Ampuh dan Efektif, Ini 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Agustus 2023

“Flek hitam bisa kamu atasi menggunakan bahan alami maupun perawatan medis. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dalam satu malam bisa menggunakan masker pepaya hingga perawatan laser.”

Ampuh dan Efektif, Ini 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di WajahAmpuh dan Efektif, Ini 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Halodoc, Jakarta – Flek hitam adalah bercak hitam yang kerap terlihat pada bagian kulit wajah. Ada berbagai faktor penyebab flek hitam yang hitam, salah satunya adalah perubahan hormonal. Bukan hanya pada wanita, flek hitam juga bisa terjadi pada kulit pria. 

Nah, agar kondisi flek hitam bisa memudar dan menghilang, ada berbagai cara menghilangkan flek hitam di wajah dalam satu malam. Kamu bisa mencoba berbagai perawatan dan bahan alami sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Ketahui Penyebab Flek Hitam pada Wajah

Flek hitam dapat muncul pada kulit siapa saja, tetapi umumnya kondisi ini akan sering muncul saat kamu memasuki usia pertengahan. 

Kondisi ini bisa muncul akibat adanya peningkatan hormon melanin yang memberikan warna pada kulit. Ada berbagai pemicunya, seperti:

  • Paparan sinar matahari.
  • Gangguan kesehatan pada kulit.
  • Perubahan hormon.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Mengidap penyakit tertentu.
  • Menjalankan kehamilan.
  • Faktor genetik.

Agar kondisi kesehatan kulit tetap optimal, ketahui berbagai kandungan skincare bagi pemilik kulit sensitif melalui artikel ini: Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab flek hitam. Jika penyebabnya akibat penyakit atau penggunaan obat, maka dokter bisa memberikan rekomendasi pengobatan yang lebih tepat.

Namun, jika flek hitam terjadi akibat paparan sinar matahari, maka kamu bisa coba untuk cari tahu cara menghilangkan flek hitam di wajah dalam satu malam. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. Pepaya

Pepaya menjadi salah satu bahan alami yang mampu mengurangi warna flek hitam pada wajah. Buah ini mampu mengeksfoliasi kulit secra lembut sehingga kulit wajah akan terlihat lebih cerah.

Kandungan asam buah yang terkenal sebagai asam alfa hidroksi merupakan eksfolian kimiawi. Caranya, kamu bisa menghancurkan daging buah pepaya dan menggunakannya sebagai masker.

Oleskan masker pepaya pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah masker kering, cuci wajah hingga bersih dan gunakan pelembap.

2. Kunyit

Salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan kunyit. Sebab, kunyit mengandung senyawa yang efektif untuk mengurangi produksi hormon melanin pemicu flek hitam. 

3. Lemon

Cara lain untuk menghilangkan flek hitam dalam satu malam dengan menggunakan air lemon. Buah ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan ini terbukti cukup efektif untuk memudarkan flek hitam pada kulit wajah.

Kamu bisa gunakan air lemon sebagai masker wajah. Caranya, campurkan 1 sdm air lemon dengan 3 sdm air putih matang. Kemudian, oleskan pada kulit hingga mengering.

Setelah mengering, bilas menggunakan air hingga bersih. Jika kulit kamu sensitif, sebaiknya hindari masker alami ini karena dapat memicu iritasi.

Selain menggunakan air lemon sebagai masker wajah, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C agar kebutuhan nutrisi tersebut dalam tubuh terpenuhi.

4. Lidah buaya

Berbagai kandungan dalam lidah buaya mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Nah, kondisi kulit yang lembab mampu mengurangi flek hitam pada wajah sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah. 

5. Tomat

Tomat mengandung likopen yang sangat tinggi di dalamnya. Kandungan ini sangat tepat untuk membantu kamu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain mengonsumsi tomat, kamu juga bisa memanfaatkan tomat sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah dalam satu malam. Kamu bisa menjadikan tomat sebagai masker wajah.

Caranya, hancurkan tomat dan oleskan pada wajah. Diamkan beberapa menit hingga kering, kemudian bersihkan. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

6. Mentimun

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang banyak bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, salah satunya memudarkan flek hitam. Hal ini karena mentimun mengandung antioksidan dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan kulit.

7. Perawatan laser

Perawatan menggunakan laser menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah dalam satu malam yang cukup efektif. Metode ini akan berlangsung menggunakan sinar laser yang nantinya akan menghilangkan lapisan paling atas pada flek hitam.

Cari tahu juga cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan cara medis melalui artikel: Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Medis.

8. Mikrodermabrasi

Selama mikrodermabrasi, dokter akan melakukan perawatan ini menggunakan alat untuk menghilangkan lapisan paling luar. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan kolagen baru sehingga membantu mengurangi flek hitam.

9. Chemical peeling

Chemical peeling dilakukan dengan mengoleskan larutan kimia pada kulit. Kemudian, larutan tersebut akan mengelupaskan permukaan kulit terluar hingga menyebabkan pertumbuhan kulit baru.

Dengan begitu, warna flek hitam pada wajah dapat memudar.

10. Cryosurgery

Metode ini menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah untuk membekukan dan menghancurkan sel-sel kulit pada flek hitam.

11. Perawatan topikal

Krim pemutih kulit secara bertahap mampu mengurangi flek hitam. Penggunaan cara ini biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan.

Hydroquinone adalah salah satu bahan aktif yang kerap ada dalam krim pemutih. Kandungan ini bekerja untuk mengurangi produksi melanin. Namun, penggunaan hydroquinone tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang.

Cari tahu berbagai tahapan penggunaan produk skincare untuk merawat kesehatan kulit melalui Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya.

Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter spesialis kulit di Halodoc untuk mengetahui lebih banyak pencegahan flek hitam pada wajah.

chat dokter spesialis kulit lewat aplikasi Halodoc untuk atasi flek hitam
Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. An Overview of Dark Spots.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Dark Spots on The Skin: Causes and How to Treat Them.
Byrdie. Diakses pada 2023. 8 Remedies for Dark Spots That Dermatologists Swear By.
Pharm Easy. Diakses pada 2023. Best Ways to Reduce Dark Spots On The Face.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan