Begini Cara Mencairkan Ayam Beku yang Aman dan Tepat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Juni 2023

"Meskipun kerap kali disepelekan, tetapi mencairkan ayam beku harus dilakukan dengan cara yang tepat dan aman. Pasalnya, ayam mentah memiliki banyak bakteri yang dapat meracuni tubuh dan mengkontaminasi peralatan lainnya.”

Begini Cara Mencairkan Ayam Beku yang Aman dan TepatBegini Cara Mencairkan Ayam Beku yang Aman dan Tepat

Halodoc, Jakarta – Sebagai salah satu protein utama, ayam harus disimpan dengan baik, agar kandungan gizinya tetap terjaga. Nah, cara menyimpan ayam yang baik, tentu saja dengan memasukkannya di freezer. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas ayam agar bakteri dan jamur tidak tumbuh.

Selain menyimpannya dengan benar, kamu juga harus perhatikan cara mencairkan ayam beku dengan tepat. Karena jika caranya keliru, maka dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri atau penyakit tertentu. 

Yuk simak informasi berikut, untuk mengetahui cara mencairkan ayam beku dengan tepat dan aman.

Pentingnya Mencairkan Ayam Beku dengan Tepat

Ada alasan mengapa kamu harus mengetahui cara mencairkan ayam beku dengan tepat. Sebab, ayam mentah berpotensi membawa penyakit berbahaya yang bisa membuatmu sakit parah. 

Menurut U.S. Department of Agriculture beberapa strain bakteri yang paling mungkin ditemukan pada ayam mentah antara lain:

  • Salmonella.
  • Staphylococcus aureus.
  • Escherichia Coli.
  • Listeria monocytogenes.

Bakteri-bakteri tersebut dapat membuatmu sakit. Bahkan, bakteri listeria monocytogenes sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat menyebabkan keguguran. Mencairkan ayam dengan tepat dan memasaknya dengan suhu 74 derajat celcius, akan sangat mengurangi risiko terkena infeksi bakteri tersebut.

Cara Mencairkan Ayam Beku dengan Tepat dan Aman

Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih untuk mencairkan ayam beku dengan aman. Berikut beberapa caranya:

1. Mencairkan di kulkas

Meskipun cara ini masih asing, tetapi mencairkan ayam di kulkas ternyata merupakan metode yang paling aman. Sebab, suhu kulkas dapat menjaga ayam tetap dingin selama proses pencairan, sehingga mencegahnya menjadi terlalu hangat dan  berisiko menyebabkan tumbuhnya bakteri. 

Nah, berikut cara mencairkannya:

  • Keluarkan ayam beku dari freezer setidaknya 24 jam sebelumnya.
  • Masukan ke dalam kantong atau wadah plastik ziplock.
  • Taruh di dalam kulkas di bagian tengah, dan biarkan esnya mencair.  

Sayangnya, kekurangan dari cara ini yaitu membutuhkan waktu yang lama. Ayam biasanya baru bisa mencair setelah satu hari penuh. Sementara itu, dada ayam atau ayam bertulang mungkin membutuhkan waktu lebih lama lagi yaitu satu hingga dua hari. Ketahui juga cara mengolah ayam yang sehat di sini, “Resep Sehat: Aneka Olahan Ayam untuk Asupan Protein Harian.”

2. Merendam dengan air

Untuk mencairkan ayam beku lebih cepat, kamu bisa gunakan cara ini. Kira-kira membutuhkan waktu 2-3 jam sampai ayam siap dimasak. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut:

  • Pastikan ayam berada dalam kemasan kedap udara atau masukan ke dalam kantong ziplock anti bocor.
  • Taruh dalam mangkuk atau baskom yang cukup besar, agar ayam dapat terendam sepenuhnya.
  • Tuangkan air biasa untuk merendam ayam.
  • Ganti air setiap 30 menit untuk memastikan ayam tetap dingin.
  • Setelah esnya mencari, ayam siap dimasak.

Hal yang perlu diingat, jangan pernah menggunakan air panas atau hangat untuk mencairkan ayam. Walaupun ayam jadi lebih cepat mencair, tetapi suhu tinggi dapat memungkinkan bakteri untuk berkembang biak.

3. Menggunakan microwave

Banyak microwave yang kini sudah dilengkapi dengan fitur pencairan daging. Kamu bisa menggunakan buku panduan untuk mengetahui caranya. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika menggunakan cara ini:

  • Letakkan ayam beku dalam wadah tahan panas.
  • Masak ayam segera setelah dicairkan, agar bakteri tidak berkembang biak dan mati.
  • Cairkan hanya beberapa potong ayam beku sesuai dengan yang kamu butuhkan.
  • Bersihkan microwave secara menyeluruh setelah selesai mencairkan ayam.  

Itulah beberapa cara mencairkan ayam beku yang aman dan tepat. Intinya, dalam mencairkan ayam beku pastikan suhu ayam tidak terlalu hangat supaya bakteri tidak berkembang. 

Nah, kalau kamu mau tahu tips lainnya, kamu bisa baca artikel Halodoc yang lain, atau tanyakan langsung dengan dokter terpercaya lewat Halodoc. Yuk download aplikasinya sekarang.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Defrost Chicken the Safe Way.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to defrost chicken.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan