Beberapa Manfaat Tak Terduga dari Jambu Bol untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 November 2022

“Selain karena rasanya yang enak, jambu bol ternyata juga banyak digunakan sebagai penunjang kesehatan. Kamu dapat mengonsumsi jambu bol secara rutin untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.”

Beberapa Manfaat Tak Terduga dari Jambu Bol untuk KesehatanBeberapa Manfaat Tak Terduga dari Jambu Bol untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Jambu bol adalah jenis jambu berkulit merah yang memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan padat jika dibandingkan dengan jenis jambu lainnya. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara tepatnya di hutan hujan dataran rendah di Semenanjung Malaysia, Jawa, dan Sumatra. Manfaat jambu bol dapat diperoleh dengan mengonsumsi langsung, diolah menjadi rujak, atau digunakan sebagai saus salad dan selai.

Selain karena rasanya yang enak, buah ini banyak digunakan sebagai penunjang kesehatan. Buah ini mengandung banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh. Kamu dapat mengonsumsi jenis jambu ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Manfaat Jambu Bol untuk Kesehatan

Jenis jambu ini mengandung beberapa kandungan baik, seperti: 

  • Energi sebesar 56 kilokalori.
  • Protein 0,6 gram.
  • Karbohidrat 14,2 gram.
  • Lemak 0,3 gram.
  • Kalsium 29 miligram.
  • Fosfor 16 miligram.
  • Zat besi 1 miligram. 
  • Vitamin A sebanyak 130 IU.
  • Vitamin B1 0,02 miligram.
  • Vitamin C 22 miligram. 

Karena kandungannya, jambu ini dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa kegunaan jenis jambu ini untuk kesehatan:

1. Mencegah Diabetes

Jambu bol dipercaya dapat membantu mencegah diabetes. Buah ini berfungsi sebagai pengganti gula biasa yang sering dikonsumsi. Kandungan gula dalam buah ini cenderung rendah namun tetap dapat memenuhi kebutuhan gula tubuh. Oleh karena itu kadar gula darah bisa lebih terkontrol dengan mengonsumsi jenis jambu ini.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pengidap gangguan pencernaan kebanyakan terjadi karena kekurangan serat dalam tubuh. Bagi pengidap yang sering kesulitan buang air besar, kemungkinan besar mereka kekurangan kandungan serat. Jambu ini memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan karena buah ini banyak mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.

3. Mengobati Sariawan

Pengobatan sariawan dapat dilakukan dengan mengonsumsi jambu bol. Karena jambu ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Dengan kata lain, jambu ini bisa kamu konsumsi jika sedang mengalami sariawan. Jambu ini dapat menyembuhkan sariawan dan mencegah infeksi pada mulut.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mungkin terkadang kamu merasa daya tahan tubuh sedang menurun sehingga sering terkena penyakit. Tidak perlu khawatir tentang hal itu. Jambu bol terdiri dari 22 miligram vitamin C per 100 gram yang dapat membuat sistem kekebalan lebih kuat dan memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Kandungan vitamin dalam jambu ini dapat membantu untuk menyingkirkan berbagai penyakit yang akan menyerang kesehatan tubuh.

5. Mengatasi Disentri

Buah ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi disentri. Penyakit ini merupakan penyakit menular sehingga perlu ditangani secepatnya agar tidak menyebar dengan cepat. Mengonsumsi jambu ini dapat menurunkan risiko tertular disentri dan juga menyembuhkan penyakit disentri.

6. Memperkuat Tulang

Zat besi dalam buah ini dapat membantu tulang menjadi lebih kuat. Jenis jambu ini cukup bermanfaat untuk mencegah osteoporosis atau masalah tulang lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Jumlah Vitamin A dan C yang cukup dapat diperoleh dari buah ini. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan kulit akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh pola makan yang buruk, stres, dan polusi. Buah ini juga dapat mengurangi kekeringan pada kulit penyebab kerutan.

Itulah pembahasan seputar manfaat jambu bol untuk kesehatan. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc melalui Play Store maupun App Store. 

Referensi: 
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. Health Benefits of Malay Apple.
Health Benefits Times. Diakses pada 2022. Health Benefits of Malay Apple.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan