Bantu Jaga Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Kacang Kenari

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Agustus 2024

“Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi kacang kenari. Contohnya menyehatkan jantung dan otak, menurunkan dan menjaga berat badan, mengurangi risiko kanker prostat, serta mengatasi peradangan.”

Bantu Jaga Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Kacang KenariBantu Jaga Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Kacang Kenari

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Kacang kenari bisa menjadi camilan bergizi dan bahan tambahan yang lezat untuk berbagai macam resep, mulai dari hidangan asin hingga manis.

Meski orang seringkali mengenalnya sebagai buah, kenari sebenarnya merupakan jenis kacang-kacangan. Inilah mengapa, banyak orang menyebutnya sebagai kacang kenari. 

Kacang ini memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang sangat baik. Ini adalah jenis lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan memberikan banyak manfaat. Yuk simak apa saja manfaat kacang kenari berikut ini!

Kandungan Nutrisi Kacang Kenari

Mengutip Healthline, kacang kenari memiliki 65 persen lemak dan sekitar 15 persen protein. Kacang ini rendah karbohidrat, justru sebagian besar nutrisinya terdiri dari serat. 

Satu porsi kacang kenari (30 gram) atau sekitar 14 butir, memiliki nutrisi berikut:

  • Kalori: 185
  • Air: 4 persen.
  • Protein: 4,3 gram.
  • Karbohidrat: 3,9 gram.
  • Gula: 0,7 gram.
  • Serat: 1,9 gram.
  • Lemak: 18,5 gram.

Lantas, bagaimana dengan kandungan kalori dalam kacang ini?

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, sebagian besar kalori dalam kacang ini berasal dari lemak. Hal ini menjadikannya makanan yang padat energi dan berkalori tinggi.

Namun, meskipun kacang ini kaya akan lemak dan kalori, penelitian pada jurnal Nutrient pada tahun 2018 menunjukkan bahwa, kacang kenari tidak meningkatkan risiko obesitas. Selama kamu tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. 

Selain itu, kacang ini juga mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti:

  • Tembaga.
  • Asam folat.
  • Fosfor.
  • Vitamin B6.
  • Vitamin E.

Manfaat Kacang Kenari

Mengkonsumsi kacang kenari sebagai bagian dari pola makan sehat dapat memberikan berbagai manfaat, seperti:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

Kacang ini memiliki kandungan lemak sehat yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan memerangi kolesterol jahat (LDL). Selain itu ada juga asam alfa-linolenat omega-3 nabati, yang dapat mensintesis asam lemak omega-3 rantai panjang, DHA dan EPA.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, risiko penyakit koroner 37% lebih rendah pada mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan lebih dari empat kali dalam seminggu, dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi kacang-kacangan. 

Selain itu, penelitian yang dilakukan di tahun 2013 menunjukkan hasil bahwa, minyak kenari bermanfaat untuk meningkatkan proses eliminasi kolesterol jahat atau LDL. 

Selain kacang kenari, ada 6 Makanan yang Kaya Kandungan Asam Lemak Omega-3.

2. Membantu menurunkan dan menjaga berat badan sehat

Konsumsi kacang, secara umum terkait dengan pengelolaan berat badan yang lebih baik dan penurunan lemak tubuh. 

Kacang merupakan sumber protein dan serat yang baik, yang mampu membuat tubuh kenyang lebih lama. Ini yang kemudian menjadikan kacang-kacangan, sebagai pilihan makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. 

Makanan kaya serat juga dapat membantu menyediakan aliran glukosa yang stabil bagi tubuh, sehingga mampu mencegah lonjakan gula darah yang besar. 

Tapi meski memiliki banyak manfaat, kamu juga tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, apapun jenis makanannya, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan penambahan berat badan. 

3. Meningkatkan kesehatan otak

Sebuah studi pada 2014 di Journal of Nutrition menunjukkan bahwa, konsumsi kacang kenari dapat memberikan efek menguntungkan dalam menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia. 

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa, pencegahan penyakit neurodegeneratif dapat kamu capai lebih awal, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan dan fitokimia antiinflamasi, seperti kacang kenari. 

Di dalamnya mengandung total kandungan fenolik dan flavonoid tertinggi dari kacang-kacangan lain. Selain itu, kacang kenari juga memiliki kandungan antioksidan tertinggi, dari jenis makanan lainnya. 

Penulis studi menyimpulkan bahwa, mengonsumsi kacang kenari (bersama dengan makanan antioksidan lainnya) adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi risiko penurunan kognitif terkait usia.

Selain kacang kenari, ada 6 Jenis Makanan yang dapat Membantu Tingkatkan Kesehatan Otak.

4. Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat lainnya dari kacang kenari adalah menurunkan risiko kanker prostat. Ini karena, dalam kacang kenari terkandung tokoferol yang tinggi. 

Namun meski demikian, masih butuh penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan manfaat yang satu ini. 

5. Mengurangi peradangan

Kandungan senyawa dalam kacang kenari dapat melawan peradangan. Itulah sebabnya kacang-kacangan ini dikenal memiliki efek antiinflamasi. Namun, bukti klinis mengenai hal ini masih terbatas. 

Demikian pembahasan mengenai manfaat kacang kenari bagi kesehatan tubuh. Sudah saatnya kamu mulai mengonsumsi kacang kenari agar mendapatkan manfaat kesehatan dari makanan sehat ini.

Selain konsumsi makanan sehat, kamu bisa lengkapi dengan vitamin atau produk kesehatan lainnya yang keluarga butuhkan. Temukan produk lengkapnya hanya di Toko Kesehatan Halodoc.

Sebelum mengonsumsi obat dan suplemen, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, untuk menentukan dosis penggunaan yang tepat sesuai kondisimu. 

Referensi:
Journal of Nutrition. Diakses pada 2024. Role of Walnuts in Maintaining Brain Health with Age.
Healthline. Diakses pada 2024. 13 Proven Health Benefits of Walnuts.
Very Well Fit. Diakses pada 2024. Walnut Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2024. Walnuts 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan