Apa Saja Kandungan yang Terdapat dalam Habbatussauda?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Juni 2021
Apa Saja Kandungan yang Terdapat dalam Habbatussauda?Apa Saja Kandungan yang Terdapat dalam Habbatussauda?

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar mengenai tanaman herbal habbatussauda? Tanaman herbal yang dikenal juga sebagai jintan hitam atau black seed ini merupakan jenis biji-bijian yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Mulai Dilirik untuk Pengobatan, Apakah Herbal Aman?

Lalu, apa saja kandungan yang terdapat dalam habbatussauda ini? Nah, tidak ada salahnya, simak lebih banyak mengenai kandungan yang terdapat dalam tanaman herbal ini dan manfaatnya bagi kesehatan, di sini!

Kandungan Habbatussauda

Tanaman herbal merupakan salah satu komposisi dari pengobatan herbal yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, masyarakat tentunya sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis tanaman herbal. Salah satunya adalah jintan hitam atau yang lebih dikenal sebagai habbatussauda.

Habbatussauda sendiri dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, sebelum kamu menggunakan habbatussauda untuk mengatasi penyakit yang dipercaya bisa diatasi dengan tanaman herbal ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui kandungan dan juga nutrisi yang terdapat dalam habbatussauda.

Berikut ini kandungan yang dimiliki oleh habbatussauda:

  1. Kalori;
  2. Protein;
  3. Lemak;
  4. Karbohidrat;
  5. Serat.

Tidak hanya itu, habbatussauda juga dinilai menjadi sumber beberapa nutrisi, seperti kalsium, zat besi, zinc, tembaga, tiamin, niacin, fosfor, dan juga asam folat. Habbatussauda juga memiliki kandungan senyawa aktif yang dikenal sebagai thymoquinone yang berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan sifat terapeutik lainnya yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan

Dalam pengobatan tradisional, habbatussauda dipercaya dapat merangsang produksi ASI dan juga meningkatkan sistem imun tubuh. Lalu, adakah manfaat lain dari habbatussauda? Berikut ini manfaat habbatussauda bagi kesehatan:

1.Memberikan Efek Anti Peradangan

Habbatussauda telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan juga melemaskan otot yang kaku. Kondisi ini dapat membantu meringankan gejala yang dialami oleh pengidap asma. Bahkan, habbatussauda dinilai mampu menurunkan risiko peradangan saraf dan jaringan otak yang dapat berisiko menimbulkan penyakit alzheimer dan parkinson.

2.Mengatasi Gangguan Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan

Habbatussauda nyatanya dapat berbentuk dalam minyak yang dikenal sebagai minyak habbatussauda. Jika kamu mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan minyak habbatussauda, kondisi ini dinilai mampu membantu kamu dalam mengatasi gangguan metabolisme dan menurunkan berat badan.

3.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Habbatussauda juga dinilai mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Namun, tanaman herbal habbatussauda masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit terdekat, sebelum kamu menggunakan tanaman herbal ini untuk meringankan gejala dari keluhan kesehatan yang kamu alami.

Ketahui Dampak dari Penggunaan Habbatussauda

Umumnya, habbatussauda aman untuk digunakan dalam jumlah kecil dan waktu yang tidak terlalu panjang. Perlu diketahui, habbatussauda dapat menyebabkan ruam alergi bagi beberapa orang. Untuk itu, selalu waspada dan berhati-hati saat akan menggunakan tanaman herbal ini.

Selain itu, bagi wanita hamil sebaiknya hindari mengonsumsi habbatussauda dalam jumlah yang banyak. Tanaman herbal ini nyatanya dapat memicu kontraksi pada ibu hamil. Sebaiknya selalu berhati-hati dan waspada terhadap makanan maupun suplemen yang dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Mencegah Corona

Habbatussauda dinilai mampu menurunkan tekanan darah. Untuk itu, sebaiknya bagi kamu pengidap tekanan darah rendah hindari mengonsumsi tanaman herbal ini. Bagi beberapa orang, mengonsumsi habbatussauda juga dapat meningkatkan risiko mual dan kembung.

Jadi, jangan ragu untuk selalu bertanya pada dokter sebelum mengonsumsi habbatussauda. Kamu bisa download Halodoc dan cari informasi lebih banyak mengenai penggunaan habbatussauda bagi kesehatan pada dokter terbaik!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Black Seed.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2021. Black Seed: Are There Health Benefits?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan