Baru Putus? Supaya Tak Sedih Ketahui Jurus Jitunya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Maret 2022

“Berakhirnya hubungan dengan pasangan tentu menimbulkan rasa sedih. Namun, rasa sedih ini jangan dibiarkan sampai berlarut-larut, apalagi sampai memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Ketahui tips berikut ini untuk mengatasi rasa sedih akibat putus cinta.”

Baru Putus? Supaya Tak Sedih Ketahui Jurus JitunyaBaru Putus? Supaya Tak Sedih Ketahui Jurus Jitunya

Halodoc, Jakarta – Putus cinta tidak pernah mudah, meskipun kamu yang mengakhiri hubungan tersebut. Hampir sebagian besar orang yang mengalami putus cinta pasti merasakan sedih atau bersalah. Rasa sedih inilah yang dapat membuat seseorang menangis terus menerus, mengurung diri, tidak berselera makan, dan lain-lain. 

Sebenarnya, sedih setelah putus cinta adalah hal yang wajar. Namun, sebaiknya jangan berlarut-larut apalagi sampai memengaruhi kesehatan fisik maupun  kesehatan mental. Kalau kamu termasuk orang yang sedang mencari jalan keluar dari rasa sedihmu, ketahui trik jitu di bawah ini!

Jurus Jitu Atasi Sedih Akibat Putus Cinta

Pastinya, tidak ada cara yang instan untuk menghilangkan sedih setelah putus cinta. Butuh proses dan waktu yang cukup lama untuk mengobati luka yang kamu alami. Nah, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa kamu coba untuk mengurangi rasa sedih setelah putus cinta:

1. Jangan menyangkal perasaan 

Tak perlu berpura-pura tegar atau membohongi diri untuk menutupi rasa sedih. Memendam kesedihan hanya akan membuat hatimu tertekan. Jadi, ungkapkan semua perasaan sedihmu dan menangislah sepuasnya untuk meluapkan kesedihan. Dengan cara ini, dijamin perasan kamu akan sedikit lebih lega. 

Setelah hubungan kamu berakhir, wajar jika perasaan kamu masih pasang surut dan emosi yang bertentangan. Kamu mungkin juga merasa marah, lega, takut dan kebingungan. Akui saja perasaan yang sedang kamu rasakan dan jangan berusaha menyangkalnya. Meskipun emosi ini sering kali menyakitkan, tapi mengabaikannya hanya akan memperpanjang proses berduka.

2. Belajar memaafkan dan mengikhlaskan

Jangan sampai peristiwa putus cinta membuat kamu trauma menjalin hubungan. Tetaplah berpikiran positif bahwa masih ada orang lain di luar sana yang jauh lebih baik dari. Percaya atau tidak, saat kamu belajar memaafkan dan mengikhlaskan dapat membantu kamu untuk move on lebih cepat dan menjalani hidup dengan nyaman.

3. Beri waktu untuk sembuh

Pernah dengar ungkapan bahwa waktu akan menyembuhkan luka? Jadi, berilah hatimu waktu untuk bisa benar-benar pulih. Tidak perlu terburu-buru bangkit, tapi juga jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Tetaplah lakukan kegiatan yang biasanya kamu lakukan sehari-hari dan jangan mengisolasi diri dari kehidupan sosial.

4. Lakukan hal menyenangkan

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kesedihan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang kamu sukai, seperti menonton film di bioskop, melakukan hobi, mendengarkan musik, makan makanan favorit, dan traveling. Berolahraga juga bisa jadi pilihan kegiatan yang tepat untuk dilakukan saat sedang patah hati. Olahraga bahkan terbukti membantu mengurangi beban pikiran seseorang.

5. Habiskan waktu dengan teman

Ketika sedang putus cinta, kehadiran dan dukungan dari orang terdekat dapat membantumu bangkit dari kesedihan. Ceritakan perasaanmu kepada orang yang paling kamu percaya dan biarkan mereka menghiburmu. Ajak juga teman-teman untuk melakukan hal-hal yang positif dan menyenangkan bersama-sama.

6. Hindari apa pun yang berkaitan dengan dirinya

Singkirkan foto-foto kamu dengan dirinya yang dan simpan juga semua barang-barang pemberian darinya di dalam kotak penyimpanan. Hindari mengunjungi tempat-tempat yang biasa kamu kunjungi bersama mantan terlebih dahulu dan stop mendengarkan lagu-lagu yang dapat mengingatkan kamu dengan mantan kekasih. Walaupun kadang-kadang timbul godaan untuk melakukannya, tapi berusahalah untuk tidak stalking sosial media mantan, karena hal itu hanya akan membuatmu sulit melupakannya.

7. Ingatkan diri bahwa kamu masih punya masa depan

Saat kamu masih berkomitmen dengan dirinya, kamu dan dia pasti punya banyak harapan dan impian untuk hidup bersama. Setelah putus cinta, mungkin akan terasa sulit untuk mengubur harapan-harapan tersebut. 

Kamu mungkin merasa masa depan telah pupus dan berduka karena kehilangan masa depan yang sudah kamu bayangkan. Namun, cobalah ubah pandangan ini. Berakhirnya hubungan bukan berarti masa depanmu kandas. Justru, banyak peluang-peluang lain yang bisa kamu capai.

8. Waspada dengan depresi

Setelah putus cinta, kesedihan bisa melumpuhkan seseorang. Namun, kesedihan ini akan pudar seiring berjalannya waktu. Namun, jika kamu tidak merasakan adanya perubahan, kamu perlu waspada dengan tanda-tanda depresi. 

Selain itu, kamu juga bisa baca artikel ini yang mungkin bisa membantu: Ini Tips Move On setelah Putus Cinta dari Para Psikolog.

Apabila tips di atas tidak membantu atau kamu merasakan tanda-tanda depresi, jangan ragu untuk bicara dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2022. Dealing with a Breakup or Divorce.
Prevention. Diakses pada 2022. 6 Best Ways to Deal with a Breakup, According to Psychologists.
Healthline. Diakses pada 2022. Breaking Up Is Hard to Do: These 9 Tips Can Help.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan