Anak Mengalami Bullying? Ini Psikolog yang Bisa Bantu Penanganannya

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Juli 2024

“Bullying perlu segera ditindaklanjuti sebelum semakin merusak mental dan fisik anak. Orang tua bisa menghubungi psikolog di Halodoc terkait hal ini.”

Anak Mengalami Bullying? Ini Psikolog yang Bisa Bantu PenanganannyaAnak Mengalami Bullying? Ini Psikolog yang Bisa Bantu Penanganannya

DAFTAR ISI

  1. Apa Ciri-Ciri Anak Mengalami Bullying?
  2. Psikiater di Halodoc untuk Bantu Atasi Bullying Anak
    1. Devy Sekar Ayu Ningrum M.Psi, Psikolog
    2. Theresia Susanti S.Psi, M.Psi, Psikolog
    3. Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog
    4. Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog
    5. Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog

Halodoc, Jakarta – Bullying adalah tindakan menyakiti, mengintimidasi, atau memaksa seseorang yang dianggap lebih lemah secara berulang-ulang. Tindakan ini dapat berupa kekerasan fisik, pelecehan verbal, pengucilan sosial, atau pelecehan daring (cyberbullying). 

Tujuan dari bullying sering kali untuk menunjukkan kekuasaan atau mengendalikan korban. Akibatnya, tindakan ini menyebabkan penderitaan emosional, psikologis, atau fisik pada korbannya. 

Bullying dapat terjadi di berbagai lingkungan, seperti sekolah, tempat kerja, dan dunia maya, dan dapat memiliki dampak negatif jangka panjang bagi korban maupun pelaku.

Apa Ciri-Ciri Anak Mengalami Bullying?

Orang tua perlu lebih peka untuk mengidentifikasi anak yang mengalami bullying. Jangan sampai orang tua abai hingga kondisi mental dan fisik anak semakin memburuk.

Nah, berikut adalah beberapa ciri-ciri anak yang mungkin mengalami bullying:

  • Menjadi lebih tertutup, cemas, atau cenderung menghindari interaksi sosial.
  • Penurunan dalam prestasi akademis mereka tanpa alasan yang jelas.
  • Memiliki memar, luka, atau cedera fisik lainnya yang tidak mau dijelaskan atau mengelak ketika ditanya.
  • Barang-barang pribadi mereka seperti buku, peralatan sekolah, atau barang berharga lainnya mungkin hilang atau rusak tanpa alasan yang jelas.
  • Anak yang biasanya aktif dalam kegiatan tertentu tiba-tiba kehilangan minat atau menarik diri dari kegiatan tersebut.
  • Mengalami kesulitan tidur dan banyak makan atau tidak napsu makan dari biasanya akibat stres yang dialami.
  • Lebih mudah marah, sensitif, atau merasa sedih tanpa sebab yang jelas.
  • Mulai menghindari atau membatasi penggunaan media sosial.
  • Mencari alasan untuk tidak pergi ke sekolah atau menghindari aktivitas sosial di mana mereka mungkin berinteraksi dengan pelaku bullying.
  • Menunjukkan tanda-tanda kecemasan, depresi, atau merasa tidak berharga akibat pengalaman bullying yang mereka alami.

Penting untuk memperhatikan dan mendengarkan perubahan-perubahan seperti ini.

Dengan begitu, orang tua maupun pengasuh bisa segera membantu anak mengatasi masalah bullying dan proses pemulihan.

Selain itu, begini  Cara Ajarkan Anak Membela Diri saat Di-bully yang perlu orang tua ketahui. 

Psikiater di Halodoc untuk Bantu Atasi Bullying Anak

Apabila ayah dan ibu mendapati tanda-tanda bullying pada anak, jangan tunda untuk berkonsultasi dengan psikolog di Halodoc. 

Mereka bisa memberikan tips yang tepat terkait cara menghadapi anak yang mengalami bullying dan bagaimana cara memulihkan mental maupun fisiknya. 

Nah, berikut ini psikolog yang sudah memiliki pengalaman dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. Devy Sekar Ayu Ningrum M.Psi, Psikolog

Ibu dapat menghubungi Devy Sekar Ayu Ningrum M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani pada 2012 dan Universitas Kristen Maranatha pada 2018.

Saat ini, Devy Sekar Ayu Ningrum M.Psi, Psikolog menjalani praktik di Cimahi, Jawa Barat. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Berpengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, orang tua bisa berdiskusi bersama Devy Sekar Ayu Ningrum M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait anak yang mengalami bullying.

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar identitas seksual, gangguan kecemasan, trauma, pengasuhan dan anak, stres dan gangguan mood. 

Chat Devy Sekar Ayu Ningrum M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. Theresia Susanti S.Psi, M.Psi, Psikolog

Pilihan lainnya yaitu Theresia Susanti S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada pada 2008 dan 2013.

Ia kini berpraktik di Kediri, Jawa Timur dan juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Berpengalaman sebagai psikolog klinis selama 12 tahun, ibu bisa melakukan sesi konseling bersama Theresia Susanti S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc untuk tentang bagaimana cara menangani anak yang mengalami bullying.

Chat Theresia Susanti S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan psikolog. Sebab ini Dampak Perundungan di pada Anak yang perlu orang tua khawatirkan.

3. Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog

Psikolog lain yang bisa ibu hubungi adalah Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2014 dan Universitas Airlangga pada 2020.

Saat ini, Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog menjalani praktik di Semarang, Jawa Tengah. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Berpengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, orang tua bisa berdiskusi bersama Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait anak yang mengalami bullying.

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, pekerjaan dan karir, gangguan kecemasan, trauma, depresi, stres.

Chat Yolanda Candra Arintina M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog

Ibu juga bisa menghubungi Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog. Ia adalah alumnus Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang pada 2016 dan 2020.

Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog saat ini berpraktik di Cirebon, Jawa Barat. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis anak dan remaja selama 3 tahun, ibu bisa berdiskusi bersama Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait bullying pada anak.

Bukan itu saja, Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, gangguan mood, stres, pengasuhan dan anak, pengembangan diri serta gangguan kecemasan. 

Chat Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

5. Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog

Selanjutnya, ibu juga dapat menghubungi Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2016 dan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang pada 2022.

Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog kini berpraktik di Semarang, Jawa Tengah. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis anak dan remaja selama 2 tahun, kamu bisa berdiskusi bersama Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait anak yang mengalami bullying.

Chat Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai psikolog yang bisa ibu hubungi untuk berdiskusi seputar homeschooling anak.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2024. 10 Ways to Help Your Child Overcome Bullying.
Help Guide. Diakses pada 2024. Deal with a Bully and Overcome Bullying.
Kids Health. Diakses pada 2024. Helping Kids Deal With Bullies.
Better Help. Diakses pada 2024. Where Does Bullying Happen?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan