Benarkah Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Konsumsi Vitamin?

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Agustus 2024

"Masalah kerontokan rambut bisa dialami siapa saja, tetapi cara mengatasinya tidak selalu sama. Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok, salah satunya dengan konsumsi vitamin."

Benarkah Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Konsumsi Vitamin?Benarkah Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Konsumsi Vitamin?

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin pernah mengalami momen saat rambut menjadi sangat mudah rontok. Biasanya dengan sekali sisir saja, kamu bisa menyaksikan rambut yang rontok lebih banyak dari biasanya.

Tak jarang masalah kerontokan rambut menimbulkan kekhawatiran, karena bisa menyebabkan kebotakan dan menurunkan rasa percaya diri. 

Jika kamu mengalaminya, ketahuilah bahwa, salah satu cara mengatasi rambut rontok yakni dengan memenuhi asupan vitamin dan mineral harian tubuh. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari makanan, tapi jika dirasa kurang cukup, suplemen bisa jadi salah satu solusinya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Vitamin untuk Rambut Rontok

Sejauh ini ada beberapa vitamin dan mineral penting yang akan membantumu terbebas dari masalah rambut rontok, misalnya:

1. Biotin

Biotin atau vitamin B7 berperan penting dalam memperkuat struktur protein di kulit, rambut, dan kuku. Beberapa penelitian bahkan menyebut kalau vitamin ini mampu menumbuhkan rambut dengan lebih cepat dan kuat. 

Jika kadarnya rendah, maka kamu tak hanya akan alami rambut rontok, tetapi juga ruam kulit dan kuku yang rapuh.

Kecukupan biotin akan menurun saat kamu mengalami beberapa hal, seperti: 

  • Sedang hamil atau menyusui.
  • Minum obat antibiotik atau alami epilepsi tertentu.

Kebanyakan orang bisa mendapatkan cukup biotin dari makanan seperti kuning telur, biji-bijian utuh, dan daging.

Ada beberapa obat atau vitamin rambut rontok yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Baca selengkapnya di artikel ini:

2. Vitamin A dan C, Seng, dan Selenium

Vitamin A dan C, seng, serta selenium memiliki banyak manfaat bagi rambut, diantaranya: 

  • Vitamin A bantu mengurangi kerusakan pada rambut, dengan menghasilkan sebum yang cukup di kulit kepala. Sehingga, rambut nantinya tetap sehat dan berkilau. 
  • Vitamin C bekerja dengan cara meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi kolagen, di mana keduanya membantu dalam pembentukan rambut yang kuat.
  • Seng meningkatkan produksi minyak dengan menghasilkan sebum dalam jumlah yang cukup. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk memperlambat kerontokan rambut.
  • Selenium mencegah dan memerangi ketombe, serta mengatasi kulit kepala yang kering dan gatal, yang dapat menghalangi jalur rambut untuk tumbuh.

Nah, berikut beberapa rekomendasi vitamin A, C, seng, dan selenium yang bisa kamu coba:

  • Wellness Ocucare 30 Tablet. Ini merupakan produk yang bisa bantu mengatasi rambut rontok karena mengandung vitamin C, E, zinc, serta selenium. Selain itu, produk ini juga bisa bantu melancarkan suplai darah, serta membantu meningkatkan kesehatan mata. 
  • IPI Vitamin A 45 Tablet. Produk ini bisa bantu memenuhi kebutuhan vitamin A, terutama pada orang yang mengalami defisiensi vitamin A. Kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 1 kali sehari, sebanyak 1 kaplet. 
  • Halowell C (Vitamin C) 500 mg 30 Tablet. Suplemen vitamin C ini bisa bantu mengatasi rambut rontok, meredakan pendarahan gusi, serta mendukung proses pemulihan tubuh pasca sakit atau operasi. 
  • Hevit-C Vitamin C 500 mg 10 Tablet. Produk vitamin dan suplemen ini mengandung vitamin C 500 mg, yang bisa bantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya sehari 1 kali, sebanyak 1 tablet setelah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter. 
  • IPI Mineral Zinc Plus Selenium 45 Tablet. Jika kamu mengalami rambut rontok akibat kekurangan mineral zinc dan selenium, IPI Mineral ZInc Plus Selenium ini bisa jadi solusinya. Gunakan produk ini 1 kali sehari, sebanyak 1 tablet sesudah makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
  • Marinox Selenium Ace 30 SoftGel. Ini merupakan produk dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan selenium yang bisa bantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan tersebut juga bisa bantu mengatasi rambut rontok, terutama yang disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral. 

3. Vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan risiko alopecia, istilah medis untuk rambut rontok. Menurut penelitian, vitamin D dapat membantu menghasilkan folikel baru, yakni pori-pori kecil di kulit kepala, tempat tumbuhnya rambut. 

Vitamin D dianggap berperan dalam produksi rambut, tetapi sebagian besar penelitian berfokus pada reseptor vitamin D. Peran sebenarnya dari vitamin D dalam pertumbuhan rambut masih belum diketahui.

Karena alasan inilah, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan risiko kerontokan rambut. 

Vitamin D sebenarnya bisa didapatkan secara alami dari sinar matahari dan makanan seperti ikan berlemak dan beberapa jenis jamur. Namun jika makanan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, kamu bisa juga mengonsumsi suplemen dengan kandungan yang sama. 

Nah, berikut beberapa pilihan vitamin D yang bisa kamu coba:

  • Hi-D 1000 Vitamin D3 6 Tablet Kunyah. Produk tablet kunyah ini mengandung vitamin D 1000 IU yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi asupan vitamin D harian, sehingga risiko kerontokkan rambut bisa berkurang. 
  • Halowell D3 1000 IU 10 Tablet. Halowell D3 mengandung vitamin D3 1000 IU, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, sehingga kerontokan rambut mereda. Kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 1 tablet kunyah setiap hari. 
  • Nutrahealth Vitamin D3 400 IU 30 SoftGel. Nutrahealth Vitamin merupakan suplemen kesehatan dengan kandungan vitamin D3 atau cholecalciferol 400 IU. Produk ini bisa dikonsumsi jika kamu mengalami kerontokan rambut akibat kekurangan vitamin D. 

4. Besi

Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Gejalanya berupa kelelahan, kulit pucat, dan rambut rontok. Selain itu, kamu juga berisiko mengalami kadar zat besi rendah, apabila: 

  • Sedang mengalami menstruasi yang berat. 
  • Mengidap penyakit kronis. 
  • Seorang vegetarian atau vegan. 

Untuk memenuhi asupan zat besi harian, kamu bisa konsumsi sejumlah makanan seperti daging merah, sayuran hijau, hingga kacang polong. 

Mau tahu apa saja rekomendasi suplemen zat besi untuk membantu mengatasi rambut rontok:

  • Maltofer Chewable 6 Tablet. Maltofer punya kandungan zat besi 100 mg dalam bentuk tablet kunyah. Kamu bisa mengonsumsinya sebelum atau bersamaan dengan makanan, untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian. 
  • Inbion 10 Kapsul. Inbion mengandung zat besi yang bisa bantu mengatasi masalah kekurangan zat besi pada pengidap anemia. Di mana tak jarang, masalah anemia juga bisa memicu kerontokan rambut. 
  • Sangobion 10 Kapsul. Ini merupakan produk vitamin dan zat besi, yang bisa digunakan oleh pengidap anemia. Produk ini juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut, terutama yang disebabkan oleh anemia atau defisiensi zat besi.

Haruskah Konsumsi Suplemen Vitamin untuk Atasi Rambut Rontok?

Pada dasarnya, makanan adalah sumber vitamin terbaik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. 

Namun, jika makanan dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin, kamu bisa juga mengonsumsi suplemen untuk mengatasinya. 

Menurut penelitian, suplemen bekerja secara efektif untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, pada orang yang mengalami kekurangan nutrisi. 

Namun kamu tidak disarankan mengonsumsi vitamin tanpa pengawasan medis. Sebab vitamin dan mineral dalam dosis yang tidak tepat bisa berbahaya, terutama jika kamu tidak dalam kondisi defisiensi vitamin atau kekurangan vitamin.

Produk vitamin untuk mengatasi kerontokan rambut di atas bisa kamu beli dengan mudah melalui Toko Kesehatan Halodoc. Namun sebelum mengonsumsinya, konsultasikan diri ke dokter terlebih dahulu, untuk menentukan dosis dan aturan minum yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
GQ. Diakses pada 2024. Does Taking Hair Growth Supplements for Hair Loss Actually Work?
Healthline. Diakses pada 2024. The 5 Best Vitamins for Hair Growth (+3 Other Nutrients).
WebMD. Diakses pada 2024. The 5 Best Vitamins for Hair Loss Prevention.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan