Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Oktober 2023

“Salah satu bahan alami yang diyakini dapat menghilangkan jerawat adalah bawang putih. Sebab, bahan ini mengandung senyawa antibakteri dan antiinflamasi.”

Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Halodoc, Jakarta – Bawang putih adalah salah satu bahan penyedap yang hampir selalu ada dalam setiap resep masakan. Selain rasanya yang enak, apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat? 

Banyak yang percaya bahwa bawang putih bisa menyembuhkan jerawat karena senyawa antibakteri yang terkandung di dalamnya. Namun, benarkah hal ini? Yuk, cek penjelasannya! 

Penjelasan Terkait Efektivitas Bawang Putih dalam Menghilangkan Jerawat

Sebelum mengetahui apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat, penting untuk memahami apa itu jerawat terlebih dahulu.

Menurut dr. Astrid Teresa, Sp.KK. dalam kanal Youtube Halodoc, jerawat atau acne vulgaris adalah penyakit peradangan yang diakibatkan oleh kelenjar namanya pilosebasea.

Lebih jelasnya, kamu bisa simak dalam video berikut ini:

Bawang putih telah lama terkenal sebagai bahan alami yang kaya antioksidan, yang berperan penting dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh. Tak heran jika banyak yang berpendapat bahwa bawang putih juga bisa efektif menghilangkan jerawat.

Bawang putih mengandung sifat-sifat penting yang dapat membantu menyembuhkan jerawat, seperti antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Jadi, apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat? Jawabannya, iya.

Efektivitas bawang putih untuk jerawat telah dipelajari oleh para peneliti. Salah satunya yang diterbitkan di Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research pada 2017 silam.

Penelitian yang melibatkan 20 peserta ini telah menguji efek bawang putih pada kulit.

Peserta mengoleskan gel yang mengandung bawang putih mentah dengan konsentrasi 3,5% atau 7,5% ke punggung tangan selama 60 menit. 

Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar peserta tidak mengalami iritasi atau ruam kulit. Bahkan, gel bawang putih juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, uji coba di laboratorium menemukan bahwa gel bawang putih memiliki sifat antibakteri, yang setara dengan antibiotik klindamisin dalam melawan bakteri penyebab jerawat, C.acnes

Temuan ini menjanjikan sebagai langkah potensial dalam perawatan jerawat. Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efeknya akan sama pada kulit wajah orang yang berjerawat.

Selain bawang putih, ada bahan alami lainnya yang juga bisa mengempeskan jerawat. Cek selengkapnya dalam artikel: 5 Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami

Sementara itu, jika kamu ingin mencoba penggunaan bawang putih untuk jerawat, berikut hal yang perlu kamu perhatikan: 

1. Langkah penggunaan

Bawang putih mengandung senyawa antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu kulit melawan jerawat. Namun, penggunaannya dalam mengatasi jerawat tidak boleh sembarangan. 

Sebaiknya kamu memilih bawang putih segar dan mentah, agar mendapatkan manfaat optimal. Bukan yang berbentuk bubuk, yang dikeringkan, atau yang sudah diekstrak dan dicampur bahan lainnya. 

Untuk menggunakannya, kamu perlu memotong atau menghaluskan bawang putih. Karena jika hanya kamu tempelkan saja di kulit tanpa memotong atau menghaluskannya, kamu tidak bisa mendapat manfaatnya. 

Saat bawang putih kamu potong atau haluskan, ada senyawa bernama allicin yang akan keluar. Senyawa ini yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi.

Tak hanya untuk jerawat, bawang putih mentah juga memiliki banyak khasiat lainnya. Simak informasinya dalam artikel: Catat, Ini 10 Manfaat Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

2. Bawang putih tidak bebas risiko 

Meskipun bawang putih memiliki potensi untuk mengatasi jerawat, perlu kamu ingat bahwa tidak semua jenis kulit cocok dengan penggunaan bawang putih. Risiko iritasi kulit dan reaksi alergi harus tetap kamu dan anggota keluargamu waspadai.

Untuk mengantisipasi hal ini, penting untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan bawang putih secara langsung pada wajah. Tindakan ini membantu menghindari kemungkinan reaksi yang tidak kamu inginkan.

Caranya, oleskan sedikit cairan atau ekstrak bawang putih di bagian belakang telinga atau punggung tangan. Lalu, amati apakah ada reaksi yang tidak semestinya dalam 24 atau 48 jam. 

Jika ada reaksi alergi atau ketidaknyamanan, sebaiknya jangan gunakan bawang putih, karena berarti kamu memiliki hipersensitivitas terhadap zat di dalamnya. 

Itulah pembahasan mengenai apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat. Meski terbukti manfaatnya, penggunaan bawang dalam mengatasi jerawat harus bijaksana dan kamu sesuaikan dengan sensitivitas kulit kamu. 

Hubungi dokter spesialis kulit sebelum mencoba pengobatan jerawat dengan bawang putih untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Supaya lebih praktis, kamu atau anggota keluargamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter spesialis kulit tepercaya. Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter sekarang:

chat dengan dokter spesialis kulit di halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 6 Surprising Ways Garlic Boosts Your Health.  
Asian Journal Of Pharmaceutical And Clinical Research. Diakses pada 2023. Development And Evaluation Of Anti-Acne Gel Containing Garlic (Allium Sativum) Against Propionibacterium Acnes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan