisa digunakan sebagai deodoran alami. Sifat antibakteri dan antimikroba di dalamnya efektif menghilangkan bakteri penyebab bau badan dengan meminimalisir produksi bakteri dan keringat.

4. Mengatasi Kapalan

Kapalan (callus) merupakan kondisi yang ditandai dengan penebalan lapisan kulit akibat gesekan atau tekanan berlebihan. Ini umum terjadi pada bagian kulit di area telapak tangan, telapak kaki, jari tangan, jari kaki dan tumit.

5. Mengatasi Masalah di Kulit Kepala

Tawas efektif digunakan untuk mengatasi ketombe membandel di kulit kepala. Caranya dengan mencampur sejumput tawas bubuk dengan sampo. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Cara Menggunakan Tawas untuk Ketiak dan Kulit

Tawas tersedia dalam berbagai bentuk. Salah satunya batu kristal, bubuk dan cair. Kamu bisa memilih produk sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Jika ingin menggunakan tawas dalam bentuk kristal, kamu bisa merendamnya terlebih dulu dalam air hangat. Pastikan tawas hancur seluruhnya agar butiran padatnya tidak melukai area kulit. 

Kemudian, gosokkan secara merata ke permukaan kulit dengan gerakan memutar. Biarkan kering dengan sendirinya. 

Jika memilih menggunakan tawas bubuk, kamu bisa mencampurnya dengan air. Kemudian, aplikasikan pada area kulit yang diinginkan. Agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan keinginan, lakukan perawatan secara rutin.

Itulah berbagai manfaat tawas untuk ketiak dan kulit, serta bagaimana cara menggunakannya. Jika kamu mengalami reaksi alergi setelah penggunaan, segera tanya dokter untuk melakukan langkah perawatan.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Alum for skin: Uses, benefits, and safety.
News18. Diakses pada 202. Want To Get Glowing Skin, Why Not Try Alum.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan