Anak Mengidap Harlequin Ichthyosis? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Mei 2024

“Harlequin ichthyosis perlu mendapatkan perawatan yang tepat karena bisa sangat menghambat kualitas hidup seorang anak. Ibu bisa menghubungi dokter spesialis kulit di Halodoc terkait perawatan yang tepat.”

Anak Mengidap Harlequin Ichthyosis? Segera Hubungi Dokter IniAnak Mengidap Harlequin Ichthyosis? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Harlequin Ichthyosis

Halodoc, Jakarta – Harlequin ichthyosis adalah kelainan genetik serius yang memengaruhi kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi yang lahir prematur.

Gejalanya termasuk kulit yang menebal dan keras di seluruh tubuh. Karena kulit yang mengeras, bentuk kelopak mata, hidung, mulut, dan telinga dapat berubah, serta pergerakan lengan dan kaki menjadi terbatas.

Selain itu, pengerasan kulit juga membatasi pergerakan dada, sehingga menyebabkan bayi kesulitan bernapas.

Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Harlequin Ichthyosis

Harlequin ichthyosis perlu dirawat dengan baik karena kondisi ini sangat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup bayi yang mengalaminya. 

Kulit yang menebal dan keras dapat menyebabkan berbagai masalah serius, seperti infeksi karena kulit yang rusak lebih rentan dan kesulitan bernapas akibat pengerasan kulit di sekitar dada yang membatasi pergerakan.

Bayi juga mudah mengalami dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit karena gangguan pengaturan suhu tubuh. Selain itu, kulit yang keras juga dapat membatasi pergerakan lengan dan kaki, sehingga menghambat perkembangan motorik bayi.

Kondisi ini juga menyebabkan masalah nutrisi karena kesulitan makan akibat deformitas di sekitar mulut.

Jika Si Kecil mengalami kondisi ini dan ibu butuh saran perawatan yang tepat, hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc saja.

Mereka bisa memberikan solusi perawatan yang tepat sekaligus meresepkan obat jika dibutuhkan.

Ibu bisa menghubungi dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien di Halodoc.

Berikut daftar dokternya:

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Dokter Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 2013 dan Universitas Hasanuddin pada 2022.

Saat ini, dokter Dyah sedang menjalani praktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 10 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan harlequin ichthyosis.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Ibu juga bisa menghubungi Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2011 dan Universitas Udayana pada 2017. 

Ia kini berpraktik di Denpasar, Bali dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara merawat anak yang mengidap harlequin ichthyosis.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Ibu juga Perlu Waspadai Komplikasi Akibat Harlequin Ichthyosis berikut ini. 

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc penanganan harlequin ichthyosis pada anak.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Frieda Sp.D.V.E

Dokter kulit lain yang bisa ibu hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang perawatan harlequin ichthyosis.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Rekomendasi dokter lain yang bisa ibu hubungi yaitu, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara merawat kulit dengan harlequin ichthyosis.

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit yang bisa ibu hubungi untuk bertanya seputar pengobatan skabies.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2024. Harlequin ichthyosis.
WebMD. Diakses pada 2024. What Is Harlequin Ichthyosis?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan