Anjing Menggonggong Secara Berlebihan, Pertanda Apa?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 November 2021
Anjing Menggonggong Secara Berlebihan, Pertanda Apa?Anjing Menggonggong Secara Berlebihan, Pertanda Apa?

“Apakah kamu merasa terganggu akibat anjing menggonggong berlebihan? Kondisi ini memang tidak bisa dibiarkan, karena ini juga bisa mengganggu tetangga dan lingkungan di sekitar rumahmu. Ada beberapa hal yang dicurigai menjadi penyebabnya sehingga kamu harus mengatasinya agar kebiasaan menggonggongnya berkurang.”

Halodoc, Jakarta – Tidak mungkin rasanya kamu berharap agar anjing tidak menggonggong. Ini sama saja seperti meminta anak usia lima tahun untuk diam dan tenang. Namun terkadang, anjing menggonggong secara berlebihan bisa sangat mengganggu. Tak hanya mengganggu kamu sebagai pemiliknya, tetapi ini juga bisa mengganggu tetangga yang sedang ingin beristirahat. 

Jika anjing menggonggong berlebihan telah menjadi masalah yang cukup serius di rumah, langkah pertama adalah mencari tahu apa yang menyebabkan anjing menggonggong berlebihan. Setelah kamu tahu mengapa mereka menggonggong, kamu kemudian bisa  mulai menangani masalah gonggongan mereka.

Alasan Anjing Menggonggong Berlebihan

Menggonggong adalah salah satu jenis komunikasi vokal yang digunakan anjing, dan itu bisa berarti berbeda tergantung pada situasinya. Mungkin ada beberapa alasan mengapa anjing terlalu banyak menggonggong seperti hal-hal berikut ini: 

  1. Masalah Kesehatan

Beberapa anjing menggonggong berlebihan karena mereka kesakitan atau memiliki masalah kesehatan lainnya. Periksa dan lihat apakah anjing memiliki benjolan atau luka, dan bisa saja ia menggonggong jika area itu disentuh.

Kamu pun harus memeriksakan anjing ke klinik hewan karena beberapa anjing pandai menyembunyikan gejala rasa sakit, bahkan saat kamu menyentuhnya. Selain itu, beberapa sumber sakitnya sulit didiagnosis karena terjadi di area seperti telinga atau mulutnya.

  1. Penuaan

Seiring bertambahnya usia anjing, cukup umum bagi mereka untuk mulai menggonggong lebih sering. Beberapa anjing yang menua dapat mulai menggonggong secara berlebihan; beberapa mungkin menggonggong selama berjam-jam, sebab mereka sama sekali tidak menyadari apa yang mereka lakukan.

Selain disfungsi kognitif yang mirip dengan penyakit Alzheimer, anjing yang menua dapat memiliki gangguan penglihatan, tuli, atau nyeri dan nyeri tubuh yang dapat menyebabkan anjing menggonggong berlebihan.

  1. Takut

Jika anjing ketakutan, mereka mungkin menyuarakan kekhawatiran ini melalui gonggongan. Ini bisa terjadi di rumah atau di luar rumah dan mengacu pada apa pun yang membuat anjing merasa takut. Bisa jadi seseorang, suara keras seperti kembang api atau situasi aneh. 

  1. Teritorialitas

Anjing bisa menjadi teritorial jika orang atau anjing baru datang ke apa yang mereka anggap sebagai wilayah mereka. Mereka merasa memiliki wilayah mereka dan ingin melindunginya. Wilayah anjing dapat berkisar dari rumah mereka, halaman mereka, atau bahkan tempat tidur mereka. Jika anjing hanya menggonggong pada situasi ini, ini kemungkinan penyebabnya.

5. Kesepian

Anjing secara alami adalah hewan yang berkelompok, artinya mereka lebih suka ditemani orang lain. Jika mereka sendirian untuk waktu yang lama, mereka mungkin menggonggong sebagai tanda ketidakbahagiaan. Seekor anjing mungkin juga merindukan kebersamaan dengan manusia dan bukan hanya ditemani oleh anjing lain. Anjing yang bosan atau yang tidak mendapatkan stimulasi yang cukup (baik mental maupun fisik), juga dapat menggonggong secara berlebihan.

6. Memberi Salam atau Mencari Perhatian

Bentuk sapaan anjing biasanya merupakan gonggongan yang terasa ramah. Namun saat anjing menggonggong berlebihan, ini dapat menandakan anjing lapar, perlu keluar, atau hanya ingin perhatian.

7. Kecemasan akan Perpisahan

Anjing yang tidak suka ditinggal sendirian bisa mengidap kecemasan perpisahan atau separation anxiety. Selain gonggongan berulang, anjing dengan kondisi ini biasanya akan menunjukkan perilaku kompulsif lainnya seperti mengunyah atau menggaruk furnitur, dinding, dan pintu.

Cara Menghentikan Menggonggong Berlebihan

Cara terbaik untuk mencegah menggonggong adalah dengan mencoba dan menghilangkan sumber potensial dari perilaku tersebut. Kamu juga harus menghindari mendorong gonggongan secara tidak sengaja dan memberi anjing hal-hal yang lebih baik untuk dilakukan.

Untuk menjadi bagian dari masyarakat yang baik, anjing perlu tahu kapan harus menggonggong dan kapan harus diam. Bagian dari pekerjaan kamu sebagai pemilik anjing berarti mengajarkan hal ini pada anjing. Mulailah mengatasi masalah gonggongan sesegera mungkin. Semakin lama kamu menunda, maka akan semakin sulit untuk menghentikan perilaku tersebut.

Sebaiknya ajari anjing perintah bicara/diam, meskipun ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tujuan dari perintah ini adalah untuk mengajari anjing menggonggong saat diperintahkan dan diam saat diperintahkan juga.

Mungkin perlu waktu berminggu-minggu untuk beberapa anjing, jadi lanjutkan pelatihan atau bekerja dengan ahli untuk bantuan tambahan. Jika anjing telah dilatih dan terus menggonggong terlalu banyak pada waktu-waktu tertentu, kamu harus bekerja sama dengan dokter hewan untuk memahami penyebab perilaku ini.

Selain memeriksakan kondisinya pada dokter hewan, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan kesehatan anjing seperti makanannya. Kini kamu juga bisa cek kebutuhan anjing di Halodoc. Pesan kebutuhan hewan peliharaan pun jadi lebih mudah karena kamu jadi tak perlu lagi keluar rumah. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Fetch by WebMD. Diakses pada 2021. Why Dogs Bark and Curbing Excessive Barking.
Purina Australia. Diakses pada 2021. Dealing with Excessive Dog Barking.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Stop Your Dog From Barking Excessively.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan