Begini Cara Mengecilkan Lengan Tangan dengan Efektif

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Mei 2022

“Ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk mengecilkan lengan tangan. Mulai dari latihan otot lengan, konsumsi makanan tinggi serat, hingga menjaga tubuh tetap terhidrasi.”

Begini Cara Mengecilkan Lengan Tangan dengan EfektifBegini Cara Mengecilkan Lengan Tangan dengan Efektif

Halodoc, Jakarta – Lengan yang besar pada umumnya merupakan kondisi yang diakibatkan oleh akumulasi lemak berlebih. Bagi wanita, kondisi ini tentunya dapat menurunkan rasa kepercayaan diri karena merasa bahwa kecantikan dirinya telah memudar. 

Nah, bagi kamu yang mungkin sedang berusaha, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara yang dinilai efektif mengecilkan lengan. Penasaran apa saja? Yuk, ketahui ulasannya di sini!

Cara Efektif Mengecilkan Lengan Tangan 

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa cara efektif mengecilkan lengan tangan, antara lain:

1. Latihan Otot Lengan

Salah satu jenis latihan otot lengan yang direkomendasikan untuk mengecilkan lengan tangan adalah triceps push up yang dapat dilakukan di rumah. Selain itu, kamu juga dapat melakukan latihan angkat beban yang melibatkan kekuatan untuk membangun massa otot, terutama lengan.

Meski tidak secara langsung menyebabkan penurunan lemak pada lengan, namun angkat beban dapat membantu menurunkan lemak pada tubuh. Selain itu, latihan angkat beban juga dapat membantu mengencangkan lengan sehingga dapat membuat area tubuh tersebut lebih ramping.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat dapat menjaga tubuh kenyang lebih lama, sehingga dapat mengoptimalkan proses penurunan berat badan secara keseluruhan. Maka dari itu, pastikan kamu menambahkan buah-buahan, sayuran, sekaligus kacang-kacangan ke dalam menu sehari-hari.

3. Melakukan Olahraga Kardio

Terdapat beberapa jenis olahraga kardio yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan lengan tangan. Contohnya seperti berenang, lompat tali, menari, bersepeda, hingga joging. Perlu diketahui bahwa olahrga kardio berfokus pada peningkatan detak jantung untuk membakar kalori. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga ini demi mengecilkan lengan tangan. Jika kamu ingin mencobanya, dianjurkan untuk berolahraga kardio setidaknya 20 hingga 40 menit setiap harinya.

4. Batasi Asupan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan merupakan jenis karbohidrat yang telah mengalami pemrosesan, sehingga mengalami penurunan tingkat vitamin dan mineral. Biasanya, karbohidrat olahan tinggi akan kalori, namun rendah akan serat. Akibatnya, mengonsumsi makanan tersebut akan menyebabkan kadar gula meningkat lebih cepat, sehingga mudah menimbulkan rasa lapar.

Maka dari itu, sebaiknya kamu membatasi asupan karbohidrat olahan yang terkandung pada beberapa jenis makanan. Misalnya seperti nasi putih, pasta, roti tawar putih, hingga sereal sarapan yang tinggi akan gula.

5. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Minum banyak air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi setiap harinya sangat penting dalam menghilangkan lemak tangan. Hal ini berdasarkan sejumlah penelitian, yang menyebutkan kalau minum air putih dibarengi dengan makanan dikabarkan dapat meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, konsumsi air putih dalam jumlah yang tepat juga dikabarkan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

Menariknya lagi, air putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme untuk sementara. Hal ini merujuk pada sebuah penelitian yang dipublikasikan pada U.S National Library of Medicine yang mengatakan kalau minum 500 ml air dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sebesar 30 persen selama 30 hingga 40 menit.

Maka dari itu, pastikan untuk minum lebih banyak air putih sebagai salah satu upaya mengecilkan lengan tangan. Kamu juga perlu membatasi konsumsi minuman manis berkalori tinggi seperti soda. Sebab, kalori ekstra pada minuman dapat berujung pada penambahan berat badan.

Itulah beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan lengan tangan. Mulai dari latihan otot lengan, hingga menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar cara mengecilkan lengan tangan, tanyakan saja kepada dokter.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis untuk meminta saran medis yang tepat. Lewat fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. The 9 Best Ways to Lose Arm Fat. 
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Bat Wings: 7 Arm Exercises for Strength. 
NIH. Diakses pada 2022. Water-induced thermogenesis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan