Begini Cara Aman Menggunakan Desonide Agar Terhindar dari Efek Samping

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juni 2023

“Desonide adalah obat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Namun, obat ini perlu digunakan sesuai anjuran dokter untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan agar terhindar dari efek samping.”

Begini Cara Aman Menggunakan Desonide Agar Terhindar dari Efek SampingBegini Cara Aman Menggunakan Desonide Agar Terhindar dari Efek Samping

Halodoc, Jakarta – Desonide adalah obat yang biasa dokter resepkan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Obat ini termasuk dalam golongan kortikosteroid topikal yang bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan meredakan gejala seperti gatal dan kemerahan. 

Namun, sama seperti obat lain pada umumnya, desonide juga bisa menimbulkan efek samping. Karena itu, penting untuk mengetahui cara aman menggunakannya agar risiko efek samping bisa kamu kurangi seminimal mungkin.

Tips Menggunakan Desonide yang Aman

Obat golongan kortikosteroid, seperti desonide, harus kamu gunakan sesuai anjuran dokter. Bila kamu gunakan sembarangan atau terlalu lama, obat tersebut bisa menyebabkan efek samping. 

Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan desonide, yaitu:

  • Kulit memerah.
  • Kulit menjadi kering.
  • Rasa gatal pada kulit.
  • Rasa menyengat atau terbakar pada kulit.
  • Pengelupasan kulit.

Karena itu, berikut tips aman menggunakan desonide yang perlu kamu perhatikan:

1. Ikuti dosis dan lama penggunaan

Bila ingin menggunakan desonide, penting mematuhi dosis dan durasi pengobatan dari dokter. Mengaplikasikannya terlalu banyak atau lebih lama bisa meningkatkan risiko efek samping.

Tanyakan pada dokter bila ada yang tidak kamu pahami mengenai cara menggunakannya. 

2. Bersihkan dan keringkan area yang ingin dirawat

Sebelum menggunakan krim kortikosteroid tersebut, pastikan kamu membersihkan area yang ingin kamu rawat dengan menggunakan sabun atau pembersih ringan. Kemudian, keringkan dengan menggunakan handuk secara lembut dengan cara menepuk-nepuknya.

Pastikan area tersebut sudah benar-benar kering, karena kelembapan bisa mengganggu penyerapan obat.

3. Oleskan secara tipis

Untuk mencegah penggunaan berlebih dan potensi efek samping, aplikasikan desonide dalam lapisan tipis ke area yang terkena. Gosokkan dengan lembut ke kulit sampai terserap sepenuhnya.

Hindari menggunakannya dalam jumlah yang lebih banyak dari yang direkomendasikan, karena tidak akan meningkatkan efektivitas obat.

4. Hindari menggunakannya di area sensitif

Area tubuh tertentu, seperti wajah, selangkangan, atau ketiak, lebih rentan menyerap obat dan mungkin lebih sensitif terhadap efeknya. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan desonide di area tersebut dan hubungi dokter untuk meminta panduan penggunaan yang benar.

5. Jangan menghentikan pengobatan secara tiba-tiba

Hindari menghentikan pengobatan desonide secara tiba-tiba, karena bisa menyebabkan efek rebound di mana kondisinya bisa memburuk untuk sementara. Bila kamu ingin menghentikan pengobatan tersebut, bicarakanlah pada dokter untuk mendapatkan panduan mengenai pengurangan obat secara bertahap.

6. Waspadai efek samping

Saat menggunakan desonide, penting untuk memantau kondisi kulit kamu untuk mewaspadai kemungkinan efek samping. Bila kamu mengalami ruam kemerahan yang tidak kunjung hilang, gatal, terbakar, atau reaksi tidak biasa lainnya, segera hubungi dokter kulit melalui aplikasi Halodoc.

7. Jangan menggunakannya terlalu lama

Desonide tidak boleh kamu gunakan untuk jangka panjang. Sebaiknya periksakan diri ke dokter bila masalah kulit kamu tidak membaik setelah 2 minggu menggunakan obat kortikosteroid tersebut.

Pasalnya, menggunakan desonide dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko kamu mengalami masalah kelenjar adrenal. Risiko tersebut lebih besar pada anak-anak dan pasien yang menggunakan secara berlebihan untuk waktu yang lama.

Selain dengan menggunakan obat-obatan, Begini Tips Simpel untuk Mengatasi Gejala Dermatitis Kontak yang juga bisa kamu coba.

Peringatan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Obat

Selain itu, ada beberapa hal yang juga perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan desonide:

  • Jangan menggunakan obat ini bila kamu memiliki alergi terhadap obat kortikosteroid.
  • Hindari menggunakan desonide pada luka terbuka, kulit pecah, atau infeksi kulit.
  • Bicarakan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan desonide pada anak-anak.
  • Ibu hamil atau sedang berencana untuk hamil atau sedang menyusui juga perlu berbicara pada dokter sebelum menggunakan desonide.
  • Beri tahu dokter bila kamu pernah atau sedang mengidap diabetes, gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan sirkulasi darah, hiperglikemia, sindrom Cushing, sebelum menggunakan obat kortikosteroid ini.

Itulah cara aman menggunakan desonide agar terhindar dari efek samping. Jangan lupa donwload aplikasi Halodoc untuk memenuhi kebutuhan kesehatanmu ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Desonide, Topical Cream.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Desonide (Topical Application Route).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan